Memahami Apa Itu Long Tail Keyword
Memahami Apa Itu Long Tail Keyword
Februari 11, 2020
Apa itu FAQ Bagaimana Anda Memanfaatkannya
Apa itu FAQ & Bagaimana Anda Memanfaatkannya?
Februari 12, 2020
Show all

Google BERT: Algoritma Google Untuk Memahami Bahasa

Google BERT Algoritma Google Untuk Memahami Bahasa

Google BERT Algoritma Google Untuk Memahami Bahasa

Google BERT merupakan perubahan terbesar yang dilakukan oleh Google  terhadap sistem pencarian mereka semenjak diperkenalkannya RankBrain. Perubahan ini akan memberikan dampak yang cukup signifikan tentang bagaimana sebuah query mendapatkan ranking.

Lalu apa sebenarnya BERT itu?

BERT

BERT adalah sebuah neural network-based technique yang dibuat oleh Google untuk pre-training dari natural language processing (NLP). BERT sendiri memiliki arti yaitu Bidirectional Encoder Representations from Transformers.

BERT akan membantu komputer untuk memahami bahasa lebih mirip seperti bagaimana manusia memahami bahasa. Seperti memahami nuansa dan konteks dari sebuah kata pada pencarian serta mencocokan query dengan hasil pencarian yang lebih cocok. Featured snippet juga akan dipengaruhi oleh BERT.

Dengan basis machine learning, teknologi ini memungkinkan pengguna untuk melatih Google Search dalam memahami bahasa. Oleh karena itu, semakin banyak digunakan, kemampuan mesin pencari untuk memahami konteks pencarian pengguna akan semakin baik.

Dengan dirilisnya BERT ini, bukan berarti RankBrain dilupakan begitu saja. RankBrain merupakan artificial intelligence pertama yang digunakan oleh Google untuk memahami query serta konten dari sebuah web pages. BERT bukanlah pengganti dari RankBrain, melainkan sebuah metode tambahan untuk memahami konten dan query, RankBrain akan tetap digunakan untuk memahami query.

Efek dari BERT

Seperti yang sudah disebutkan, BERT akan berguna untuk memahami maksud serta konteks dari sebuah query atau kata-kata yang digunakan dalam mesin pencari. Sehingga kedepannya, Google akan lebih mudah memahami maksud dari sebuah pencarian.

Bert juga akan menolong mesin pencari mengenai pencarian yang ambiguitas, terutama dengan kata-kata yang bisa memiliki banyak makna. Voice search juga akan terkena dampak yang signifikan dengan diperkenalkannya BERT ini.

BERT juga memiliki kemampuan mono-linguistik ke multi-linguistik, karena akan ada banyak pola dalam satu bahasa yang dapat diterjemahkan ke bahasa lain. Sehingga akan ada kemungkinan untuk mentransfer hasil dari pembelajaran ini ke berbagai bahasa meskipun tidak sepenuhnya memahami bahasa itu sendiri, dan tentu saja akan berdampak pada International SEO.

Baca Juga: Canonical URL Google Berdasarkan Situs dan User Preference

Bagaimana Caranya Mengoptimasi BERT?

Pada dasarnya, optimasi khusus untuk BERT tidak memungkinkan. Dulu, Google sendiri pernah menyampaikan statement bahwa SEO tidak terlalu bisa mengoptimasi RankBrain. Fungsi dari kedua update ini adalah untuk membuat mesin pencari Google semakin paham mengenai bahasa.

Oleh karena, satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat konten dengan menjadikan pembaca Anda prioritas, buatlah konten untuk mereka, bukan untuk mesin. Ini adalah usaha dari Google untuk lebih memahami query dan mencocokannya dengan hasil yang relevan.

Haruskah Kita Peduli?

Update ini akan mempengaruhi 10% dari total seluruh query yang ada. Ini adalah sebuah perubahan besar, dan tentu Anda harus peduli terhadap perubahan ini. Ini akan merubah bagaimana konten dan website Anda akan ditemukan melalui pencarian di mesin pencari Google.

Yang paling utama dari update BERT ini adalah bahwa Google, semakin dekat untuk memahami bahasa pada tingkat manusia. Untuk ranking, akan berarti bahwa hasil pencarian akan menyajikan hasil yang lebih sesuai dengan query atau pertanyaan yang ditulis pengguna, dan ini tentu saja hal yang positif.

Dan jangan lupa untuk membuat konten yang ditujukan kepada manusia, bukan mesin.

Bagaimana pendapat Anda mengenai ? Apakah Anda memiliki pendapat yang berbeda? Silahkan bagikan pada kolom komentar dan jangan lupa untuk di-share ya

Habiburachman
Habiburachman
Digital Marketing - Providing best practice to your business

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *