mendapatkan backlink
Kriteria Mendapatkan Backlink yang Berkualitas
Februari 19, 2020
building link
Kenali Link Building dalam SEO Dan Manfaatnya Untuk Anda
Februari 20, 2020
Show all

Cara Membuat Sitemap XML di WordPress

Sitemap XML

Sitemap XML

WordPress menjadi salah satu Content Management System (CMS) yang paling banyak digunakan pada saat ini. Untuk bisa membuat website yang teratur dengan sistem yang nyaman untuk digunakan oleh pemiliki website, memang WordPress masih menjadi yang terdepan. Website yang teratur ini sebenarnya bisa dioptimasi dengan baik jika membuat sitemap XML.

Sitemap XML adalah daftar halaman di dalam sebuah website yang bisa diakses oleh para pengguna internet, termasuk untuk mesin pencari ataupun manusia sendiri. Sitemap XML juga menjadi satu penanda atau satu daftar yang dibuat oleh pemilik website untuk memberi tahu mesin pencari untuk setiap halaman yang ada di dalam website. Dengan begitu dari segi kerapihan website bisa menjadi lebih baik.

Selain itu, fitur ini juga bisa membantu mesin pencari agar tahu mana saja halaman yang lebih penting dan melihat seberapa sering website tersebut diperbarui dari segi konten. Untuk Sitemap sendiri, ada juga di dalam WordPress. Tapi tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara membuat Sitemap XML di WordPress.

Bagi yang ingin tahu tentang cara ini, simak penjelasan di bawah ini.

Gunakan Plugin Yoast SEO

Untuk membuat Sitemap XML di WordPress, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh Anda. Namun karena salah satu strategi yang harus dijalankan dalam melakukan optimasi yaitu SEO menjadi penting pada saat ini, maka gunakan plugin Yoast SEO. Ya, Yoast SEO tidak hanya berguna untuk melakukan optimasi saja, tetapi juga bisa digunakan untuk membuat sitemap dari website Anda. Mengapa menggunakan Yoast? Salah satu alasannya adalah banyaknya fitur SEO yang ada di dalam plugin ini.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat Sitemap XML adalah meng-install plugin SEO by Yoast di dalam WordPress. Jika memang Anda sudah melakukan instalasi atau sudah menggunakan Yoast sebelumnya, sebenarnya untuk membuat sitemap tidaklah bisa dilakukan secara otomatis atau default. Perlu pengaturan lebih dalam agar fitur ini bisa digunakan.

Cara aktivasinya pun mudah. Anda tinggal masuk ke dalam dashboard WordPress, kemudian pilih menu SEO > XML Sitemap yang ada di sidebar sebelah kiri. Di dalam menu tersebut, akan ada tulisan Check this box to enable XML sitemap functionality. Berikan centang di box yang tersedia untuk melakukan aktivasi Sitemap XML.

Baca Juga: Sitemap: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Jika sudah melakukan langkah itu, maka Anda telah sukses melakukan aktivasi Sitemap XML. Jangan lupa untuk menyimpan pengaturan yang baru dilakukan. Plugin Yoast secara otomatis akan membuat hal ini serta sudah bisa diakses oleh semua orang. Bagaimana caranya mengakses Sitemap dari website Anda ataupun website lainnya? Anda tinggal menambahkan tulisan sitemap_index.xml di bagian belakang domain atau URL. Secara otomatis, Anda akan dibawa ke halaman Sitemap sehingga bisa mendapatkan setiap halaman yang ada di dalam website tersebut tanpa perlu kebingungan untuk mengumpulkannya.

Itulah cara membuat Sitemap XML di WordPress yang bisa Anda lakukan saat ini juga. Dari segi SEO, langkah ini memang harus dilakukan agar bisa mendapatkan optimasi yang lebih baik berkat crawling yang dilakukan mesin pencari Google. Jika memang Anda berminat untuk menggunakannya, segera buka WordPress milik Anda dan rasakan manfaatnya. Semoga informasi tentang Sitemap ini berguna untuk Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar dan share artikel ini agar bisa semakin banyak orang yang tahu tentang teknologi ini.

 

Muhamad Habiburachman
Muhamad Habiburachman
Interest New Things About Social Media and SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *