Langkah Langkah Memulai Bisnis di Masa Krisis
Langkah-Langkah Memulai Bisnis di Masa Krisis
Mei 27, 2020
Jenis jenis Plagiarisme
Jenis-jenis Plagiarisme yang Sering Dilakukan
Mei 28, 2020
Show all

Bagaimana Cara Mengasah Kemampuan Menulis?

Cara Mengasah Kemampuan Menulis

Cara Mengasah Kemampuan Menulis

Aktivitas menulis cukup digandrungi oleh banyak orang. Mau usia muda ataupun tua, menulis bisa menjadi medium yang bagus untuk mencurahkan pemikiran atau opini dalam suatu peristiwa. Selain itu, kreativitas yang ingin ditumpahkan dalam bentuk karya, biasanya jauh lebih mudah dilakukan dalam bentuk tulisan. Namun tidak semua orang mampu menghasilkan tulisan yang menarik. Mereka masih perlu mengasah kemampuan menulis yang dimiliki. Tapi bagaimana caranya?

Sebenarnya menulis itu sering dipandang sebagai hal yang mudah. Mengapa ada anggapan seperti itu? Alasan utamanya adalah semua orang sudah mengenal cara menulis dari kecil. Namun tidak semuanya bisa kreativitas yang mencukupi untuk bisa tulisan yang bagus. Tentunya perlu diasah terus agar kemampuan tersebut menjadi semakin tajam.

Supaya bisa menghasilkan tulisan-tulisan yang layak dan enak dibaca, inilah beberapa cara mengasah kemampuan menulis yang bisa Anda praktikkan sejak dini.

Banyak Membaca

Cara pertama dalam mengasah kemampuan menulis adalah banyak membaca. Mungkin Anda berpikir bahwa terus latihan menulis adalah caranya. Ya, cara itu memang tetap harus dilakukan. Namun untuk bisa tahu bagaimana cara menulis yang menarik dan layak dibaca oleh banyak orang, maka Anda harus sering banyak membaca.

Jenis bacaan yang bisa dipilih pun terserah preferensi Anda. Mau media cetak, media online, atau buku novel, semuanya sama saja. Tapi agar bisa lebih mengasah kesadaran Anda perihal bagaimana membuat tulisan yang menarik, maka buku novel dan media cetak seperti majalah lebih direkomendasikan.

Cobalah Sering Menulis

Setelah Anda sudah sering membaca dan menemukan inspirasi dalam menulis, maka sekarang saatnya masuk ke dalam sisi praktik. Cobalah sering menulis sejak dini. Lakukan aktivitas ini setiap harinya, kalau memang diperlukan. Untungnya, sekarang Anda sudah hidup di zaman modern. Cukup banyak media yang bisa dijadikan tempat untuk menulis dan bisa dibaca oleh banyak orang. Sebut saja Wattpad, Medium, ataupun WordPress. Membuat blog sendiri juga bisa menjadi langkah yang patut dipertimbangkan untuk dilakukan.

Gunakan EYD

Di dalam proses menulis, biasanya ada gaya penulisan yang ingin dipakai untuk satu tulisan tersebut. Supaya terlihat lebih meyakinkan dan rapi, sebaiknya Anda menggunakan EYD saja. Memang, tulisan dengan pemilihan kata-kata gaul atau slang juga boleh dipakai. Namun untuk mendapatkan pondasi yang bagus dalam kemampuan menulis, maka penggunaan EYD menjadi satu hal yang wajib. Tulisan dengan EYD juga pasti terlihat lebih rapi, profesional, dan enak dibaca.

Lakukan Evaluasi Hasil Tulisan

Jika Anda sudah menghasilkan beberapa tulisan, maka Anda bisa meminta orang lain melakukan evaluasi. Orang-orang tersebut bisa dari kerabat terdekat Anda. Coba minta kritik dan saran dari mereka. Apakah ada yang masih kurang? Apakah masih ada yang tidak jelas dari sisi alur tulisan? Apakah ada yang harus diperbaiki? Dari barisan pertanyaan yang dilontarkan, maka hasil koreksi yang diberikan bisa membantu Anda memperbaiki kualitas tulisan pada waktu mendatang. Kritik dan saran memang perlu di dalam membuat Anda menjadi jago dalam menulis karya.

Baca Juga: Barisan Rekomendasi Aplikasi Untuk Menulis Online

Itulah barisan cara mengasah kemampuan menulis yang cukup bisa menjadi langkah dasar demi bisa menghasilkan karya yang bagus dan menarik. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *