SEO Conference 2019 - Ryan Kristomuljono (CEO ToffeeDev)
SEO Conference 2019 Pertama di Indonesia Sukses Dilaksanakan
Maret 15, 2019
Code Playground, Apa itu?
Maret 29, 2019
Show all

Google Ads vs SEO: Mana yang Harus Dilakukan Lebih Dahulu

Hari ini kita akan bahas topik yang mungkin saat ini banyak ditanyakan oleh orang-orang yang baru menjalani usaha atau baru mempunyai website untuk mengiklankan bisnis mereka di dunia online.

Kalau untuk Google Ads dan SEO, mana sih yang kira-kira harus kita lakukan lebih dulu? Pertanyaan itu sering ditanyakan oleh kebanyakan orang yang memang mau melakukan digital marketing.

Untuk menentukan hal tersebut, sebelumnya mari kita ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kelemahan dari Google Ads dan SEO:

 

Kelebihan dan Kelemahan Google Ads

Kelebihan yang paling mencolok untuk Google Ads sendiri dibandingkan dengan SEO adalah waktu muncul iklannya yang relatif relatif instant.

Jadi, asal kita sudah setting, sudah masukkan keyword, dan keyword- keyword tersebut sudah di approve oleh google, maka dalam hitungan jam bahkan mungkin hitungan menit iklan tersebut sudah bisa langsung di publish.

Dan untuk demografinya sendiri, untuk Google Ads sendiri memang bisa lebih diatur. Misalkan iklan kita mau muncul di Jakarta saja atau misalkan mau muncul di kota-kota tertentu saja, itu semua bisa diatur oleh settingan Google Ads tersebut.

Namun, perlu dipertimbangkan juga untuk Google Ads juga memiliki kelemahan antara lain kalau memang misalkan budget iklannya tersebut sudah habis maka iklan  tersebut akan ditarik.

Dan satu kelemahan yang mungkin yang membuat orang-orang lebih prefer untuk melakukan SEO dibanding Google Ads adalah untuk SEO rata-rata orang lebih percaya ketimbang mereka memasang iklan, seperti itu.

 

Kelebihan dan Kelemahan SEO

SEO sendiri kalau untuk digital marketing sebetulnya cukup bagus, cuma anda harus mempersiapkan waktu yang cukup lama untuk melakukan SEO tersebut, karena untuk SEO sendiri waktu yang dibutuhkan untuk mengoptimalisasi website terutama apabila anda mempunyai website baru, itu relatif lebih lambat.

Keyword-keyword yang dipilih pun juga tidak sebanyak Google Ads.

Kalau Google Ads memang bisa memasukkan banyak keyword sekaligus yang langsung muncul kalau misalkan iklan-iklannya selesai setting.

Kalau SEO, keywords tersebut akan ditampilkan secara bertahap yang perlu dioptimasi.

Kalau misalkan anda memerlukan banyak keyword  mungkin pilih dulu tiga atau lima keyword yang akan dioptimasi duluan, karena SEO sendiri mungkin menurut data, baru akan tampil hasilnya itu kurang lebih sekitar 6 bulan setelah dilakukan optimasi, seperti itu.

Tapi kembali lagi SEO punya keunggulan tersendiri dimana kalau misalkan website kita sudah melakukan SEO, selama SEO itu dilakukan dengan benar dan sesuai dengan kaidah google dan tidak ada perubahan yang signifikan dari algoritma google, maka hasilnya akan cenderung lebih lama untuk bertahan di halaman satu.

Kembali lagi maka dipertimbangkan kira-kira budget anda untuk melakukan iklan itu berapa, karena budget itu sebetulnya menentukan sekali.

Kalau misalkan anda tidak punya budget, SEO memang cenderung free, kalau misalkan anda melakukannya sendiri. Hanya saja SEO perlu skill techincal yang harus dipelajari terlebih dahulu, sih.

Kalau Google Ads memang lebih gampang, tinggal setting, setting, setting, taruh budget di google, maka iklannya akan tampil sesegera mungkin setelah iklan itu di-approve oleh google.

 

Google Ads vs SEO

Kembali lagi ke awal, kalau misalkan anda baru mulai usaha di dunia online, Google Ads Atau SEO mana yang mungkin lebih diutamakan?

Kalau menurut kami adalah idealnya kedua-duanya harus dilakukan sekaligus, jadi Google Ads tersebut akan menjadi booster selama SEO itu masih dalam proses pengerjaan.

Setelah misalkan hasil dari penggunaan jasa SEO yang dilakukan itu udah mulai menunjukkan hasil, maka untuk iklan reguler tersebut budgetnya boleh dikurangi, kalau bisa jangan diberhentikan karena Google Ads punya keunggulan yang salah satu keunggulan Google Ads itu kalau misalkan anda melakukan Google Ads maka iklan tersebut bisa ditampilkan di semua website yang memiliki Google adSense melalui GDN atau Remarketing, seperti itu. Kalau SEO hanya di Google Search saja.

Jadi kesimpulannya kalau misalkan ditanya kepada kami, idealnya kedua-duanya harus dilakukan bersamaan.

Tapi, kalau misalkan harus memilih salah satu, kembali lagi kalau misalkan anda tidak mempunyai waktu untuk mendapatkan visitor, mendapatkan revenue, mungkin bisa dimulai dulu dengan Google Ads, dimana iklan tersebut akan tampil secara instant setelah di setting.

Itu saja dari saya hari ini, kalau misalkan memang ada preferensi lain dari kalian, atau ada saran, ada komen, silahkan tulis komen di bawah ini.

Sampai jumpa di topik Sharing Monday berikutnya. Selamat Pagi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *