Apa itu IP Address dan Bagaimana Cara Kerjanya?

ip address adalah

Apakah Anda tahu apa itu Internet Protocol Address? Istilah ini mengacu kepada alamat suatu situs yang perlu dimasukkan ketika Anda ingin menjelajah di internet. Lebih lanjut, IP Address adalah serangkaian angka unik yang diberikan pada setiap perangkat yang terhubung ke internet. 

Semua kombinasi angka tersebut akan membantu setiap pengguna internet untuk mencari informasi, bahkan berbelanja. Masing-masing perangkat komputer juga dapat saling berkomunikasi dengan keberadaan IP Address. Singkatnya, tanpa IP Address maka Anda tidak akan dapat mengakses internet seperti yang bisa dilakukan sampai hari ini.

Sekarang Anda jadi tahu mengapa IP Address sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, bukan? Itu sebabnya sangat penting untuk memahaminya secara menyeluruh. Berikut ini ToffeeDev telah menyiapkan seluruh informasi penting yang harus Anda pahami tentang IP Address, simak lengkapnya berikut ini! 

Pengertian IP Address

Sebelum beralih ke berbagai jenis atau cara kerja IP Address, Anda perlu tahu definisinya terlebih dahulu. Mempelajari semuanya dari dasar akan memudahkan Anda ketika harus mengerti istilah lainnya yang berhubungan dengan IP Address dan juga internet. Coba perhatikan definisi dan fungsinya di bawah ini. 

1. Definisi IP Address

IP Address adalah serangkaian angka unik untuk mendefinisikan setiap perangkat yang terhubung ke dalam internet. Jumlah bit dalam IP Address juga berbeda-beda, pada IPv4 maka terdiri dari 32 bit. Kemudian pada IPv6 maka jumlahnya 128 bit.

IPv4 bisa dibilang versi IP Address yang lebih lama, sementara IPv6 merupakan versi yang lebih baru. Namun IP Address pada umumnya ditampilkan dalam bentuk notasi desimal yang lebih mudah dipahami oleh manusia. 

Notasi desimal IP Address terdiri dari empat angka desimal yang dipisahkan oleh titik, contohnya seperti “192.168.1.1”. Setiap perangkat yang terhubung ke jaringan komputer harus memiliki alamat IP Address yang berbeda agar dapat dikenali dan diakses oleh perangkat lainnya. 

Setiap perangkat biasanya sudah punya IP Address mereka sendiri tanpa harus dipilihkan oleh pengguna atau dari sistem. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang makin berkembang, setiap perangkat elektronik yang Anda beli pasti sudah memiliki IP Address mereka masing-masing.

2. Fungsi IP Address dalam Jaringan Komputer

IP Address digunakan dalam jaringan komputer agar memungkinkan perangkat untuk saling berkomunikasi. Setiap perangkat dalam jaringan memerlukan IP Address yang berbeda agar dapat diidentifikasi dan berkomunikasi satu sama lain.

Namun perlu diketahui bahwa fungsi utama IP Address dalam jaringan komputer adalah untuk mengidentifikasi alamat pengirim dan penerima data. Ketika suatu perangkat mengirim data ke perangkat lain di jaringan maka data tersebut akan dilengkapi dengan alamat pengirim dan alamat penerima yang ditandai dengan IP Address. 

Selanjutnya, IP Address juga digunakan untuk mengarahkan data ke tujuan yang tepat. Kalau dalam aplikasi sehari-hari, Anda bisa mengasumsikan IP Address layaknya Maps yang menunjukkan arah untuk sampai ke tempat tujuan. 

Serupa dengan IP Address yang juga berfungsi memberikan informasi tentang rute yang harus diambil oleh data agar bisa sampai ke tujuannya. Jadi sebenarnya keberadaan IP Address memungkinkan pengiriman data yang efektif dan efisien dalam jaringan komputer.

Jenis-Jenis IP Address

Saat pertama kali ditemukan, IP Address hanya memiliki satu jenis saja. Namun saat ini cukup banyak jenis IP Address yang bisa dibagi berdasarkan beberapa aspek. Dari semua jenisnya, ada 4 yang akan dibahas berikut ini.

1. IPv4

IPv4 atau Internet Protocol version 4 adalah jenis IP Address yang paling umum digunakan saat ini. Seperti sempat disebutkan sebelumnya, IPv4 menggunakan 32 bit untuk menunjukkan alamat IP Address. 

Namun IPv4 tidak lagi banyak digunakan karena hanya mampu “menyimpan” sekitar 4,3 miliar alamat IP yang berbeda. Pasalnya jumlah tersebut makin menipis karena banyaknya perangkat yang terhubung ke internet.

2. IPv6

Kemudian untuk mengatasi keterbatasan IPv4, muncullah IPv6 yang merupakan singkatan dari Internet Protocol version 6. IPv6 sendiri menggunakan 128 bit untuk menunjukkan alamat IP Address sehingga memungkinkan adanya sekitar 340 undecillion alamat IP yang berbeda. 

IPv6 juga memiliki beberapa fitur tambahan, seperti kemampuan untuk melakukan konfigurasi otomatis dan pengaturan alamat IP yang lebih aman.

3. Public IP Address

Berlanjut ke jenis IP Address berdasarkan jangkauannya maka Public IP Address adalah alamat IP yang diberikan oleh penyedia layanan internet (ISP) kepada perangkat yang terhubung ke internet. 

Public IP Address dapat diakses dari internet sehingga memungkinkan perangkat tersebut bisa diakses dari luar jaringan. Public IP Address umumnya digunakan untuk server web, server e-mail, dan perangkat lain yang harus dapat diakses dari luar jaringan.

4. Private IP Address

Berbeda dari jenis sebelumnya, Private IP Address merupakan alamat IP yang digunakan di dalam jaringan lokal, seperti jaringan rumah atau kantor. 

Private IP Address tidak dapat diakses dari internet sehingga hanya bisa digunakan untuk komunikasi antar perangkat yang terhubung ke jaringan lokal. Private IP Address umumnya digunakan untuk perangkat seperti komputer, printer, dan router di dalam jaringan.

Cara Kerja IP Address

Anda yang baru pertama kali mendengar kata IP Address pasti bingung bagaimana cara kerja angka-angka tersebut. Coba cari tahu lebih lanjut cara kerjanya berikut ini. 

1. Routing Paket Data

IP Address biasanya digunakan untuk mengarahkan data melalui jaringan komputer. Ketika data akhirnya dikirim dari satu perangkat ke perangkat lain maka data tersebut “dibungkus dalam paket” melalui jaringan menggunakan alamat IP Address yang dituju.

2. Alamat Pengirim dan Penerima

Selanjutnya IP Address akan digunakan sebagai alamat pengirim dan penerima dalam protokol komunikasi jaringan seperti TCP/IP. Ketika data dikirim ke perangkat lain maka perangkat pengirim akan menambahkan alamat IP Address pada paket data tersebut. 

Kemudian saat paket data diterima maka alamat IP Address pengirim digunakan untuk membalas data ke perangkat yang sebelumnya melakukan pengiriman.

3. Konversi Nama Domain menjadi IP Address

IP Address juga berfungsi untuk mengonversi nama domain menjadi alamat numerik. Ketika seorang pengguna memasukkan sebuah nama domain di browser, seperti halnya www.google.com maka server DNS (Domain Name System) akan melakukan konversi nama domain tersebut menjadi alamat IP Address yang sesuai. 

Kemudian alamat IP Address akan digunakan oleh browser untuk menghubungi server yang diinginkan.

4. Konfigurasi IP Address pada Perangkat Jaringan

Setiap perangkat yang terhubung ke jaringan harus dikonfigurasi dengan alamat IP Address yang unik. Konfigurasi IP Address ini dapat dilakukan secara manual atau otomatis melalui protokol seperti DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol). 

Setelah dikonfigurasi dengan alamat IP Address yang tepat, barulah perangkat dapat terhubung dan berkomunikasi dengan perangkat lain yang terhubung.

Baca Juga: 5 Fungsi DNS Server yang Harus Diketahui oleh Web Developer

Penggunaan IP Address

Penggunaan IP Address sangat penting dalam menjaga kestabilan dan keamanan jaringan komputer karena keberadaannya memungkinkan router serta perangkat lainnya untuk mengarahkan paket data ke tujuan yang tepat. Pelajari semua kegunaannya berikut ini. 

1. Identifikasi Alamat Jaringan

IP Address digunakan untuk mengidentifikasi alamat jaringan. Saat IP Address diketahui maka administrator jaringan dapat mengatur dan mengelola perangkat yang terhubung ke jaringan.

2. Mengamankan Jaringan Komputer

Jangan salah, keberadaannya juga bisa digunakan untuk mengamankan jaringan komputer. Dalam beberapa kasus, administrator jaringan dapat memblokir akses alamat IP Address tertentu apabila ditemukan sesuatu yang membahayakan.

Baca Juga: 4 Cara Mengecek IP Address di HP Dan Laptop

3. Membatasi Akses Pengguna ke Internet

Meski semua perangkat memiliki IP Address masing-masing, tetapi ada beberapa kasus mereka tidak bisa mengakses suatu situs. Hal ini terjadi karena berbagai macam alasan seperti untuk menghindari sistem yang down, rahasia perusahaan atau lembaga tertentu, dan lain sebagainya. 

Jadi administrator jaringan dapat mengatur pembatasan akses berdasarkan alamat IP Address pengguna.

4. Membagi Koneksi Internet ke Perangkat Lain

Selanjutnya IP Address dapat digunakan untuk membagi koneksi internet ke perangkat lain. Melalui penggunaan router atau perangkat yang mendukung fitur berbagi koneksi internet maka pengguna dapat langsung membaginya ke perangkat lain yang dalam jaringan.

banner

Cara Mengetahui IP Address

Perangkat elektronik yang bisa menjelajahi internet pasti memiliki IP Address. Hanya saja IP Address tidak dimunculkan dalam browser yang Anda gunakan. Anda perlu mencari tahu dengan beberapa cara berikut ini. 

1. Melalui Command Prompt pada Windows

Kalau Anda menggunakan sistem operasi Windows maka tinggal buka Command Prompt, lalu memasukkan perintah “ipconfig”. Nantinya IP Address dapat ditemukan di bawah “IPv4 Address” atau “IPv6 Address” dalam output perintah.

2. Melalui Terminal pada iOS

Mencari tahu IP Address dalam sistem operasi iOS sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Windows. Anda bisa langsung membuka Terminal dan memasukkan perintah “ifconfig”. Kemudian IP Address perangkat Apple Anda dapat ditemukan di bawah “inet” pada output perintah.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Penjualan Dengan Menggunakan LinkedIn

3. Melalui Pengaturan Jaringan pada Perangkat Mobile

Lalu bagaimana dengan smartphone? Apakah caranya sulit? Tentu tidak! Untuk mengetahui IP Address smartphone Anda bisa membuka pengaturan jaringan dan mencari opsi “Wi-Fi” atau “Mobile Data”. Biasanya alamat tersebut dapat ditemukan di bawah tulisan “IP Address” pada opsi tersebut.

4. Melalui Situs Web Penyedia Informasi IP Address

Kalau Anda masih bingung bagaimana cara mengidentifikasi IP Address perangkat elektronik yang digunakan maka ada cara mudah lainnya yang bisa digunakan, yakni melalui situs dari internet. Anda bisa mencobanya dengan mengunjungi berbagai situs web penyedia informasi IP Address, seperti whatismyip.com atau iplocation.net.

Bagaimana? Apakah Anda sudah memahami apa itu IP Address? Hal yang perlu Anda ingat ialah IP Address adalah serangkaian angka-angka yang digunakan untuk mendefinisikan suatu perangkat maupun situs. 

Kalau Anda membutuhkan bantuan untuk menggunakan IP Address dalam membuat website maka ToffeeDev bisa jadi partner yang tepat. Sebagai digital marketing agency berpengalaman, ToffeeDev menyediakan jasa pembuatan website profesional

Butuh jasa lainnya untuk membuat brand Anda makin dikenal luas? Tentu saja ada! ToffeeDev menyediakan berbagai jasa digital marketing yang mampu meningkatkan brand awareness. Supaya jasa yang Anda gunakan tidak salah sasaran, hubungi tim ToffeeDev untuk berkonsultasi sekarang! 

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat