Ketahui Cara Kerja CMS WordPress
Bagaimana Cara Kerja CMS WordPress?
Mei 4, 2020
Struktur Website Adalah
Mengetahui Struktur Website yang Baik
Mei 6, 2020
Show all

Mengetahui Cara Kerja CMS Joomla yang Berguna

Cara Kerja CMS Joomla

Cara Kerja CMS Joomla

Untuk bisa memiliki dan mengurus website pada hari ini bukanlah langkah yang susah. Ada satu inovasi teknologi yang sangat berarti untuk hal ini yaitu CMS (Content Management System). Dengan adanya CMS, maka dalam membuat dan mengurus website pun menjadi jauh lebih mudah. Inilah mengapa CMS sangat dibutuhkan. Saat ini terdapat beberapa CMS yang bisa digunakan. Salah satunya adalah Joomla. Sebenarnya bagaimana cara kerja CMS Joomla?

Sebagai sebuah CMS, tentu saja Joomla memiliki beragam kelebihan yang membuatnya menjadi salah satu CMS yang paling terkenal pada hari ini, seperti:

  • Joomla bisa mempermudah dalam melakukan update dari setiap halaman di dalam website dengan lebih mudah.
  • Joomla bisa mengatur weblink dengan mudah dan cepat.
  • Joomla bisa mengatur FAQ (Frequently Asked Questions) dengan cepat.
  • Joomla bisa membuat arsip untuk isi website dan juga bisa kembali memunculkannya ke dalam website.
  • Joomla bisa membagi user berdasarkan tingkat akses yang berbeda.
  • Joomla bisa juga mendukung file dengan format .doc, Excel, hingga PDF.

Selain itu, masih ada beragam keunggulana Joomla. Tentu saja demi bisa menggunakan Joomla, Anda juga harus tahu bagaimana cara kerja dari CMS yang awalnya diberikan nama Mambo ini. Untuk menjawab rasa penasaran Anda, inilah cara kerja CMS Joomla.

Cara Kerja CMS Joomla

Jadi bagaimana cara kerja dari Joomla? Untuk awalnya, Anda harus tahu apa saja elemen dasar dari Joomla. Ada tiga elemen dasar Joomla, yaitu Script PHP, Web Server, dan Database yang menggunakan MySQL. Untuk Script PHP, tentu saja berisi bahasa pemrograman PHP yang memiliki peran krusial. Kemudian Web Server menjadi yang menghubungkan dengan jaringan layanan website agar bisa online dengan sempurna. Perlu diketahui bahwa Joomla menggunakan Apache sebagai web server. Sedangkan Database menjadi pusat penyimpanan dari seluruh konten yang ada di dalam website tersebut.

Kemudian untuk cara kerja ketika ingin membuka halaman website sendiri juga sebenarnya mudah dan hampir sama dengan CMS lainnya. Pertama, pihak user atau pengguna akan melakukan permintaan untuk membuka halaman website  yang menggunakan CMS Joomla. Permintaan itu sudah pasti dalam bentuk URL di dalam browser.

Kemudian browser akan memberikan permintaan yang dilakukan kepada web server yang juga sudah terhubung dengan browser. Kemudian, dengan bantuan teknis bernama Query String, sistem script yang sudah terpasang akan melanjutkan permintaan untuk kepada Database. Pusat data itu akan mencarikan dan memberikan konten yang diminta lalu menampilkannya di dalam browser dalam bentuk halaman HTML.

Jadi, dengan rangkaian pekerjaan itu, akhirnya Anda bisa mendapatkan halaman website yang diperlukan. Mudah bukan mengenal cara kerja CMS Joomla? Sekarang Anda sudah mengenal bagaimana cara kerjanya dan apa saja keunggulannya.

Sebagai sebuah CMS, Joomla memang memiliki popularitas yang besar. Bisa disandingkan dengan WordPress dan Drupal juga. Inilah mengapa jika ketika ingin membuat website, Anda bisa memilih Joomla. Dengan informasi yang berlimpah tentang Joomla di dunia maya, Anda juga bisa lebih mudah dalam mengurus website yang dimiliki.

Baca Juga: Inilah Cara Meningkatkan SEO Joomla

Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Rinaldo Linville
Rinaldo Linville
An Optimizer who also deeply passionate in music. Oh, I also likes coffee!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *