Strategi Social Media Marketing 2021 yang Perlu Diketahui

Media sosial telah terbukti sebagai salah satu saluran pemasaran yang berharga yang mampu menjangkau dan mengubah keputusan pelanggan. Terkenal karena pendekatan yang gesit, social media marketing mengharuskan Anda untuk selalu mengikuti tren terbaru dalam perkembangan teknis dan sosial untuk memastikan manfaat yang didapatkan akan bisa maksimal. Berikut ini adalah berbagai strategi social media marketing 2021 yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga : Strategi Promosi Melalui Sosial Media untuk Meningkatkan Penjualan

Strategi Social Media Marketing 2021

Tidak mengherankan bahwa tahun ini, kita telah melihat perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam penggunaan media sosial, bersamaan dengan perilaku pengguna yang juga berubah tentunya. 

Bagaimana caranya membuat audiens media sosial tetap engage? Konten apa yang sesuai untuk saat ini? Pertanyaan-pertanyaan ini masih menjadi hal yang yang penting ditanyakan ketika mencari tren media sosial. Nah, berikut ini adalah beberapa strategi atau tren yang mungkin bisa membantu Anda dalam mencapai hasil yang terbaik.

1. Pertimbangkan TikTok untuk Bisnis Anda

Sebagai strategi social media marketing, video singkat TikTok telah menjadi hits pada tahun 2021, mempelopori pendekatan baru untuk engagement melalui platform media sosial. Konsep video pendek TikTok dapat mendekatkan bisnis Anda kepada masyarakat luas dengan lebih cepat dan gaya penyampaian yang lebih ringan. Tidak hanya demikian, dengan bentuk video yang pendek, lebih besar juga kemungkinan bisnis Anda untuk viral.

Instagram juga telah mengambil pendekatan baru untuk membantu meningkatkan engagement dengan meluncurkan Reel, memberikan para influencer kemampuan untuk membuat video berdurasi 15 detik untuk pengikut mereka. Beberapa bisnis menggunakan kembali konten TikTok mereka ke Reel untuk mendapatkan jangkauan yang lebih luas. Mendaur ulang konten tentu akan sangat menghemat budget Anda.

Baca Juga: Saatnya Anda Manfaatkan TikTok Sebagai Media Promosi

2. “Live” Sebagai Strategi 

Platform media sosial saat ini sudah banyak yang memberikan fitur untuk bisa siaran langsung atau live. Siarang langsung adalah salah satu strategi marketing yang sangat berdampak pada melonjaknya popularitas media sosial di tahun 2021. Selebriti, influencer, dan pengguna sehari-hari menikmati kegembiraan untuk bisa live. 

Bisnis juga bisa menggunakan fitur siaran langsung ini untuk kolaborasi, webinar, percakapan tentang topik industri, dan merilis produk. Karena itu, jika Anda ingin strategi strategi social media marketing yang baik di 2021, menggunakan siaran langsung adalah langkah yang tepat untuk memulai.

3. Tawarkan Sebuah Pesan

Strategi untuk tahun 2021 perlu berfokus pada masalah yang menjadi perhatian pengguna media sosial dan diproduksi dengan cara yang sesuai dan tepat waktu di platform yang sesuai. Pilihlah pesan tertentu yang sesuai dengan identitas bisnis Anda dan juga sesuai dengan minat target pasar Anda. Buatlah rencana dan bentuk strategi marketing Anda sesuai dengan pesan tersebut.

Selanjutnya, jika muncul pertanyaan apakah harus memposisikan saluran media sosial untuk mendukung tujuan sosial, politik, atau lingkungan, maka Anda harus bisa otentik dan mendukung pesan yang Anda sampaikan dengan sebuah strategi pemasaran yang baik. Brand juga perlu mendengarkan percakapan lain yang terjadi di industri mereka dan di seluruh web. Memiliki wawasan yang lebih tentang apa yang penting di berbagai niche yang ada.

Jasa SEO

4. Memberikan Nilai

Tim marketing saat ini banyak berfokus pada konten bernilai yang dapat direkam dan dibuat di rumah sebagai bagian dari strategi social media marketing. Meskipun hal ini mungkin mempengaruhi kualitas produksi, namun sudah banyak yang berhasil membuat konten menarik dan bernilai walaupun tidak menggunakan cara produksi yang terbaik.

Konten yang bernilai harus memberikan value/nilai yang baik untuk penonton. Contoh jenis konten bernilai yang bisa Anda terapkan adalah konten informatif mengenai fenomena tertentu, konten edukasi, dan konten DIY. Tapi tentu saja, Anda tetap harus mengemas konten-konten ini secara menarik. 

5. Buat Konten Singkat

Media sosial seperti TikTok, Instagram, Facebook, dan Snapchat mengalami peningkatan pengguna dan engagement melalui konten-konten pendek. Menjelajahi konten yang singkat dan dapat dinikmati tanpa perlu menghabiskan waktu bisa menjadi salah satu strategi social media marketing yang optimal untuk mendapatkan status viral. 

Dari video dance hingga sesi Q&A, serta infografis yang dirancang untuk media sosial, konten berukuran kecil akan tetap ada. Pastikan untuk membuat konten yang menarik, ringan, dan tentunya, masih berkaitan dengan bisnis atau produk yang Anda tawarkan. 

Bahkan, bila memungkinkan, cobalah membuat social media challenge. Social media challenge adalah ajakan agar penonton ikut membuat konten dengan tema atau format yang telah Anda tentukan. Dengan social media challenge, Anda bisa meningkatkan brand awareness dan juga engagement dengan konsumen. Tidak hanya demikian, Anda juga bisa memperoleh status viral bila challenge yang Anda buat sangat menarik dan populer.

Baca Juga: Cara Membuat Infografis dengan Data Terpercaya

Itulah dia berbagai strategi social media marketing yang bisa Anda terapkan di 2021. Gabungkan strategi ini dengan berbagai macam bentuk digital marketing lainnya seperti SEO. Manfaatkan jasa kami sebagai Digital Marketing Agency Jakarta untuk membantu bisnis Anda ke tingkat selanjutnya. Kunjungi ToffeeDev sekarang juga!

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat