7 Tips Memilih Software UKM yang Tepat untuk Meningkatkan Efisiensi Operasional Bisnis

Memahami berbagai tips memilih software UKM yang tepat dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis Anda. Software atau perangkat lunak UKM (Usaha Kecil dan Menengah) ini telah menjadi alat yang sangat penting bagi para pengusaha kecil dan menengah untuk mengantarkan bisnis menuju kesuksesan.

Software tersebut mampu mengotomatisasikan berbagai proses bisnis, meningkatkan efisiensi dan produktivitas, dan membuka peluang baru untuk meraih keuntungan. Namun, dengan banyaknya pilihan software UKM yang tersedia di pasaran, menemukan solusi yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda dapat menjadi sebuah tantangan. Tak perlu khawatir, artikel ini hadir sebagai panduan lengkap untuk membantu Anda memilih software UKM yang tepat. 

Apa Itu Software UKM?

Secara sederhana, software UKM dapat didefinisikan sebagai program komputer yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis para pengusaha UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Software ini hadir dengan berbagai fitur dan fungsi yang dirancang untuk membantu UKM mengelola berbagai aspek bisnis, dari akuntansi dan keuangan hingga penjualan dan pemasaran.

Selain meningkatkan efisiensi operasional, software UKM juga bermanfaat untuk meraih keuntungan yang lebih besar. Melalui fitur analisis data yang canggih, Anda dapat memeroleh informasi mendalam tentang pelanggan, pasar, dan tren industri. Informasi ini pada gilirannya dapat dimanfaatkan untuk merumuskan strategi bisnis yang lebih efektif dan inovatif sehingga mendorong peningkatan penjualan dan profitabilitas.

Banner SEO - General 2

Peran Penting Software dalam UKM

Sebelum memahami lebih jauh tentang tip dalam memilih software UKM, mari simak sejumlah peran penting dari software UKM yang dapat menjaga kelancaran operasional dan membantu pertumbuhan bisnis. 

1. Otomatisasi Proses Bisnis

Salah satu manfaat utama dari penggunaan software dalam UKM adalah kemampuannya untuk mengotomatisasi berbagai proses bisnis. Tugas-tugas yang dulunya memerlukan waktu dan upaya manual dapat dilakukan secara otomatis dengan adanya software yang tepat. Contohnya, proses pengiriman email kepada pelanggan, pembuatan laporan penjualan, atau pembayaran tagihan dapat diotomatisasi yang dapat mengoptimalkan sumber daya.

Baca Juga: 10 Cara Jitu Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan pada Bisnis

2. Peningkatan Efisiensi

Efisiensi adalah kunci kesuksesan bagi bisnis UKM. Software yang dirancang khusus untuk UKM dapat membantu meningkatkan efisiensi operasional dengan alat yang sesuai untuk mengelola berbagai aspek bisnis. Adapun beberapa tugas yang dapat dioptimalkan menggunakan software, seperti manajemen inventaris, pengelolaan stok, pelacakan penjualan, dan pengelolaan keuangan.

3. Skalabilitas Bisnis

Salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh UKM adalah mengelola pertumbuhan bisnis dengan lancar. Seiring dengan berkembangnya usaha, Anda dapat dengan mudah menambahkan fitur dan fungsionalitas baru tanpa perlu mengganti seluruh sistem. Hal ini memastikan bahwa Anda selalu memiliki alat yang tepat untuk mendukung pertumbuhan bisnis Anda di masa depan.

4. Analisis Data

Data merupakan aset berharga bagi setiap bisnis, termasuk UKM. Software UKM yang baik harus menyediakan alat canggih untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data dengan lebih baik. Nantinya, informasi yang didapat ini akan membantu Anda dalam memantau performa bisnis guna membuat keputusan yang strategis untuk mengembangkan bisnis ke arah yang lebih baik.

Banner SEO - Ebook 2

5. Penjualan dan Pemasaran

Peran penting dari software UKM selanjutnya adalah dalam hal penjualan dan pemasaran. Dari manajemen basis data pelanggan hingga pelacakan kampanye pemasaran, software UKM dapat membantu memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan. Melalui analisis yang tepat, software ini juga dapat membantu mengidentifikasi peluang baru dan merancang strategi pemasaran yang lebih efektif.

6. Akuntansi dan Keuangan

Peran penting software UKM yang terakhir, tetapi tidak kalah penting adalah perannya dalam akuntansi dan keuangan. Software akuntansi menyediakan alat yang dibutuhkan untuk mengelola pembukuan, pelacakan tagihan, pembayaran, dan pembuatan laporan keuangan. Kontrol yang lebih baik terhadap keuangan bisnis ini memungkinkan Anda untuk membuat keputusan keuangan yang lebih cerdas dan menjaga kondisi keuangan bisnis.

Tips Memilih Software UKM

Dalam memilih software untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM), terdapat beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah panduan yang dapat membantu Anda dalam memilih software yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

1. Tentukan Kebutuhan Bisnis

Langkah pertama dan terpenting dalam memilih software UKM adalah memahami kebutuhan bisnis secara menyeluruh. Anda perlu melakukan analisis mendalam untuk mengidentifikasi berbagai hal yang ingin ditingkatkan, seperti efisiensi operasional, penjualan dan pemasaran, atau pengelolaan keuangan. Memahami kebutuhan spesifik ini dapat membantu dalam memilih software dengan fitur yang tepat untuk mencapai tujuan bisnis.

Baca Juga: Call Monitoring Software: Solusi Cerdas untuk Mengoptimalkan Pusat Panggilan Perusahaan

2. Evaluasi Kemampuan dan Fitur

Setelah mengetahui kebutuhan bisnis Anda, saatnya mengevaluasi kemampuan dan fitur dari berbagai software UKM yang tersedia. Pastikan software yang Anda pilih memiliki fitur-fitur yang esensial untuk memenuhi kebutuhan Anda, seperti fitur faktur yang diotomatisasi, pencatatan stok barang, dan software berbasis cloud.

3. Pertimbangkan Skalabilitas

Dunia bisnis akan terus berkembang, begitu pula kebutuhan bisnis terhadap software UKM. Maka dari itu, skalabilitas menjadi faktor penting karena Anda harus memastikan bahwa software dapat tumbuh seiring dengan perkembangan bisnis. Selain itu, pastikan software dapat di-upgrade dengan mudah dan bisa menangani volume transaksi yang lebih besar seiring waktu.

4. Tinjau Ketersediaan Dukungan dan Layanan Pelanggan

Selain fitur dan skalabilitas, ketersediaan dukungan dan layanan pelanggan yang baik juga merupakan hal yang perlu dipertimbangkan. Oleh karena itu, bisnis harus memastikan untuk memilih software yang menyediakan dukungan pelanggan yang responsif dan berkualitas. Ini penting jika Anda memerlukan bantuan atau mengalami masalah teknis mendadak.

5. Tinjau Keamanan dan Kepatuhan

Keamanan data menjadi hal yang sangat penting dalam memilih software. Oleh karena itu, pastikan software UKM yang dipilih memiliki fitur keamanan yang kuat untuk menjaga keamanan data. Adapun beberapa fitur keamanan yang harus dimiliki, seperti enkripsi data, kontrol akses yang ketat, pencadangan data, dan pembaruan keamanan berkala. 

6. Evaluasi Biaya dan Nilai Tambah

Software UKM merupakan investasi jangka panjang untuk keberlanjutan bisnis Anda. Saat mengevaluasi biaya yang harus dikeluarkan, pertimbangkan nilai tambah yang ditawarkan oleh software tersebut. Ini termasuk peningkatan efisiensi, peningkatan penjualan, dan pengurangan biaya. Pastikan manfaat yang diperoleh sepadan dengan biaya yang dikeluarkan.

7. Baca Ulasan dan Referensi

Sebelum memilih software UKM, sebaiknya luangkan waktu untuk membaca ulasan dan referensi dari pengguna lain terlebih dahulu. Ini akan membantu Anda mendapatkan gambaran lebih tentang kinerja software, kelebihan dan kekurangannya, serta pengalaman pengguna lain. 

Baca Ulasan dan Referensi

Contoh Software UKM

Berikut adalah beberapa contoh software yang dapat membantu memenuhi kebutuhan manajemen dan operasional Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang sedang Anda kelola.

1. Easy Accounting System (EAS)

Easy Accounting System (EAS) merupakan salah satu software akuntansi yang telah hadir di pasar Indonesia sejak tahun 2009. Salah satu keunggulan EAS adalah adanya fitur Easy Branch yang bermanfaat bagi bisnis dengan banyak cabang. Pengguna dapat dengan mudah mengelola semua cabang bisnis dalam satu database guna meningkatkan kesatuan dan efisiensi operasional.

2. Kledo

Kledo adalah salah satu software UKM yang cocok untuk bisnis berskala kecil yang ingin transparan. Kledo hadir untuk memberikan solusi yang membuat bisnis kecil lebih mudah dikelola dan lebih siap bersaing di tingkat lokal maupun global. Kledo menyediakan beragam fitur yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis, seperti invoice, purchasing, manufaktur, pelaporan, HRIS (Human Resource Information System), dan payroll.

3. Zahir Accounting

Zahir Accounting adalah salah satu software akuntansi ternama yang banyak digunakan oleh para pelaku UKM maupun perusahaan yang lebih besar. Adapun salah satu fitur unggulan Zahir Accounting adalah fitur kontrol stok otomatis yang memudahkan Anda untuk mengelola persediaan barang dengan lebih efisien. Selain itu, dengan software ini, Anda juga dapat  mengelola invoice dengan cepat dan efektif.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Financial CRM Software yang Tepat

4. Sleekr

Sleekr adalah salah satu contoh aplikasi HRIS terbaik yang memungkinkan pengelolaan database, proses rekrutmen, hingga manajemen aset karyawan secara online dalam satu platform yang mudah diakses dan aman. Salah satu fitur unggulan Sleekr adalah proses rekrutmen yang lebih terkelola, mulai dari job listing, lamaran kerja, hingga CV kandidat. 

Banner SEO x CRO 2

5. Mekari Klikpajak

Mekari Klikpajak merupakan salah satu mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk aplikasi perpajakan. Selain memiliki aplikasi yang terintegrasi, Klikpajak juga memberikan jaminan keamanan data perpajakan dengan sertifikasi ISO 27001. Adapun salah satu fitur unggulan dari Mekari Klikpajak adalah kemampuan untuk melakukan perhitungan pajak secara otomatis. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung akses multi user dan multi NPWP. 

Sebagai penutup, mari fokus pada tips memilih software UKM. Mulai dari menentukan kebutuhan bisnis, mempertimbangkan fitur dan keunggulan yang dimiliki, hingga mengevaluasi nilai yang ditawarkan, software UKM dapat menjadi solusi cerdas untuk memastikan keberlanjutan bisnis Anda.

Selain memilih software berkualitas, Anda juga dapat menggunakan jasa digital marketing dari ToffeeDev untuk memastikan keberlanjutan bisnis. Di ToffeeDev, kami berkomitmen membantu berbagai macam industri, baik usaha kecil, menengah, maupun perusahaan besar dalam merancang strategi pemasaran untuk mengoptimalkan traffic hingga pendapatan bisnis.

Jadi, tunggu apalagi? Langsung hubungi ToffeeDev hari ini atau jadwalkan konsultasi sekarang!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top