Top 10 Reputation Management Tips Untuk Local Business
Januari 23, 2015
Untuk Design Website, Perlu Graphic Designer atau Web Designer?
Januari 26, 2015
Show all

Cara Iklan Di Google Untuk Meningkatkan Bisnis

Mesin pencari Google adalah tempat yang luar biasa untuk memasarkan bisnis anda. Lebih dari 90% pengguna internet di Indonesia menggunakan Google untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Bagaimana cara untuk beriklan di Google? Kita menggunakan alat periklanan yang di sediakan oleh Google yang di kenal dengan Google AdWords. Anda bisa langsung membuat akun ke http://adwords.google.com

google-ads-search

Dalam penggunaan AdWords, iklan anda akan tampil di bagian atas atau kanan dari hasil pencarian Google (Lihat gambar di atas).

Namun sebelum anda memasang iklan di Google, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dan mengerti:

Biaya Iklan

Google AdWords menggunakan biaya iklan yang di kenal sebagai Bayar-Per-Klik (BPK) atau Pay-Per-Click (PPC). Anda hanya membayar iklan saat seseorang klik iklan anda.

Selain itu, ada juga budget harian yang di mulai dari Rp 20,000-30,000 per hari. Dengan ini, biaya iklan anda tidak akan melebihi budget yang sudah di siapkan sebelumnya.

Penargetan

Anda secara bebas bisa memilih ingin menampilkan iklan untuk pencarian apa saja. Di sini anda disarankan untuk hanya tampil saat seseorang mencari informasi yang berhubungan dengan bisnis anda.

Apabila bisnis anda adalah ‘sewa mobil’, Anda tidak perlu menampilkan iklan anda saat seseorang mencari ‘beli handphone’.

Untuk mencari tahu apa saja yang di cari oleh target pelanggan anda, kita dapat menggunakan Google Keyword Planner

Tujuan Iklan

Kesalahan yang paling banyak saya temui saat seseorang beriklan melalui Google adalah mereka tidak mempunyai tujuan memasang iklan (dan akhirnya mengatakan bahwa iklan di Google tidak efektif dan membuang banyak uang).

Google telah menyediakan berbagai alat yang bisa di gunakan oleh para pemasang iklan untuk lebih mudah memonitor kinerja dari iklan berjalan. Beberapa yang bisa di ukur adalah penjualan, leads, pendaftaran newsletter, dsb.


 

Beriklan melalui Google adalah cara tercepat untuk berada di hadapan calon pelanggan anda. Hanya dibutuhkan 15 menit untuk berada di halaman pertama sejak akun anda di jalankan.

Namun dalam kecepatan ini, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dan pelajari sebelum memulainya.

Google AdWords adalah alat yang luar biasa kompleks. Alat ini di gunakan oleh perusahaan multi nasional hingga perusahaan mikro. Tidak ada perbedaan fitur dalam alat ini. Oleh karena itu, berkonsultasi dengan ahli merupakan cara terbaik dan tercepat sebelum anda mulai beriklan.

Ini adalah alasan kenapa harus menggunakan Google Partner.

Berita baiknya adalah, Google memberikan Voucher senilai Rp 450,000 bagi mereka yang ingin memulai. Anda bisa mendapatkannya disini

Ryan Kristomuljono
Ryan Kristomuljono
Internet Marketing & Website Consultant. Untuk membantu bisnis berkembang di dunia internet adalah tujuan saya dalam setiap meeting, conference, workshop, dsb. Get connected with me.

7 Comments

  1. fatkhur rohman berkata:

    bagaimana caranya mengiklankan di gogle
    menjadi nomor satu?

  2. Doni berkata:

    gan cara pasang iklan dengan gambar di adwords gimana ya? kok arahannya selalu iklan teks ya? mohon bantuannya ya

  3. Agus Irwanto berkata:

    Gan untuk beriklan di google adword apakah masih bisa secara manual, yaitu deposit terlebih dahulu jadi tanpa input credit card. Dan juka ingin menggunakan jasa SEO anda bagaimana prosedurenya

    • Ryan Kristomuljono berkata:

      AdWords masih bisa menggunakan transfer manual ke bank. Untuk jasa SEO, bisa menghubungi kami di contact Form.

  4. Agung Waskitho berkata:

    Minimal saldo untuk beriklan berapa gan? dan biasanya sampai berapa slot iklan yang terpasang di semua web.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *