Ini Dia Cara Memasang SSL di cPanel

Ini Dia Cara Memasang SSL di cPanel

Bagaimana cara memasang SSL di cPanel dan apa kaitannya dengan bisnis Anda? Well, membangun sebuah bisnis tak hanya sekadar memikirkan tentang produksi dan penjualan, namun juga branding dan strategi pemasaran.

Ditambah lagi, dunia sudah memasuki masa modern yang membuat seluruh pebisnis harus siap untuk melakukan digital marketing. Salah satu cara memasarkan bisnis Anda adalah dengan membuat website khusus untuk mengungkapkan produk atau layanan yang Anda jual dan bagaimana cara membelinya. 

Pembuatan website ini cukup rumit sehingga Anda sebagai pemilik bisnis biasanya akan menyewa jasa design website agar bisnis Anda bisa mulai bergerak online. Selain memperhatikan elemen penjualan, Anda harus paham masalah keamanan website yang dibuat. Website Anda perlu dilengkapi SSL sebelum mulai bertransaksi dengan pelanggan. Cara memasang SSL di cPanel pun terbilang cukup mudah. Namun, mari pahami dulu apa itu SSL.

Baca Juga: Apa itu cPanel Website? Mengapa Harus Digunakan?

Pengertian SSL/TLS

Di era sekarang, ada dua jenis keamanan website, yaitu SSL dan TLS. Pada dasarnya, baik SSL dan TLS bekerja sebagai protokol kriptografi yang akan mengamankan koneksi pengiriman data antara browser dengan server. Hanya saja, SSL sudah ada jauh lebih dulu dibanding TLS. TLS dianggap sebagai produk penyempurnaan dari SSL. Namun, orang-orang cenderung lebih familier dengan SSL sehingga TLS masih sering disebut sebagai SSL.

Cara Kerja SSL/TLS

Cara Kerja SSL/TLS

SSL/TLS berfungsi untuk mengamankan data pengguna dan server yang sedang berinteraksi agar tidak dapat dibaca oleh pihak mana pun. SSL akan langsung mengacak data saat ditransfer dengan algoritma enkripsi, sehingga pihak ketiga yang berusaha melakukan peretasan tak akan bisa mengaksesnya di tengah proses pengiriman. Beberapa informasi yang mendapat manfaat besar karena dilindungi SSL/TLS adalah data nomor kartu kredit, nama, alamat, dan data pribadi yang sensitif lainnya.

Baca Juga: Catat! Panduan Menulis SEO-Friendly Agar Meningkatkan Traffic Website

Pentingkah SSL/TLS untuk Website?

Manfaat utama pemasangan SSL/TLS di website bisnis Anda adalah untuk keamanan. Pelanggan akan merasa lebih nyaman dan tenang saat melakukan transaksi melalui website Anda. SSL sangat perlu digunakan untuk mengamankan apa pun secara online di bawah sertifikat SSL sebagai pelindung. Pelanggan yang menaruh kepercayaan terhadap website Anda tentu akan kembali melakukan transaksi.

Selain itu, pemasangan SSL juga akan membantu pemasaran bisnis Anda di dunia digital. Pasalnya, Google sebagai mesin pencari terbesar di dunia akan menandai website yang tidak dilengkapi dengan SSL. Google akan memberi peringatan tidak aman yang tentu sangat merugikan pelanggan. Artinya, pemberian SSL membuat website yang berisi produk-produk Anda bisa ditemukan oleh pelanggan lewat mesin pencari secara mudah.

Baca Juga: Apa itu SSL? Mengapa Penting Dalam SEO?

Cara Memasang SSL di Cpanel

SSL bisa didapatkan secara online di berbagai sumber. Biasanya, SSL tersedia dalam wujud gratis yang bisa dimiliki siapa saja. Lalu, ada pula SSL berbayar yang bisa dibeli di perusahaan khusus peneyedia SSL beserta sertifikatnya. Tentu baik SSL gratis maupun berbayar mempunyai kelebihan masing-masing. Berikut cara memasang SSL di cPanel, baik yang gratis maupun berbayar.

1. Cara Memasang SSL Gratis di cPanel

Cara Memasang SSL Gratis di cPanel

SSL gratis bisa didapatkan di berbagai website online tepercaya. Namun, perlu diketahui bahwa SSL gratis biasanya memiliki masa berlaku yang tergolong singkat. Kekurangan lainnya adalah SSL gratis hanya bisa digunakan di satu domain yang didaftarkan saja. Jadi, pahami dulu hal-hal ini sebelum Anda mulai menjalankan website bisnis Anda. Sekarang, berikut beberapa langkah cara memasang SSL di cPanel secara gratis.

Anda bisa mulai login ke cPanel dan cari SSL/TLS. Lalu, klik Install and Manage SSL for your site (HTTPS). Kemudian, klik Manage SSL site. Pilihlah domain website Anda yang akan dipasang SSL. Setelah itu, tinggal klik Autofill by Certificate > Install Certificate. Bagaimana, cukup mudah, bukan?

Baca Juga: Pengaruh SSL Terhadap Organic Ranking di Google

2. Cara Memasang SSL Berbayar di cPanel

Bagi Anda pemilik bisnis yang ingin membuat website profesional dengan skala menengah ke atas, akan lebih baik jika menggunakan SSL berbayar. SSL berbayar memiliki masa berlaku yang jauh lebih lama daripada yang gratis. Tentu hal ini akan sangat menguntungkan Anda sebagai pebisnis karena lebih efisien dan hemat waktu akibat tidak perlu lagi melakukan reissue sertifikat SSL.

Perusahaan yang menjual SSL berbayar juga akan memberikan support kepada Anda. Jadi, jika ada permasalahan, Anda bisa langsung menghubungi tim support sehingga dapat dibantu dengan segera. SSL berbayar juga memberi keuntungan lain, yaitu bisa didaftarkan di beberapa domain. Untuk cara memasang SSL di cPanel yang berbayar relatif sama dengan SSL gratis. Namun, akan ada tambahan langkah tergantung dari jenis SSL yang Anda beli.

Jika Anda membeli SSL berjenis DV, maka customer service dari tempat Anda membeli SSL akan membantu melakukan aktivasi dan informasi mengenai Certificate Signing Request atau CSR. Sedangkan jika Anda membeli SSL berjenis OV atau EV, maka ada beberapa berkas yang harus disiapkan, yaitu akta perusahaan, TDP, SK Domisili perusahaan, NPWP perusahaan, SIUP, dan SK KEMENKUMHAM/AU. Apabila semua berkas sudah disiapkan, Anda bisa langsung menghubungi customer service dengan memberikan CSR SSL yang sudah dimiliki.

Jasa SEO

Demikian beberapa langkah cara memasang SSL di cPanel. Website yang terpasang SSL akan memberikan keamanan bagi pelanggan dan pemilik usaha. Pelanggan akan menaruh kepercayaan terhadap bisnis Anda jika keamanan menjadi hal yang diprioritaskan.Nah, apabila Anda ingin mendesain website yang aman untuk perusahaan Anda, segera hubungi ToffeeDev. Kami menyediakan layanan desain website serta keperluan digital marketing lainnya untuk memajukan bisnis Anda. Hubungi ToffeeDev sekarang dan mari bekerja sama menguatkan bisnis Anda!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top