Mengenal Berbagai Jenis-Jenis Hosting
Mei 21, 2019
Cari Mencari Backlink Dengan Mudah
Mei 28, 2019
Show all

Google Ads vs Facebook Ads – Mana yang harus kita pilih?

Oke selamat pagi semuanya, selamat datang di Toffee #sharingmonday kali ini bersama saya Dinan dan kali ini saya ingin bahas mengenai Facebook Ads dan Google Ads. Keduanya merupakan platform yang terbaik saat ini untuk beriklan. Cuma kalau kita harus memilih salah satu, mana yang harus dipilih? Sebelum menjawab itu, kita harus bahas sedikit perbedaan keduanya.

Di Google, kita menargetkan orang-orang berdasarkan apa yang mereka inginkan. Keyword yang orang masukkan itu mendeskripsikan apa yang mereka inginkan. So kalau misal kita mengiklankan produk misal kecantikan wajah, kita bisa bilang Google, tolong targetkan iklan saya ke orang yang sedang mencari produk kecantikan kulit.

Untuk di Facebook, metode seperti itu tidak bisa dilakukan. Kenapa? Facebook tidak tahu apa yang usernya inginkan. Facebook, tolong targetkan iklan saya ke orang yang mencari produk kecantikan kulit. Di Facebook targetingnya tidak seperti itu. Yang Facebook tahu hanya 3 hal: demography, interest, dan behavior. Jadi saat kita ingin beriklan di Facebook, yang bisa kita lakukan adalah minta ke Facebook tolong targetkan iklan kita misal produk kecantikan kulit, targetkan ke wanita usia sekian dari sekian yang tertarik dengan kecantikan kulit misalnya.

Dari perbedaan tersebut, kita bisa menentukan mana yang harus kita pilih, Google Ad atau Facebook Ad berdasarkan goal kita. Kalau penjualan, Google Ad lebih efektif untuk digunakan. Kita bisa menargetkan penjualan kita ke orang-orang yang memang ada rasa ingin membeli produk tersebut. Apabila kita menjual produk ke orang yang ingin membeli, itu kemungkinan terjadi penjualan lebih besar ketimbang di Facebook.

Di Facebook sendiri kita tidak bisa kaya langsung oke saya ingin membuat orang-orang di Facebook beli produk saya, saya buat iklan produk kecantikan terbaik, orang beli sekarang. Itu agak kurang efektif di Facebook. Kenapa? Orang-orang yang membuka Facebook tidak ada keinginan membeli produk tertentu. Orang membuka Facebook ingin berinteraksi dengan teman-teman atau melihat gambar dan video menarik. Apabila kita menjual produk kita ke orang-orang tersebut, kemungkinan besar mereka tidak tertarik.

Jadi kapan waktu yang tepat untuk menggunakan Facebook Ad untuk beriklan? Saat kita ingin membentuk awareness. Kenapa? Dengan Facebook kita bisa menargetkan audience. Misal kita punya produk kecantikan kulit yang belum dikenal orang, kita bisa meminta Facebook tolong perkenalkan produk kita ke perempuan usia sekian dan suka produk kecantikan kulit.

Satu hal lagi kapan kita harus menggunakan Facebook adalah saat ingin mencari prospek baru. Misalkan contoh kasus produk kecantikan kulit kita bisa buat konten yang mengedukasi misal tips kecantikan kulit untuk wanita. Kita membuat itu sebagai lead magnet kita iklanin di Facebook, arahkan ke landing page dan tawarkan minta orang untuk memasukkan data diri mereka email dan nama, Anda bisa melakukan email marketing, edukasi mereka, kenapa produk Anda dibutuhkan mereka, apa kelebihan produk Anda, setelah mereka kenal, baru Anda jual produk tersebut.

Jadi kesimpulannya Google Ad lebih efektif saat Anda ingin menjual sesuatu. Sedangkan Facebook Ad itu lebih efektif ketika Anda ingin membentuk awareness atau prospek baru. Untuk penjualan, Facebook tidak begitu efektif karena menjual pada orang yang belum ada keinginan untuk membeli suatu produk atau jasa. Mungkin itu dari saya pagi ini semoga bermanfaat, dan sampai jumpa lagi di Toffee #sharingmonday.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *