Blockchain Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerjanya

blockchain adalah

Blockchain adalah teknologi terbaru yang terus berkembang dan makin populer digunakan pada berbagai bidang industri. Anda mungkin sering menemukan informasi tentang blockchain ini pada sektor financial, terutama investasi seperti kripto. 

Tidak hanya itu, blockchain juga bisa diaplikasikan pada berbagai sektor lain seperti perbankan, logistik, hingga pemerintahan. Lalu, apa manfaat dari sistem blockchain ini? Untuk mencari tahu jawabannya, mari simak uraian lengkap di bawah ini. 

Pengertian Blockchain

Blockchain merupakan teknologi yang mendukung proses pengiriman data secara aman, transparan, dan terdesentralisasi. Setiap transaksi yang terjadi di dalam blockchain akan di validasi oleh setiap node atau komputer yang terhubung ke jaringan tersebut, sehingga setiap transaksi yang terjadi di dalam blockchain tidak dapat dimanipulasi atau diubah.

Dalam proses transaksi blockchain, tidak ada satu orang pun yang memegang kendali penuh terhadap seluruh transaksi yang terjadi. Blockchain juga memiliki kemampuan untuk memverifikasi keaslian suatu data tanpa harus melibatkan pihak ketiga atau otoritas pusat. 

Di sisi lain, blockchain juga memiliki kelebihan dalam hal keamanan. Sebagaimana diketahui, data-data yang disimpan di dalam blockchain dienkripsi dengan menggunakan teknologi kriptografi yang sangat kuat. 

Hal ini membuat data yang tersimpan di dalam blockchain tidak dapat diakses oleh pihak yang tidak memiliki kunci enkripsi yang tepat. Sebab itu, sistem blockchain sangat cocok digunakan dalam menyimpan data yang bersifat rahasia, seperti data keuangan atau data medis.

Baca Juga : Pengertian Digital Branding, Tujuan, Manfaat, dan Tips Melakukannya

Manfaat dari Sistem Blockchain

Manfaat Sistem Blockchain

Sistem blockchain memiliki beragam manfaat yang sangat berguna bagi berbagai sektor. Misalnya, proses pengiriman data menjadi lebih cepat dengan keamanan yang sangat tinggi. Untuk manfaat lainnya dapat Anda simak berikut ini. 

1. Keamanan Data yang Tinggi

Keamanan data merupakan salah satu manfaat yang akan Anda dapatkan dari cara kerja dan  sistem blockchain ini. Hal ini karena data-data transaksi dienkripsi dengan algoritma kriptografi yang kuat, maka transaksi yang terjadi di dalam jaringan sangat sulit untuk dimanipulasi atau diubah. 

Data-data transaksi juga disimpan dalam database yang terdistribusi, maka keamanan data pun makin terjamin karena tidak ada satu pihak yang memiliki kontrol penuh terhadap database tersebut.

2. Transparansi dan Akuntabilitas yang Tinggi

Blockchain juga memiliki manfaat transparansi dan akuntabilitas yang tinggi. Mengingat setiap transaksi yang terjadi di dalam jaringan tercatat dan terekam dalam blok yang saling terhubung satu sama lain, maka semua pihak yang terlibat dalam transaksi tersebut dapat memantau dan melacak transaksi tersebut dengan mudah. Hal ini membuat sistem blockchain sangat cocok digunakan di berbagai sektor, seperti finansial dan logistik.

3. Biaya Transaksi yang Rendah

Sistem blockchain juga memiliki manfaat biaya transaksi yang rendah, karena tidak ada pihak ketiga atau perantara yang membutuhkan biaya tambahan. Alhasil biaya transaksi dapat ditekan menjadi lebih rendah lagi. Hal ini sangat bermanfaat bagi perusahaan atau institusi yang sering melakukan transaksi dalam jumlah besar.

4. Mempercepat Proses Transaksi

Dalam sistem blockchain, transaksi dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien karena semua node dalam jaringan saling terhubung satu sama lain. Setiap transaksi yang dilakukan akan diverifikasi oleh setiap node dalam jaringan. Jadi, tidak diperlukan lagi pihak ketiga sebagai perantara transaksi, sehingga mempercepat proses transaksi secara signifikan.

Baca Juga : Planning: Pengertian, Manfaat, Jenis-Jenis, dan Cara Membuatnya

Jasa SEO

Cara Kerja Sistem Blockchain

Untuk memahami cara kerja sistem blockchain, Anda harus memahami konsep dasar dari sebuah blok. Setiap blok dalam jaringan blockchain berisi beberapa informasi, seperti data transaksi, timestamp, serta sebuah hash yang unik. 

Hash ini dihasilkan melalui sebuah algoritma kriptografi yang kompleks dan dihitung berdasarkan data-data transaksi yang terdapat dalam blok tersebut. Setiap blok dalam jaringan blockchain saling terhubung satu sama lain melalui hash yang unik . 

Hash dari blok sebelumnya akan dijadikan input untuk menghitung hash dari blok berikutnya. Melalui cara ini, sebuah rantai atau chain akan terbentuk dari setiap blok yang saling terhubung. Untuk melakukan transaksi di dalam jaringan blockchain, Anda harus memiliki sebuah dompet digital yang dilengkapi dengan kunci privat atau private key. Kunci privat ini berfungsi untuk mengamankan transaksi dan harus dijaga dengan baik agar tidak jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Setiap transaksi yang dilakukan di dalam jaringan blockchain harus divalidasi terlebih dahulu oleh beberapa pengguna yang terhubung ke dalam jaringan. Proses validasi ini disebut dengan mining, di mana Anda harus menyelesaikan serangkaian perhitungan matematis yang kompleks untuk memverifikasi transaksi tersebut. 

Bagi Anda yang berhasil menyelesaikan perhitungan matematis tersebut akan diberikan hadiah dalam bentuk koin atau token kripto.

Baca Juga : Supply Chain: Pengertian, Manfaat, Sistem, dan Contohnya

Kelebihan Menggunakan Blockchain

Kelebihan Menggunakan Blockchain

Selain memiliki berbagai manfaat yang telah disebutkan sebelumnya, sistem blockchain juga memiliki beberapa kelebihan lainnya. Blockchain adalah sistem yang dapat mempermudah pekerjaan Anda. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui berbagai kelebihannya di bawah ini. 

1. Meningkatkan Kepercayaan

Sistem blockchain dapat meningkatkan kepercayaan antara pihak-pihak yang terlibat dalam sebuah transaksi. Apalagi semua transaksi tercatat dalam database terdistribusi yang dapat diakses secara publik, maka tidak ada pihak yang dapat memanipulasi data transaksi tersebut. Hal ini membuat proses transaksi menjadi lebih tepercaya dan akuntabel.

2. Mengurangi Risiko Kecurangan

Cara kerja sistem blockchain juga dapat mengurangi risiko kecurangan atau penipuan dalam proses transaksi. Hal ini karena semua transaksi tercatat dalam database terdistribusi yang dapat diakses secara publik, maka risiko kecurangan atau penipuan dapat dikurangi, sehingga semua pihak dapat memantau dan melacak transaksi tersebut.

3. Meningkatkan Efisiensi

Setiap transaksi yang dilakukan akan diproses secara otomatis oleh jaringan node yang terhubung. Melalui sistem ini, proses transaksi dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan transaksi dapat dikurangi. 

Keuntungan ini sangat penting bagi perusahaan atau institusi yang sering melakukan transaksi dalam jumlah besar. Adanya sistem blockchain dapat membantu perusahaan memproses transaksi dalam jumlah besar secara bersamaan, tanpa memerlukan banyak waktu atau sumber daya manusia. 

4. Menyediakan Akses yang Lebih Mudah

Sistem blockchain dapat menyediakan akses yang lebih mudah bagi para pengguna, karena data transaksi tersimpan dalam database terdistribusi yang dapat diakses secara publik. Artinya, Anda dapat mengakses data transaksi secara mudah dan transparan.

Hal ini sangat penting bagi Anda yang ingin memantau atau memverifikasi transaksi yang telah dilakukan. Melalui proses yang lebih mudah, Anda dapat memastikan setiap transaksi yang dilakukan telah sesuai dengan yang diinginkan dan dilakukan secara sah.

5. Mendukung Pengembangan Aplikasi Baru

Sistem blockchain juga dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan aplikasi terdistribusi yang dapat meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam berbagai bidang, seperti fintech, supply chain, logistik, dan sebagainya. Beberapa contoh aplikasi yang menggunakan teknologi blockchain adalah Bitcoin, Ethereum, Ripple, dan Litecoin.

Namun, meskipun memiliki banyak kelebihan, sistem blockchain juga memiliki beberapa kelemahan. Beberapa di antaranya adalah biaya transaksi yang tinggi, skalabilitas yang terbatas, dan masalah privasi data. Namun, para ahli terus berusaha untuk meningkatkan teknologi blockchain agar lebih efisien dan dapat digunakan dalam skala yang lebih besar.

Sistem blockchain ini sudah pasti akan sangat membantu Anda dalam proses mengembangkan bisnis. Namun, Anda akan lebih terbantu lagi jika memiliki website profesional untuk mempromosikan bisnis Anda. Mengingat, konsumen akan tertarik dan lebih percaya dengan tampilan luar brand yang profesional.

ToffeeDev siap membantu bisnis Anda berkembang secara digital dengan jasa pembuatan website profesional serta tampilan UI/UX yang menarik. Proses pembuatan website ini juga dapat berlangsung dengan lebih cepat, efektif, dan efisien. 

Setelah website Anda selesai dibangun, Anda bisa mengoptimasi website agar mendapat kunjungan dengan jumlah banyak secara organik. Anda bisa melakukannya dengan optimasi SEO. ToffeeDev sendiri menyediakan layanan digital marketing lainnya untuk membantu bisnis Anda bertumbuh secara digital dengan cepat, salah satunya optimasi SEO dan Ads.

Jika Anda tertarik mengembangkan bisnis secara digital, hubungi ToffeeDev sekarang untuk mulai berkonsultasi!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat