Link Berbayar dalam SEO
Apakah Harus Memiliki Link Berbayar dalam SEO?
April 8, 2020
Breadcrumbs Adalah
Breadcrumbs Adalah Cara Meningkatkan Navigasi Website
April 8, 2020
Show all

Bagaimana Membuat Image Alt SEO yang Baik?

Cara Membuat Image Alt SEO

Cara Membuat Image Alt SEO

Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah strategi dalam digital marketing yang mampu menaikkan brand awareness serta penjualan dari suatu bisnis. Kunci utama dari SEO adalah melakukan optimasi website yang dimiliki. Tanpa adanya website, maka tidak mungkin bisa mendapatkan efek positif dari keberadaan SEO. Dalam optimasi website, ada berbagai macam hal yang harus dicek. Tidak hanya konten dalam bentuk tulisan atau artikel saja, tetapi juga gambar. Ya, gambar di dalam website bisa dioptimasi dengan menggunakan image alt SEO yang baik.

Pengertian image alt SEO yang sederhana adalah memasukkan keyword sebagai judul dari gambar tersebut. Keyword memang menjadi bagian penting dalam SEO. Tanpa keyword, maka tidak mungkin bisa melakukan optimasi SEO karena keyword yang mampu memunculkan website tersebut di mesin pencari Google.

Untuk bisa membuat hal ini yang baik, tentu saja ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Di bawah ini ada lima poin penting bagaimana membuat image alt SEO dengan tepat dan sesuai nilai-nilai SEO. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Harus bisa mendeskripsikan gambar

Poin penting pertama image alt SEO yang harus diketahui adalah harus bisa mendeskripsikan gambar dengan tepat dan jelas. Jangan sampai hanya berpaku kepada memasukkan keyword saja, tetapi akhirnya, gambar tersebut tidak jelas artinya apa. Para pembaca pun – khususnya di dalam artikel – akan merasa kebingungan ketika melihat judul dari gambar tersebut. Jadi, jangan lupa untuk mendeskripsikan gambar lewat judul secara jelas.

Jangan menggunakan kalimat “gambar tentang…”

Terkadang ada kesalahan amatir yang dilakukan oleh orang dalam melakukan optimasi image alt SEO. Salah satunya adalah menggunakan kalimat deskriptif “gambar tentang…” yang tentu saja terlihat tidak profesional. Cara seperti itu memang terhitung sebagai suatu kesalahan. Akhirnya yang muncul adalah judul gambar yang terlihat tidak profesional serta amatiran. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan seperti ini.

Maksimal 125 karakter

Image alt SEO  memiliki batasan dalam panjangnya yaitu maksimal 125 karakter. Jika lebih dari itu, maka judul gambar akan terlihat tidak elegan, terlalu panjang, dan tidak layak. Selain itu, dengan jumlah karakter yang sedikit, maka pembaca akan lebih mengerti apa maksud dari gambar tersebut. Maka dari itu, Anda harus membuat judul yang singkat, padat, dan jelas.

Masukkan keyword

Ya, untuk bisa dioptimasi dengan baik, tentu saja Anda harus memasukkan keyword  di dalam image alt tersebut. Jangan sampai melupakan langkah ini karena tanpa ada keyword  di dalamnya, gambar tersebut tidak mungkin bisa dioptimasi dan tidak akan muncul di peringkat atas mesin pencari Google khusus bagian Gambar.

Jangan masukkan keyword dalam semua gambar di halaman

Poin terakhir yang harus diingat adalah jangan memasukkan keyword ke dalam semua gambar di halaman website tersebut. Biasanya dalam artikel, tidak hanya ada satu gambar saja yang dimasukkan. Ada beberapa gambar lainnya untuk menunjang konten tersebut. Namun jika Anda memasukkan keyword di dalam semua gambar, maka dari segi estetika tidaklah bagus. Terkesan memaksakan. Pilih satu gambar yang menjadi gambar utama sesuai dengan isi artikel tersebut.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Image SEO Dengan Alt Text

Itulah cara membuat image alt SEO yang baik. Jangan lupa untuk memberikan komentar dan share artikel ini agar semakin banyak yang tahu informasi ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *