7 Trend SEO 2021 Terbaru

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Perubahan algoritma Google yang terus berubah setiap tahunnya membuat para pemilik website harus memahami trend SEO terkini. Di akhir tahun 2020, Google membuat pengumuman penting terkait perubahan algoritma search engine berdasarkan Core Web Vitals yang artinya peringkat website yang ditampilkan akan dinilai berdasarkan pengalaman pengguna internet ketika mengunjungi suatu website.

Dengan adanya perubahan algoritma yang sedemikian rupa, tentu saja hal ini harus diperhatikan oleh pemilik website terutama website yang digunakan untuk kepentingan bisnis. Jika Anda merupakan salah satu pemilik website bisnis ataupun sedang mempunyai keinginan untuk mengembangkan bisnis di dunia digital, silakan simak artikel ini karena ToffeeDev akan membahas secara tuntas mengenai 7 trend SEO di tahun 2021 yang penting untuk diketahui.

Mengenal Apa Itu Strategi SEO

Sebelum kita membahas mengenai trend SEO, mungkin beberapa di antara Anda masih ada yang belum mengetahui apa itu SEO. SEO atau yang kepanjangannya adalah Search Engine Optimization merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mengoptimalkan website agar dapat muncul di halaman pertama atau bahkan peringkat teratas pada mesin pencari seperti Google, Yahoo!, Bing, dan lainnya. 

Dengan menggunakan SEO, Anda dapat mendatangkan banyak traffic ke dalam website dan traffic yang dihasilkan berasal dari pengunjung organik, tanpa iklan. Untuk itu, agar website dapat mengalami peningkatan traffic secara organik dan tentu saja menghasilkan keuntungan untuk bisnis Anda, maka perlu dilakukan SEO.

Cara kerja SEO sebelum adanya perubahan algoritma dari Google adalah dengan bergantung pada pembuatan konten dengan memasukkan keyword tertentu sesuai dengan query atau banyaknya permintaan dari pengguna internet. Namun, cara ini pada akhirnya banyak website yang melakukan kecurangan dengan melakukan keyword stuffing atau menempatkan keyword yang terlalu berlebihan sehingga isi konten menjadi tidak relevan dan hanya demi mengejar peringkat semata saja. Oleh karena itu, Google membuat perubahan algoritma secara keseluruhan agar pengguna internet bisa mendapatkan pengalaman yang baik saat mereka mencari konten yang dibutuhkan atau ingin menemukan sesuatu yang diperlukan.

7 Trend SEO Di Tahun 2021 yang Tidak Boleh Terlewatkan

Hingga perkembangan algoritma Google terakhir pada bulan Juni tahun 2021, ToffeeDev mengumpulkan setidaknya 7 trend SEO yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Core Web Vitals

Seperti yang telah kami sampaikan pada pembuka artikel ini, Google tidak lagi menilai sebuah website berdasarkan keyword yang diletakkan dalam konten mereka melainkan nilai-nilai penting website secara keseluruhan.

Perubahan algoritma yang sangat besar ini dilakukan oleh Google demi meningkatkan kenyamanan pengguna internet dalam mengunjungi sebuah website. Oleh karena itu, agar website Anda memperoleh score yang baik sesuai dengan penilaian google, maka ada 3 faktor penentu Core Web Vitals yang perlu ditinjau kembali dalam website yang digunakan, yakni:

  • LCP (Largest Contentful Paint): Kecepatan akses website menjadi salah satu faktor yang dinilai oleh Google. Anda perlu meninjau seberapa cepat sebuah halaman website dapat dimuat. Biasanya, file yang terlalu besar seperti video atau gambar dapat mempengaruhi durasi waktu muat sebuah halaman website. Hal ini masuk ke dalam penilaian Google didasari dengan alasan apabila pengunjung website harus menunggu dalam waktu yang lama, maka mereka akan langsung meninggalkan website tersebut dan mencari website lain yang memiliki waktu loading cepat.
  • FIP (First Input Delay): Masih dalam persoalan waktu, namun faktor FIP ini lebih berbicara mengenai kecepatan respon dari sebuah halaman website. Ketika pengunjung website melakukan interaksi dengan tombol atau link yang ada pada halaman website, maka seberapa cepat mereka dapat berpindah ke halaman yang dituju. Hal ini juga berlaku apabila Anda menggunakan tombol menu dropdown dan semacamnya, berapa lama waktu delay yang diperlukan hingga akhirnya menu dapat muncul ketika terjadi interaksi dari pengunjung website.
  • CLS (Cumulative Layout Shift): Faktor penilaian ini akan melihat keseluruhan layout dari sebuah website. Maksudnya, Google akan melihat kenyamanan pengunjung website dari segi tampilan apakah huruf dan font yang digunakan pada website dapat terbaca dengan jelas, apakah dari segi gambar dapat terlihat dengan jelas atau bahkan melebihi lebar konten, dan lain sebagainnya. Di sini, Anda juga harus meninjau kembali apakah website yang dimiliki merupakan mobile friendly karena dalam beberapa kasus, ada tampilan website yang baik-baik saja di layar komputer namun tidak dapat terbaca ketika diakses melalui smartphone.

2. E-A-T

Penggunaan E-A-T dalam pembuatan konten SEO juga masuk ke dalam trend SEO 2021. Apa itu E-A-T? E-A-T merupakan kepanjangan dari Expertise, Authority, dan Trustworthiness. Singkatnya, untuk dapat menghasilkan konten SEO yang berkualitas, Anda harus mengikuti aturan atau prinsip E-A-T ini. Untuk itu, mari simak penjelasan dari masing-masing kepanjangan tersebut:

  • Expertise: Konten SEO harus dibuat oleh ahlinya. Artinya, Anda harus mencari orang yang ahli dalam bidang bisnis yang ditawarkan untuk dapat menulis sebuah konten SEO. Jika Anda menjalankan bisnis dibidang perpajakan, maka carilah orang yang sudah ahli dalam bidang perpajakan untuk menulis konten SEO. Apabila Anda menjalankan bisnis di bidang kesehatan, maka akan lebih baik apabila seorang dokter, perawat, atau siapapun yang memang sudah memiliki pengalaman untuk dapat menulis konten SEO dalam website.
  • Authority: Konten SEO yang berkualitas akan meningkatkan reputasi website yang Anda miliki. Penulisan konten yang berkualitas ini tidak hanya dilihat dari keunikannya saja, tapi juga dari isi konten apakah bersifat informatif, edukatif, serta dapat dipahami dengan baik oleh pembaca. Selain itu, sehubungan dengan poin expertise sebelumnya, penulisan konten yang dilakukan langsung oleh ahlinya atau orang yang sudah berpengalaman di suatu bidang bisnis akan lebih mudah untuk meningkatkan reputasi website Anda. 
  • Trustworthiness: Konten SEO harus dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan kredibilitasnya. Untuk itu, pastikan sumber yang Anda gunakan dalam pembuatan konten sudah jelas dan pasti. 

Baca Juga: Apa itu EAT SEO dan Mengapa Sangat Penting dalam SEO

3. BERT

Sejak tahun 2018, Google telah mengembangkan BERT atau yang disebut dengan Bidirectional Encoder Representations from Transformers, namun tidak banyak pemilik website yang memahami atau bahkan mengetahui mengenai BERT ini. BERT dikembangkan oleh Google agar sistem pencarian dapat memahami apa yang diinginkan oleh pengguna internet sesuai dengan keyword yang mereka cari. Setelah itu, keyword yang dicari akan dicocokkan dengan data yang paling relevan untuk kemudian disajikan kepada pengguna internet.

Google memang mengembangkan BERT dalam mencocokkan antara kata kunci dengan data yang dicari oleh pengguna. Akan tetapi, ada satu hal yang perlu Anda perhatikan karena sesuai dengan perubahan algoritma Google di tahun 2021 ini, BERT juga dikembangkan agar tidak hanya dapat memahami kata kunci yang dicari oleh user saja, namun juga isi konten apa yang ingin user ketahui. Oleh karena itu, dalam pembuatan konten SEO, Anda harus dapat mengisi konten dengan jelas  dan memahami topik apa yang paling dibutuhkan saat ini sesuai dengan query atau permintaan userJasa SEO

4. Google Snippet

Banyak orang bahkan termasuk Anda sebenarnya sudah sering melihat Google Snippet, namun tidak banyak yang mengetahui apa itu Google Snippet. Sederhananya, ketika Anda mencari sebuah artikel, maka Google akan menempatkan sebuah artikel di posisi paling atas. Artikel yang direkomendasikan tersebut akan memiliki ringkasan singkat mengenai isi konten yang ada di dalamnya. Hal ini berbeda dengan meta description yang bersifat sebagai ajakan agar user mengunjungi website Anda dan membaca konten tertentu.

Baca Juga: Zero-Click Search, Sebuah Era Yang Mengubah Dunia SEO

Unsur konten yang akan ditampilkan dalam Google Snippet biasanya terdiri dari headline dan subheadline yang dijadikan sebagai poin pokok pembahasan artikel Anda. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk membuat konten yang memiliki susunan kerangka yang jelas serta memasukkan artikel tersebut dalam Google Snippet agar Google dapat merekomendasikan artikel tersebut kepada user.

5. Video Marketing

Google tidak hanya menyediakan hasil pencarian berupa artikel saja. Beberapa tahun terakhir ini, video marketing mulai digunakan dan menjadi salah satu strategi digital marketing yang sangat efektif dalam menarik minat user. Untuk itu, Anda dapat mulai membuat ide strategi dalam bentuk audio visual agar banyak user mengunjungi website serta melakukan kegiatan transaksional di dalamnya. Namun, tentu saja video marketing yang dibuat harus dikemas dalam bentuk yang kreatif, informatif, serta edukatif agar Google menjadikan video Anda sebagai rekomendasi terbaik sesuai dengan keyword yang dicari oleh user.

6. Voice Search

“Hi Google” menjadi salah satu fitur yang paling digunakan oleh para pemilik Android. Fitur voice search ini ternyata juga mempunyai peran yang besar dalam trend SEO 2021. Agar website Anda dapat masuk dan menjadi rekomendasi dari Google melalui fitur voice search, maka hal yang bisa dilakukan adalah dengan memaksimalkan penggunaan long tail keyword

Dalam pembuatan konten SEO, penggunaan keyword dibagi menjadi dua jenis yaitu long tail keyword dan short tail keyword. Long tail keyword merupakan kata kunci panjang yang biasanya dapat membentuk sebuah kalimat sedangkan short tail keyword hanya terdiri dari 3 hingga 4 kata saja. Sebagai contoh, apabila Anda ingin membuat konten SEO dengan short tail keyword yaitu ‘Digital Marketing Agency’, untuk long tail keyword-nya maka dapat menjadi ‘Rekomendasi Digital Marketing Agency Di Jakarta’ atau ‘Apa Itu Digital Marketing Agency’. 

7. Perkembangan AI

Di tahun 2021 ini, Google terus mengembangkan AI atau yang kepanjangannya yaitu Artificial Intelligence untuk memberikan kenyamanan bagi user ketika mereka sedang mencari informasi yang dibutuhkan. AI ini bisa Anda manfaatkan di dalam website Anda seperti dengan menambahkan fitur chat bot, Google Translate, dan juga Google Map. Dengan demikian, website Anda akan memiliki fungsional yang lebih baik sehingga pengunjung website akan merasa dimudahkan dengan fitur AI yang ada di dalamnya.

Kuasai Mesin Pencari dengan Teknik SEO yang Tepat

Jadi, Anda sekarang sudah memahami betul apa itu SEO dan bagaimana trend SEO di tahun 2021, bukan? Teruntuk Anda yang sudah ataupun belum menjalankan SEO, inilah saatnya untuk menerapkan teknik SEO yang tepat agar website bisnis yang dimiliki dapat muncul pada halaman pertama Google.

Apabila Anda membutuhkan bantuan jasa SEO yang dapat membantu dalam mengembangkan website bisnis saat ini, silakan hubungi ToffeeDev sekarang juga karena kami siap untuk membantu kapanpun dibutuhkan.ToffeeDev adalah salah satu Digital Marketing Agency terpercaya di Indonesia yang sudah memiliki pengalaman selama 10 tahun di bidang SEO. Untuk itu, seluruh tim kami merupakan SEO profesional yang tentu saja sudah mengetahui dan bahkan menerapkan trend SEO 2021 kepada seluruh client kami dan selanjutnya website bisnis Anda yang akan kami benahi dengan menggunakan teknik SEO yang tepat, serta efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post