Cara Menyusun Strategi Penjualan Online Untuk Bisnis

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Kemajuan teknologi di era digital ini mengakibatkan banyaknya bisnis yang mengalihkan strategi pemasaran mereka ke ranah digital. Tak tanggung-tanggung, ada pula wiraswasta yang mengalihkan usahanya ke bisnis online. Para pelaku usaha pun pun berlomba-lomba mengetahui strategi pemasaran online (digital marketing) yang cocok untuk mereka.

Strategi pemasaran tradisional perlahan mulai ditinggalkan. Wiraswastawan kini berusaha menyasar calon konsumen mereka dengan menerapkan strategi marketing online yang cocok untuk dijalankan. Malahan, strategi pemasaran online dianggap lebih efisien dan menguntungkan untuk para pelaku bisnis online.

Keuntungan Menggunakan Strategi Pemasaran Online

Keuntungan yang utama dari pemasaran online adalah loyalitas konsumen yang semakin meningkat seiring bertambahnya frekuensi komunikasi antara pemilik usaha dan target pasar mereka. Selain itu, pemasaran online juga memudahkan pengusaha dalam menargetkan audiens yang tepat dan membutuhkan produknya.

Alasannya sederhana, pemasaran online pastinya berhubungan dengan penggunaan internet dan media sosial (medsos). Algoritma canggih yang ada di internet dan medsos  membantu mempertemukan pemilik bisnis dengan calon konsumen mereka. Tak hanya itu, algoritma yang bekerja di dalamnya juga akan membantu mengoptimasi konten promosi yang ada di media sosial dan search engine, sehingga bisa menghasilkan nilai konversi pembelian yang lebih tinggi.

Biaya yang dikeluarkan untuk pemasaran online juga lebih murah dibandingkan strategi pemasaran konvensional. Pemasaran online memungkinkan Anda untuk mempromosikan produk Anda melalui konten dan platform yang Anda miliki. Selain itu, banyak pilihan dalam strategi pemasaran ini, sehingga Anda bisa memilih channel mana yang paling efektif untuk mempromosikan usaha Anda.

Pemasaran online juga tidak dibatasi oleh waktu, sehingga Anda bisa melakukan promosi 24/7. Algoritma mesin pencarian dan medsos memungkinkan calon pembeli melihat produk yang kita promosikan, sehingga mereka juga bisa mengakses website atau akun medsos kita. Apalagi banyak orang yang menggunakan medsos di zaman serba digital ini, membuat platform social media marketing menjadi ladang yang potensial untuk mencari pelanggan baru untuk usaha kita.

Langkah-langkah Membuat Strategi Pemasaran Online

Bagi pelaku usaha yang baru saja memulai bisnis online atau mengalihkan strategi pemasarannya ke arah digital, tentunya ada tips yang harus dilakukan sebelum terjun ke pemasaran online. Menyusun strategi pemasaran online tidak hanya berbicara tentang konten yang menarik, iklan yang mengundang perhatian audiens, budget yang harus dikeluarkan untuk memasang iklan dan platform media sosial apa yang digunakan. Lebih dari itu, strategi pemasaran online juga mengatur tentang menentukan target pelanggan dan teknologi apa yang harus digunakan untuk mempromosikan toko online kita.

Dalam menjalankan bisnis, pastinya Anda ingin melakukan strategi marketing yang menguntungkan brand, bukan? Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui langkah-langkah untuk menyusun strategi pemasaran online sebelum terjun ke dalamnya.

1. Membuat Persona Pelanggan

Menentukan buyer persona atau persona pelanggan merupakan hal utama yang harus dilakukan dalam melakukan pemasaran online. Pemasaran online membuat para wirausaha sulit membayangkan calon konsumen apa yang minat dan membeli produk mereka. Karenanya, persona pelanggan merupakan salah satu kunci penting dalam melakukan pemasaran online.

Penentuan persona pelanggan dilakukan dengan mengumpulkan informasi kualitatif dan kuantitatif mengenai customer yang menggunakan produk yang dijual, seperti umur, jenis kelamin, lokasi, pekerjaan dan minat mereka. Untuk menciptakan persona pelanggan, gunakan tools Persona Creator atau MakeMyPersona.

2. Mengidentifikasi Tujuan

Sebagai pelaku bisnis online, pastinya penting memiliki tujuan dalam melakukan setiap strategi. Tanpa adanya tujuan, strategi tidak akan bekerja dengan baik dan mencapai hasil yang diinginkan. Tentu saja, tujuan yang ingin dicapai tidak boleh muluk-muluk. Buatlah tujuan yang kuat dan terukur tetapi mudah dicapai oleh bisnis Anda.

Apabila Anda tidak memiliki bayangan tentang tujuan yang terukur, ini adalah contoh tujuan strategi pemasaran online yang cocok untuk bisnis Anda. Tujuan pemasaran online bisnis saya adalah meningkatkan nilai konversi dari website bisnis online sebanyak 20% di perempat pertama tahun 2021, dengan cara menawarkan dua tawaran promosional: laporan marketing gratis dan buku pemasaran gratis. Dengan tujuan yang terukur seperti itu, akan mudah bagi Anda untuk menjalankan bisnis dan mencapai target yang diinginkan.Jasa SEO

3. Membuat Konten Pemasaran

Setelah menetapkan buyer persona dan tujuan yang ingin dicapai, barulah kita bisa fokus membuat konten untuk memasarkan produk kita. Anda bisa membuat konten baik di website maupun di platform social media bisnis kita. Buatlah konten yang berkualitas tinggi dan perluaslah strategi content marketing Anda.

Konten yang berkualitas tinggi akan mendatangkan keuntungan untuk toko online Anda, seperti menghasilkan traffic yang lebih banyak untuk website Anda, memperkuat kehadiran bisnis Anda di social media, berkompetisi dengan saingan bisnis, dan mampu merajai ranking di halaman mesin pencarian seperti Google. Selain itu, blog atau media sosial yang di-update secara teratur akan lebih mudah dicari di search engine atau pencarian social media.

4. Memilih Channel Digital Marketing yang Efektif

Analisislah setiap platform pemasaran online yang telah digunakan, mulai dari email marketing, media sosial, Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing (SMM), Google Adwords, iklan berbayar, dan lain-lain. Kemudian tanyakan hal ini, seberapa efektif platform tersebut? Apakah masih bisa digunakan di periode pemasaran berikutnya?

Apabila strategi pemasaran online yang telah digunakan tidak cocok dengan bisnis Anda, jangan khawatir. Justru Anda harus bisa memilih platform mana yang efektif untuk memasarkan produk yang dijual. Apabila membawa hasil yang efektif, tetap gunakan platform tersebut dan usahakan ada peningkatan di periode pemasaran berikutnya.

Baca Juga: SEO vs SEM: 10 Alasan untuk Mulai dengan SEO

5. Mengotomatisasikan Pemasaran

Otomatisasi pemasaran adalah langkah yang besar dan harus menggunakan teknologi serta software terbaru yang sesuai. Gunakanlah platform otomatisasi pemasaran terbagus yang bisa menghasilkan keuntungan untuk bisnis online Anda. Dalam menjalankan strategi pemasaran, ada beberapa platform yang bisa diotomatisasi, seperti email marketing, content marketing, lead generation, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga harus menggunakan platform otomatisasi yang terintegrasi dengan CRM penjualan perusahaan Anda, sehingga proses penjualan bisnis Anda meningkat dengan maksimal. 

Baca Juga: Melihat SEO dari Cara Pandang Digital Marketing

6. Menggunakan Mobile-Optimization

Penggunaan smartphone saat ini lebih banyak dibandingkan dengan perangkat keras lainnya, seperti komputer. Apabila bisnis online Anda memiliki website, optimasikan website-nya sehingga lebih mudah diakses oleh target audiens di smartphone mereka.

Optimasi website sehingga mobile-friendly termasuk mempercepat waktu loading halaman, desain website, dan tentunya melakukan search engine optimization sehingga bisnis Anda bisa dikenali oleh target pasar yang lebih luas. Apabila Anda menggunakan email marketing, perbarui pula desain dan kecepatan email-nya dengan menggunakan metode mutakhir dan menyediakan data yang relevan dan terbaru.

7. Mempermudah Calon Konsumen Menghubungi Bisnis Anda

Melakukan strategi pemasaran online berarti tetap terhubung dengan calon pembeli yang potensial. Oleh karena itu, traffic website dan engagement social media yang tinggi merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh bisnis Anda. Karena itu, gunakan strategi pemasaran online yang efektif dan tidak membuang-buang waktu mereka hanya untuk terkoneksi dengan Anda. Menarik perhatian pelanggan adalah hal yang tidak ternilai untuk bisnis online Anda.

Gunakanlah landing page dengan desain yang simpel dan hindari membuat kolom yang menanyakan data konsumen yang tidak relevan. Buatlah tombol call-to-action yang mudah dilihat di landing page, akun media sosial ataupun halaman lain di website Anda.  

8. Menggunakan Teknologi yang Tepat

Rasanya sia-sia bukan apabila strategi pemasaran yang dilakukan menggunakan teknologi yang tidak efektif dan tidak sesuai? Karena itu, Anda harus memilih teknologi dan tools yang tepat untuk pemasaran online Anda. Pilihlah tools yang sangat membantu pemasaran online bisnis Anda dalam tahapan apapun, seperti tools untuk mengidentifikasi tujuan bisnis, tools untuk melacak asal traffic di website Anda, dan lain-lain.

9. Mendefinisikan Pembeda Bisnis Kita

Saat berselancar di internet atau social media, tak jarang kita menemukan jenis bisnis yang mirip, baik dari produk atau konsep yang dimiliki. Apalagi mereka juga menggunakan strategi pemasaran online yang mirip dengan kita. Untuk itu, bisnis online Anda harus mampu memiliki keunikan atau ciri khas yang menjadi pembeda toko online Anda dengan bisnis lainnya.

Tak hanya memiliki pembeda, Anda juga harus bisa menawarkan keunikan toko Anda kepada pelanggan Anda. Jenis bisnis yang sama pun memiliki proposisi penjualan yang unik dan mampu dibedakan dengan kompetitornya. Karena itu, lakukanlah riset terhadap bisnis Anda dan cari tahu keunikannya. Kemudian jadikan keunikan tersebut sebagai ciri khas toko Anda dan buatlah konsumen Anda mengetahuinya lewat konten yang Anda promosikan.

10. Melacak Proses Pemasaran Online

Setelah Anda menerapkan strategi pemasaran online, jangan dibiarkan begitu saja. Justru Anda harus melakukan monitoring secara konsisten terhadap strategi yang telah dijalankan untuk memastikan bahwa strategi pemasaran online Anda berjalan dengan efektif. Melacak proses ini juga membantu Anda menemukan kesalahan yang terjadi serta melakukan evaluasi atau perbaikan dari kesalahan tersebut. Anda juga bisa menemukan kesempatan baru untuk mengembangkan strategi pemasaran yang telah dilakukan.

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Toffeedev

Setelah membaca artikel di atas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa menyusun dan menerapkan strategi pemasaran bukanlah pekerjaan yang singkat. Banyak sekali langkah-langkah yang harus kita kerjakan hanya untuk meningkatkan penjualan produk dari online marketing strategy. Mulai dari menentukan persona pembeli, menetapkan tujuan yang dicapai, membuat konten yang menarik, bahkan kita masih harus melacak hasil dari strategi yang kita kerjakan. Apabila semua langkah dan rencana tersebut dikerjakan dengan efektif dan penuh pertimbangan, niscaya bisnis online yang Anda jalankan akan meraih keuntungan yang maksimal.

Apabila Anda membutuhkan Jasa SEO untuk meningkatkan strategi pemasaran online usaha Anda, jangan ragu-ragu menghubungi Toffeedev. Toffeedev adalah digital marketing agency yang telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan dengan sektor yang berbeda dan telah memiliki portofolio website. Hubungi Toffeedev sebagai partner digital marketing Anda sehingga usaha Anda bisa meraih keuntungan yang maksimal dari digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post