12 Tips Sukses Jualan Online dari Nol

Tips Sukses Jualan Online

Bisnis online saat ini menjadi pilihan terbaik terutama bagi sebagian orang yang memiliki berbagai kepentingan namun tetap membutuhkan sumber pendapatan lain. Meski hanya dilakukan melalui internet, jualan online dapat menjadi usaha yang menjanjikan terutama untuk jangka panjang mengingat kemajuan teknologi yang semakin pesat. Untuk menciptakan bisnis yang berhasil, simak tips sukses jualan online berikut ini.

Peluang Jualan Online di Era Digital

Perkembangan digital saat ini memang menjadi hal yang menguntungkan bagi sebagian besar sektor, termasuk bisnis. Anda dapat menemukan banyak sekali platform baik berupa media sosial atau marketplace yang bermunculan dan memberikan berbagai kemudahan untuk para pelaku usaha. 

Bahkan, tidak sedikit media sosial yang saat ini juga menyediakan fitur belanja secara khusus untuk memudahkan transaksi jual beli. Perkembangan digital tersebut membentuk peluang jualan online yang besar. 

Sebagian pengguna media digital saat ini lebih menyukai kemudahan dan sesuatu yang praktis terutama dalam memenuhi kebutuhan atau keinginan, maka dari itu berbelanja online dapat menjadi salah satu solusinya. 

Jualan online akan memberikan keuntungan yang lebih tinggi sebab umumnya marketplace akan menyediakan berbagai fasilitas yang menguntungkan bagi pembeli seperti program gratis ongkir, voucher diskon, dan lain sebagainya. 

Baca Juga: Kenali Proses Riset Pemasaran di Dunia Digital

12 Tips Sukses Jualan Online 

Untuk memulai jualan online dari nol, Anda harus memperhatikan dan melakukan beberapa hal agar mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut ini merupakan berbagai tips sukses jualan online yang dapat Anda terapkan:

1. Cari Tahu Kebutuhan Pasar

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk memulai jualan online adalah mencari tahu kebutuhan pasar terbesar. Langkah ini dilakukan untuk melihat peluang bisnis berdasarkan besar kecilnya permintaan pasar, dengan demikian Anda dapat menjadi salah satu penyedia kebutuhan tersebut. Umumnya, jualan online yang diciptakan berdasarkan kebutuhan dan tingginya permintaan akan membantu bisnis untuk cenderung cepat berkembang.

2. Lakukan Riset Pasar

Lakukan Riset Pasar

Tips sukses jualan online selanjutnya adalah melakukan riset pasar. Data yang dihasilkan melalui riset pasar merupakan dasar dari segala keputusan bisnis baik pada bidang penjualan maupun pemasaran. Sehingga saat merencanakan sesuatu dan mengambil keputusan, segalanya dapat lebih rasional dan sesuai dengan keadaan pasar.

Lakukan pula riset kata kunci yang banyak digunakan pada berbagai media untuk melihat tinggi rendahnya pencarian serta permintaan dan riset pada perilaku konsumen yang menjadi target pasar Anda. 

3. Menyusun Rencana Bisnis 

Sebelum memulai bisnis, pastikan Anda telah menyusun rencana bisnis terlebih dahulu. Rencana bisnis ini memuat rencana keuangan secara keseluruhan, produk yang dihasilkan, hasil analisis pasar, dan strategi marketing.

4. Analisis Kompetitor

Pertumbuhan bisnis online yang semakin tinggi menyebabkan munculnya banyak kompetitor bisnis. Salah satu tips sukses jualan online yang cukup berpengaruh adalah menganalisis kompetitor karena hal ini akan membantu Anda menemukan celah untuk berinovasi pada produk. Sehingga meskipun pada satu kategori penjualan yang sama, produk tetap memiliki keunikan tersendiri. 

5. Menentukan Produk 

Dalam menentukan produk untuk dijual secara online, sesuaikan dengan kebutuhan pasar serta hasil riset sebelumnya. Ciptakan produk yang memiliki unique selling points untuk menarik perhatian pelanggan serta mampu bersaing dengan produk kompetitor. Anda juga dapat memilih produk sesuai dengan hobi atau kesukaan yang memiliki nilai jual.

6. Target Pasar yang Tepat

Target Pasar yang Tepat

Setelah produk tercipta, dengan hasil riset pasar sebelumnya Anda dapat mulai menentukan target pasar. Perhatikan faktor-faktor seperti usia, kegunaan produk, kesukaan, hingga tingkat ekonomi untuk menentukan target pasar yang tepat. Apabila produk yang dihasilkan memiliki harga yang cukup mahal, targetkan pemasaran pada usia tertentu dari kalangan menengah ke atas. 

7. Melakukan Penjualan Tidak Hanya Pada Satu Platform

Munculnya berbagai media digital yang dapat memudahkan proses berjalanya bisnis dapat Anda manfaatkan untuk jualan online. Tidak hanya satu, tetapi gunakan 3 atau lebih platform agar meningkatkan kemudahan transaksi dan penyediaan tempat belanja online bagi pelanggan. Sehingga akan lebih banyak pengguna yang dapat menemukan produk Anda di platform mana pun.

8.  Merancang Strategi Marketing 

Peningkatan penjualan produk tidak dapat dipisahkan dari strategi marketing yang baik. Melalui pemasaran yang baik, pesan pada produk dapat tersampaikan ke audiens secara luas dan produk menjadi dikenal lebih banyak orang. Anda dapat memanfaatkan berbagai fitur ads aplikasi seperti Google ads, instagram ads, facebook ads, dan lain lain.

Selain itu, menyajikan unggahan yang menarik pada media sosial bisnis dapat menjadi salah satu metode marketing yang baik sebab selain menerima informasi, pengguna instagram lainnya juga dapat melihat kehadiran akun bisnis Anda.

Baca Juga: Cara Memanfaatkan Media Sosial Untuk Promosi

9. Memberikan Pelayanan Terbaik

Sebagai seorang pebisnis, Anda tidak hanya perlu menjual produk  dan  strategi penjualan yang baik, tetapi juga memberikan pelayanan terbaik kepada pembeli. Meyakinkan dan mempertahankan konsumen dengan pelayanan yang ramah dapat menjadi cara yang efektif. 

Selain itu, coba untuk berikan promo berupa diskon atau hadiah gratis untuk memperkenalkan produk dan menarik pelanggan untuk berbelanja dengan harga rendah atau keuntungan lainnya.

10. Inovasi Produk 

Inovasi Produk

Untuk mempertahankan bisnis, inovasi terhadap produk sangat dibutuhkan. Apabila bisnis online Anda hanya menyediakan produk yang sama dalam kurun waktu yang lama, maka akan berpotensi mengalami kegagalan terutama dalam persaingan bisnis dengan kompetitor. Mempertahankan produk lama namun tetap menghadirkan produk baru dapat menjadi salah satu cara mengembangkan bisnis online Anda. 

11. Membangun Komunikasi dengan Pelanggan

Dalam mengelola media sosial bisnis, bangun komunikasi dengan pelanggan melalui pemberian respon terhadap pesan yang diberikan pada direct message atau kolom komentar. Hal ini dapat membantu menjaga loyalitas pelanggan karena bentuk pelayanan yang ramah dan baik dari penjual.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Metode Design Thinking dan Fungsinya untuk Digital Marketing

12. Lakukan Evaluasi 

Penilaian kinerja dan perkembangan bisnis jualan online dapat dilihat dan dibenahi melalui evaluasi. Evaluasi rutin sangat penting untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan produk, kinerja, hingga metode pemasaran yang digunakan. Nantinya, Anda dapat mengambil keputusan mengenai langkah terbaik yang diambil selanjutnya.

Jasa SEO

Itulah beragam tips sukses jualan online yang dapat diterapkan apabila Anda sedang mencoba membangun usaha dari nol. Strategi marketing menjadi metode utama dalam memperkenalkan produk baru Anda pada audiens. Maka dari itu, optimalkan media digital sebagai media pemasaran, salah satunya penggunaan website

ToffeeDev dapat membantu Anda mengelola website bisnis dengan berbagai layanan SEO untuk membantu memasarkan produk jualan online. Hubungi ToffeeDev sekarang juga untuk informasi layanan website dan digital marketing lainnya.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat