Apa itu Nofollow? Ketahui Pengaruhnya pada Peringkat Website

Dalam era digital dan persaingan bisnis online yang makin ketat, pemahaman mendalam tentang strategi SEO menjadi krusial. Salah satu elemen penting dalam SEO adalah penggunaan tag nofollow links pada tautan. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu nofollow links, sejarah penggunaannya, dan bagaimana pengaruhnya pada peringkat website.

Apa itu Nofollow dalam SEO

Apa itu Nofollow dalam SEO?

Nofollow adalah atribut HTML yang diterapkan pada tautan sebuah halaman web. Ketika tautan memiliki atribut nofollow links, mesin pencari seperti Google akan mengabaikannya saat menilai dan menghitung peringkat halaman. Ini bertujuan untuk memberikan kendali lebih besar terhadap kualitas tautan yang terkait dengan suatu situs.

Konsep nofollow links pertama kali diperkenalkan oleh Google pada tahun 2005 sebagai respons terhadap praktik spam komentar di blog. Nofollow digunakan untuk mencegah spammer mendapatkan keuntungan dari tautan di komentar blog dan forum.

Penggunaan nofollow links memiliki beberapa tujuan, di antaranya adalah mengontrol kualitas tautan, mencegah hukuman algoritma, dan memfokuskan perhatian pada tautan yang benar-benar relevan dan bermanfaat bagi pengunjung.

Banner SEO - General 2

Bagaimana Nofollow Memengaruhi Peringkat Website?

Sebelum kita membahas pengaruh nofollow links pada peringkat website, penting untuk memahami bagaimana algoritma Google bekerja. Google menggunakan algoritma kompleks yang terus berkembang untuk mengevaluasi situs web. Salah satu faktor yang diperhitungkan dalam proses ini adalah tautan yang terdapat di dalam situs tersebut.

Pada dasarnya, Google mengikuti tautan dari satu halaman ke halaman lain untuk mengukur kualitas dan relevansi suatu konten. Namun, saat algoritma Google menemui tautan dengan atribut nofollow links, tautan tersebut diabaikan, dan tidak memberikan kontribusi langsung terhadap peringkat situs.

Dampak Nofollow pada Peringkat Website

Penggunaan nofollow links dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap peringkat website. Dengan menggunakan nofollow links, Anda dapat mengontrol tautan yang terkait dengan situs Anda, menjaga kualitas tautan, dan menghindari potensi hukuman algoritma yang dapat merugikan peringkat SEO.

Nofollow juga memberikan keuntungan dalam mengelola tautan keluar, terutama saat bekerja sama dengan pihak ketiga. Dengan menerapkan nofollow links pada tautan yang tidak sepenuhnya dapat dipercayai, situs Anda dapat melindungi diri dari potensi penurunan peringkat akibat tautan berkualitas rendah atau tidak etis.

Baca Juga: Follow Up Customer: Definisi, Manfaat, dan Tips Sukses Melakukannya

Contoh Pengaruh Nofollow pada Peringkat Website

Misalnya, Anda memiliki sebuah situs e-commerce yang bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk penyedia layanan pengiriman dan mitra afiliasi. Dengan menggunakan nofollow links pada tautan afiliasi atau tautan yang mengarah ke halaman penyedia pengiriman, Anda dapat menghindari risiko mengalami dampak negatif pada peringkat situs Anda.

Selain itu, nofollow links dapat digunakan untuk mengelola tautan yang mungkin muncul dalam komentar pengguna. Jika situs Anda memiliki fitur komentar, seringkali spammers mencoba memasukkan tautan yang tidak diinginkan. Dengan memberikan atribut nofollow links pada tautan komentar, Anda dapat melindungi situs Anda dari tautan spam yang dapat merugikan reputasi SEO.

Banner SEO - Ebook 2

Kapan Harus Menggunakan Nofollow?

Dalam menggunakan tag nofollow links, terdapat beberapa aturan yang harus Anda pahami. Hal ini berkaitan dengan berbagai situasi penggunaan nofollow links yang tepat. Apa sajakah itu? Mari kita simak pembahasannya di bawah ini:

1. Situasi Saat Nofollow Diperlukan

Nofollow berfungsi untuk menyaring tautan-tautan yang bisa merusak otoritas website Anda. Oleh karena itu, nofollow links wajib digunakan pada situasi berikut:

a. Tautan dari Sumber yang Tidak Tepercaya

Ketika situs Anda menerima tautan dari sumber yang tidak dapat sepenuhnya dipercayai atau memiliki reputasi yang buruk, penggunaan nofollow links dapat melindungi situs Anda dari terkaitnya peringkat dengan tautan berkualitas rendah atau berpotensi merugikan.

b. Tautan Afiliasi

Jika situs Anda menggunakan tautan afiliasi, sebaiknya memberikan atribut nofollow links pada tautan tersebut. Ini membantu menghindari risiko hukuman algoritma karena tautan afiliasi seringkali dianggap sebagai tautan keluar yang tidak alami.

c. Tautan yang Tidak Relevan

Ketika Anda memiliki tautan keluar yang tidak relevan dengan konten situs Anda, penggunaan nofollow links dapat membantu mempertahankan fokus otoritas situs pada topik yang relevan.

Baca Juga: Pengertian Web Crawling dan Penerapannya dalam SEO

2. Situasi Saat Nofollow Tidak Diperlukan

Di bawah ini adalah situasi yang tidak membutuhkan tag nofollow links, karena tautan berikut ini dapat meningkatkan otoritas website Anda. Adapun situasi tersebut adalah sebagai berikut:

a. Tautan Internal

Tautan internal pada halaman-halaman yang saling terkait di dalam situs Anda tidak perlu menggunakan nofollow links. Ini membantu mesin pencari memahami struktur situs dan memberikan otoritas yang lebih baik pada halaman-halaman utama.

b. Tautan dari Situs Otoritatif dan Terkait

Tautan dari situs web otoritatif dan terkait dengan konten Anda sebaiknya tidak menggunakan nofollow links. Tautan semacam ini dapat meningkatkan otoritas situs Anda di mata mesin pencari.

c. Tautan ke Konten Terkait

Jika Anda memiliki tautan keluar yang benar-benar terkait dengan konten Anda dan memberikan nilai tambah kepada pengunjung, penggunaan nofollow links tidak diperlukan. Ini dapat memberikan sinyal positif pada mesin pencari terkait relevansi dan kualitas konten.

Tips Penggunaan Link Nofollow untuk Hasil SEO yang Lebih Baik

Tips Penggunaan Link Nofollow untuk Hasil SEO yang Lebih Baik

Penggunaan tag nofollow links dapat menjadi elemen kunci dalam strategi SEO, dan pemahaman yang mendalam akan cara efektif menerapkannya dapat memberikan keuntungan signifikan. Mari kita simak tipsnya di bawah ini:

1. Strategi Penggunaan Nofollow yang Efektif

strategi penggunaan nofollow links yang efektif melibatkan penentuan tautan mana yang benar-benar memerlukan atribut nofollow links. Prioritaskan tautan dari sumber yang tidak sepenuhnya dipercayai, tautan afiliasi, atau tautan keluar yang tidak dapat diverifikasi untuk memitigasi risiko penurunan peringkat SEO.

Baca Juga: Mengenal Aktivitas Blogwalking yang Sering Dilakukan

2. Cara Menambahkan Nofollow pada Tautan

Selanjutnya, cara menambahkan nofollow links pada tautan harus dilakukan secara hati-hati. Dalam HTML, tambahkan atribut rel=nofollow links” ke dalam tag tautan seperti contoh berikut:

<a href=”url_tautan” rel=”nofollow links”>Teks Tautan</a>

Platform manajemen konten modern seperti WordPress menyediakan plugin yang mempermudah proses ini tanpa memerlukan pengetahuan teknis HTML.

Baca Juga: Jenis-Jenis dan Cara Membangun Backlink Berkualitas dalam SEO

3. Memperhatikan Rasio Tautan Dofollow dan Nofollow

Terakhir, memperhatikan rasio tautan dofollow dan nofollow links penting untuk menciptakan profil tautan yang alami. Seimbangkan rasio tautan dofollow dan nofollow links dengan mempertimbangkan perbandingan seperti 70:30 atau 80:20. Hal ini membantu mengoptimalkan otoritas situs sambil melindungi dari dampak negatif tautan berkualitas rendah.

Banner SEO x CRO 2

Kesimpulan

Penerapan tag nofollow links bukan hanya sekadar langkah teknis, melainkan suatu strategi yang dapat membentuk landasan yang kokoh untuk peringkat dan reputasi situs web. Dari pembahasan di atas, pentingnya memahami nofollow links terletak pada kemampuannya untuk memberikan kendali terhadap kualitas tautan yang terhubung dengan situs. 

Dengan memanfaatkan nofollow links, pemilik bisnis dapat mencegah tautan dari situs yang tidak tepercaya atau berkualitas rendah, sehingga melindungi peringkat SEO dari potensi dampak negatif.

penerapan strategi nofollow links bukanlah tugas yang bisa dianggap remeh. Untuk memastikan bahwa nofollow links diterapkan dengan tepat dan sesuai dengan perkembangan terbaru dalam dunia SEO, penting untuk mendapatkan bantuan dari profesional yang berpengalaman. ToffeeDev, sebagai penyedia jasa SEO profesional, siap membantu Anda menghadapi tantangan ini.

Mengapa Anda, sebagai pemilik bisnis, harus mempertimbangkan bantuan jasa SEO profesional dari ToffeeDev? Algoritma mesin pencari yang terus berkembang menuntut pemahaman dan adaptasi yang terus-menerus. 

Dengan menggunakan jasa SEO profesional seperti ToffeeDev, Anda tidak hanya mendapatkan keahlian teknis yang diperlukan tetapi juga membebaskan waktu dan upaya Anda untuk fokus pada inti bisnis.

Tertarik untuk bermitra bersama kami? Hubungi dan jadwalkan konsultasi dengan kami segera dan tingkatkan efektivitas performa dan peningkatan profit bisnis Anda bersama ToffeeDev!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat