Server Adalah : Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Manfaatnya di Dunia Kerja

server adalah

Server adalah komponen penting dalam dunia teknologi informasi dan telah menjadi bagian integral dalam berbagai bidang, mulai dari bisnis hingga pendidikan. Dalam era digital seperti sekarang, server sering dianggap sebagai otak dari sistem komputer karena berperan sebagai pusat pengolahan data dan informasi.

Dalam dunia bisnis, server telah menjadi hal yang sangat penting dalam menjalankan operasi dan menyediakan solusi IT untuk mendukung pengambilan keputusan. Sebagai contoh, server dapat digunakan untuk menyimpan database karyawan, aplikasi bisnis, dan berbagai aplikasi khusus lainnya. Ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu server? Simak informasi selengkapnya dalam artikel ini.

Apa Pengertian Server? 

Secara umum, web server adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk menyediakan layanan dan mengelola sumber daya pada jaringan komputer, serta sebagai perangkat yang berfungsi untuk penyimpanan data. Server juga dapat diartikan sebagai sebuah program yang berjalan pada perangkat keras tersebut. Dalam dunia bisnis sendiri, server digunakan sebagai pusat pengelolaan data dan layanan pada perusahaan.

Server memiliki peran yang sangat penting dalam menjalankan berbagai aktivitas di segala bidang, mulai dari bisnis hingga komunikasi dalam sebuah organisasi. Pasalnya, adanya server membantu setiap orang agar dapat mengakses informasi ini dari perangkat mana pun yang terhubung ke jaringan, seperti laptop, tablet, atau smartphone

Jadi dapat dikatakan bahwa server memiliki peranan yang sangat penting terutama untuk memberikan kebutuhan terhadap akses informasi bagi setiap penggunanya. Tanpa server, setiap komputer harus menyimpan data dan informasi sendiri-sendiri, yang membuat sulit dalam melakukan manajemen data dan sulit dalam melakukan backup data. 

Selain itu, perusahaan atau organisasi juga tidak dapat mengatur akses dan izin penggunaan data secara terpusat, sehingga data dan informasi tidak terjaga keamanannya. Di sisi lain, setiap komputer juga harus menyimpan data dan informasi sendiri-sendiri. 

Hal ini akan mempersulit Anda ketika perlu melakukan manajemen data dan backup data. Selain itu, Anda juga tidak dapat mengatur akses dan izin penggunaan data secara terpusat sehingga data dan informasi tidak terjaga keamanannya.

Baca Juga: Apa Itu Hosting dan Fungsinya dalam Pembuatan Website

Jenis-Jenis Server 

Pada praktiknya, terdapat beberapa jenis server yang umum digunakan dalam dunia teknologi informasi. Beberapa di antaranya mungkin sudah tidak asing lagi dan kerap Anda dengar sebab memiliki fungsi yang lebih umum. Berikut adalah beberapa jenis server beserta penjelasannya:

1. Streaming Media Server 

Streaming Media Server adalah jenis server yang memungkinkan Anda untuk mengirimkan file media ke setiap pengguna melalui internet. Server ini biasanya digunakan oleh layanan streaming video dan audio seperti YouTube, Netflix, dan Spotify. 

Streaming Media Server juga tak jarang digunakan oleh perusahaan media untuk mengirimkan program televisi dan film ke penonton baik pada jenis siaran langsung maupun tidak langsung. Kehadiran server ini tentu sangat berguna terutama bagi orang-orang yang gemar menonton video atau mendengarkan musik secara online tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.

2. Web Server 

Jenis server yang selanjutnya adalah web server yang digunakan untuk menyimpan dan menyediakan halaman web ke internet. Web server umumnya dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai jenis file seperti gambar, teks, audio, dan video pada setiap website

Web server ini banyak digunakan oleh situs web e-commerce, blog, dan situs web pemerintah sebab keberadaannya sangat penting untuk menjamin keberhasilan berbagai kegiatan online. Pasalnya, jenis server yang satu ini dapat memastikan situs web berjalan dengan lancar dan lebih cepat.

Baca Juga: Mengenal MySQL: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakan

3. FTP atau File Transfer Protocol

Nah, jenis server yang satu ini mungkin juga terdengar tidak asing bagi Anda. FTP atau File Transfer Protocol adalah server yang digunakan untuk mentransfer file dari satu komputer ke komputer lain melalui jaringan internet. 

Server ini biasanya digunakan oleh siapa saja yang memiliki banyak file dan dokumen yang perlu dibagikan ke pengguna lainnya. Biasanya, FTP dimanfaatkan oleh perusahaan atau bisnis dengan skala menengah ke atas, yang membutuhkan proses transfer data ke seluruh karyawannya dengan cepat. 

FTP juga sering digunakan oleh situs web untuk mengunggah file dan gambar ke server. Pada dasarnya, server ini memang sangat berguna bagi orang-orang yang ingin mentransfer file besar dengan cara yang lebih simpel dan mudah.

4. Database Server 

Database Server adalah jenis server yang digunakan untuk menyimpan dan mengatur data dalam ruang penyimpanan data. Database server hadir dengan 4 macam yaitu relation, file, object, dan flat

Keberadaan jenis server yang satu ini dapat memudahkan Anda dalam mengakses layanan big data dengan sangat terstruktur. Jadi, proses pencarian informasi dan data yang Anda butuhkan pun akan  jadi lebih cepat dan lebih mudah.

Baca Juga: Perbedaan Web Server dan Web Hosting yang Wajib Diketahui

5. Mail Server 

Mail Server adalah jenis server yang digunakan untuk mengirim dan menerima email. Server yang satu ini sangat penting untuk menjaga komunikasi yang efisien. Selain menangani proses pengiriman dan penerimaan email, mail server juga bekerja untuk menyimpan seluruh pesan yang diterima. 

Anda juga dapat memanfaatkan berbagai layanan lain yang disediakan oleh jenis server yang satu ini seperti layanan web interface untuk menulis atau mengelompokkan pesan client.

Fungsi Server

Hadirnya server terbukti dapat memudahkan berbagai kegiatan yang melibatkan perangkat dan internet. Tak hanya beberapa fungsi utama yang telah disebutkan di atas, server juga memiliki beberapa fungsi lain yang sangat penting. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini:

1. Menyimpan Permintaan Komputer 

Server mampu menyimpan permintaan komputer seperti data dan informasi, sehingga memudahkan akses bagi siapa saja. Hal ini berarti server bertanggung jawab untuk menerima permintaan dari komputer client dan mengirimkan kembali respon yang sesuai. Fungsi ini juga dikenal dengan sebutan server aplikasi.

Server menyimpan dan memproses permintaan dari komputer client dengan menggunakan protokol tertentu. Protokol yang paling umum digunakan adalah HTTP dan HTTPS untuk permintaan web, SMTP untuk email, FTP untuk transfer file, dan protokol lainnya untuk aplikasi khusus.

2. Menyediakan Database 

Server sering digunakan untuk menyimpan dan mengelola data dalam jumlah besar, sehingga memudahkan akses bagi pengguna dalam menjalankan berbagai aktivitas komputer. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, server menyimpan dan mengolah big data yang dapat diolah dan diakses. Hal ini akan membantu perusahaan atau organisasi untuk mengembangkan produk dan memberikan keputusan yang tepat.

Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Database Server? Cari Tahu Semuanya di Sini

3. Mengatur Komunikasi dan Transfer Informasi 

Server mampu mengatur komunikasi dan transfer informasi antara komputer dan perangkat lainnya pada jaringan. Keberadaan server ini membantu setiap penggunanya untuk dapat lebih mudah melakukan transfer file, email, atau informasi lainnya dengan cepat sekaligus aman.

4. Menyimpan Data dan Informasi 

Server juga berfungsi sebagai penyimpan data dan informasi pada jaringan. Melalui kehadiran server, Anda memiliki kesempatan untuk mengakses seluruh data dan informasi yang dibutuhkan dengan lebih cepat dan efisien.

banner

Manfaat Server di Dunia Kerja 

Di dunia kerja, server juga banyak dimanfaatkan sebab mampu memenuhi kebutuhan informasi dan kemudahan terhadap layanan tertentu. Oleh karenanya, tak sedikit perusahaan yang mengandalkan server dalam berbagai hal. Adapun manfaat server di dunia kerja yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Menjamin Keamanan Data 

Server berperan penting dalam menjaga keamanan data dan informasi pada jaringan perusahaan. Penggunaan server ini membolehkan perusahaan menyediakan berbagai fitur keamanan seperti firewall, antivirus, dan enkripsi data untuk melindungi data serta informasi dari serangan digital yang merugikan. 

Server juga dapat memonitor setiap aktivitas pada jaringan yang dapat mendeteksi jika terjadi aktivitas mencurigakan atau serangan dari luar. Jadi, perusahaan dapat meminimalkan risiko kebocoran data atau serangan dari hacker atau malware yang dapat merusak citra perusahaan dan memengaruhi kinerja bisnis.

2. Memudahkan dalam Manajemen Data

Adanya server pada dasarnya dapat memudahkan karyawan memiliki akses pada data dan informasi perusahaan yang diperlukan selama menjalankan aktivitas bisnis. Bahkan, server juga memungkinkan untuk pembuatan database perusahaan yang terpusat sehingga seluruh data yang dibutuhkan dapat dikelola secara efisien. 

Dalam jangka panjang, hal ini dapat mempercepat proses pengambilan keputusan dan meningkatkan efektivitas dalam menjalankan bisnis.

3. Lebih Menghemat Biaya 

Melalui penggunaan server, perusahaan tidak perlu lagi membeli perangkat keras yang terpisah bagi setiap karyawan untuk menyimpan data perusahaan masing-masing. Jadi, perusahaan dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan. 

Selain itu, server juga dapat memungkinkan penggunaan program aplikasi berbasis web yang membantu karyawan untuk mengakses program tersebut melalui jaringan internet tanpa harus menginstall program di komputer masing-masing. Hal ini dapat menghemat biaya untuk membeli lisensi program aplikasi dan memperpanjang masa pakai komputer.

Baca Juga: Apa itu Server Proxy? Berikut 6 Cara Periksa Proxy Melalui Komputer

4. Meningkatkan Produktivitas

Belum berhenti sampai di situ. Server juga memberikan manfaat bagi dunia kerja berupa peningkatan produktivitas dan efektivitas kinerja karyawan. Server memungkinkan karyawan untuk berkolaborasi dan berbagi informasi secara realtime. Hal ini dapat mempercepat proses pengambilan keputusan dan meminimalkan kesalahan dalam mengelola data. 

Kesimpulan 

Dalam dunia teknologi informasi, server adalah sebuah komponen yang sangat penting. Server memiliki fungsi utama yang sangat penting dalam dunia komputer dan internet yaitu menyimpan permintaan komputer, menyediakan database, mengatur komunikasi dan transfer informasi, serta menyimpan data dan informasi. 

Keberadaan server pada dasarnya tidak hanya bermanfaat bagi dunia komputer saja, melainkan juga bisnis yang membutuhkan database yang terpusat. Terdapat berbagai kemudahan yang bisa Anda rasakan dengan pemanfaatan server yang tepat. Selain unggul dalam kemudahannya, server juga dapat memberikan keamanan pada data dan informasi yang dimiliki. 

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa keberadaan server adalah sistem yang menjaga kelancaran dan keamanan operasional komputer atau jenis perangkat lainnya. Melalui pemahaman fungsi dan manfaat dari server, diharapkan perusahaan atau organisasi dapat memilih jenis server yang tepat dan memanfaatkannya secara efektif untuk mendukung seluruh kegiatan yang dilakukan. 

Untuk memaksimalkan penggunaan server dan teknologi informasi lainnya dalam mendukung bisnis atau organisasi Anda, dibutuhkan juga dukungan dari digital marketing yang andal dan profesional. 

ToffeeDev sebagai digital marketing agency terkemuka hadir untuk membantu Anda dalam memperkuat brand awareness, meningkatkan traffic website, dan meningkatkan penjualan melalui strategi digital marketing yang tepat sasaran.

ToffeeDev memahami betapa pentingnya digital marketing dalam era bisnis pada perkembangan digital saat ini, sehingga kami berkomitmen untuk memberikan yang terbaik untuk turut menyukseskan bisnis setiap klien. 

Jangan ragu untuk menggunakan jasa digital marketing dari ToffeeDev karena seluruhnya ditangani oleh ahlinya. Hubungi kami sekarang dan temukan cara terbaik untuk meningkatkan bisnis Anda dengan digital marketing dari ToffeeDev!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top