Manfaat Aplikasi TikTok
Ketahui Manfaat Aplikasi TikTok untuk 3 Hal Ini
Maret 23, 2020
Content Injection Attack Anda Harus Hati Hati Akan Hal Ini
Content Injection Attack, Anda Harus Hati-Hati Akan Hal Ini
Maret 23, 2020
Show all

Penggunaan CMS yang Akan Menguntungkan Bisnis Anda

Penggunaan CMS Untuk Bisnis

Penggunaan CMS Untuk Bisnis

Website adalah salah satu tool atau media promosi yang sangat efektif untuk digunakan pada zaman ini. Dengan website, Anda dapat membangun online presence yang bisa membantu promosi bisnis Anda.

Dahulu, untuk membuat website Anda akan membutuhkan keahlian yang expert dalam scripting pemrograman. Tapi, saat ini hampir semua orang bisa membuat website sederhana, hanya dengan penggunaan CMS yang baik.

CMS akan membantu orang – orang untuk membuat website tanpa harus berurusan dengan script terlalu banyak. Fungsi – fungsi dan fitur dasar akan bisa langsung digunakan ketika menginstall CMS. hal yang perlu Anda perhatikan adalah layout, warna, menambahkan konten, serta SEO nya.

Fitur – fitur tambahan bisa Anda dapatkan hanya dengan menginstall plugin – plugin yang sudah tersedia banyak. Bagi Anda yang masih merasa bingung dengan proses pembuatan website dengan CMS, akan ada template yang tersedia dan bisa Anda gunakan dengan gampang. 

Fungsi CMS

Salah satu fungsi CMS adalah memudahkan proses pembuatan website tanpa mengenal script pemrograman yang detail. Para pemula pun tidak akan menemui kesulitan ketika menggunakan CMS. Pengguna hanya cukup mendaftar, lalu menginstal CMS, dan kemudian mengatur tampilan dengan fitur themes/template berikut extension/plugin yang bisa Anda tambahkan.

Jenis – Jenis CMS

Sebelum mengetahui penggunaan CMS yang baik, Anda harus tahu bahwa CMS memiliki 2 jenis, masing – masing memiliki hal yang membuatnya berbeda. Dua jenis CMS tersebut adalah CMS Hosted dan CMS Self-Hosted.

 

  • CMS Hosted

 

Seluruh file Anda akan disimpan di dalam server dari penyedia CMS, sehingga Anda tidak akan memiliki akses server penyimpanannya. Anda hanya akan bisa mengelola CMS melalui backend atau administrator.

 

  • CMS Self-Hosted

 

Seluruh file CMS yang digunakan akan disimpan di dalam server hosting yang Anda miliki. Kelebihan utama dari jenis ini adalah Anda memiliki hak akses penuh ke seluruh file CMS bersangkutan sehingga dapat memodifikasi script sesuai kebutuhan. Kekurangannya, Anda perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk menyewa server hosting serta mengelolanya sendiri.

Penggunaan CMS yang Baik

Bila Anda ingin menggunakan CMS sebagai sebuah platform website Anda, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, seperti:

 

  • Pilihlah CMS yang sesuai dengan Tujuan Anda

 

Tersedia berbagai pilihan CMS yang memiliki fungsi yang berbeda – beda juga. Mulai dari:

  • CMS yang multipurpose seperti WordPress, 
  • CMS e-Commerce seperti PrestaShop atau Magento, 
  • CMS e-Learning seperti Moodle, 
  • CMS Forum seperti vBulletin, atau
  • CMS Ticket System seperti OS Ticket

Tentukan CMS pilihan Anda sesuai dengan tujuan dari website yang ingin Anda buat, jangan sampai Anda salah memilih CMS.

 

  • Tentukan Desain Website Anda

 

Selanjutnya, Anda bisa membuat desain website Anda. Bisa Anda lakukan secara custom ataupun dengan memilih template yang tersedia. Untuk custom akan dibutuhkan effort yang lebih serta biaya yang tidak bisa dibilang murah.

Baca Juga: Cara Menggunakan CMS Untuk Pemula

Buatlah desain yang akan mempresentasikan perusahaan atau bisnis Anda, karena hal ini akan membantu branding dari bisnis Anda.

 

  • Install Plugin yang Bisa Membantu Website Anda

 

Pasanglah plugin yang bisa membantu website Anda. Pilihlah plugin yang sesuai dengan fungsi yang Anda butuhkan, jangan sampai plugin – plugin Anda mengganggu jalanya website, seperti mengganggu UI dan UX website Anda.

Kesimpulan

Penggunaan CMS akan bisa membantu Anda untuk membuat website yang baik, terutama jika Anda seorang pemula. CMS akan menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *