Mengapa Project Management Penting
Mengapa Project Management Penting Pada Hari Ini?
Mei 13, 2020
Kenapa Bisnis Harus Beretika
Kenapa Bisnis Harus Beretika dan Bermartabat?
Mei 13, 2020
Show all

Google Broad Core Update Algorithma di Mei 2020

Google Broad Core Update Algorithma di Mei 2020

Sebagai search engine yang paling digunakan pada saat ini, perubahan algoritma di dalam Google selalu membawa pengaruh besar. Apalagi ketika strategi SEO (Search Engine Optimization) menjadi semakin banyak dilakukan oleh beragam website, khususnya website bisnis. Itu pula yang terjadi dalam update algoritma Google pada bulan Mei 2020.

Ya, walaupun sempat terdengar kabar bahwa Google akan menunda proses update algoritma karena sedang ada pandemi COVID-19, ternyata tetap dilakukan. Bahkan sudah dilakukan saat artikel ini ditulis. Hal itu telah dinyatakan Google via akun Twitter resmi mereka, @searchliaison:

Google Broad Core Update Algorithma: Mei 2020

Tweet dari Google SearchLiaison (@searchliaison)

Dengan update algoritma yang dilakukan Google, banyak sekali website yang mengalami penurunan peringkat. Dari yang awalnya berada di halaman pertama Google Search Engine, bisa turun hingga ke halaman kedua. Memang banyak yang merasakan kerugian dari update algoritma Google ini. Apalagi di tengah pandemi. Ketika banyak bisnis yang membutuhkan dukungan lebih besar dari hasil pencarian di dalam search engine, mereka dihantam dengan hal ini.

Baca juga: What webmasters should know about Google’s core updates

Google Broad Core Update di Mei 2020

Google sendiri memang seakan tidak memperdulikan kondisi saat ini dan tetap menjalankan semuanya berdasarkan timeline yang sudah dibuat. Mau tidak mau, para optimizer SEO harus menerima keputusan Google. Pertanyaan selanjutnya adalah apa saja yang harus diperbaiki?

Tidak Ada yang Perlu Diperbaiki

Google telah memberikan pernyataan bahwa tidak ada yang perlu diperbaiki dari sisi website. Google tahu bahwa banyak website yang mengalami penurunan peringkat di search engine. Namun mereka memberikan pernyataan bahwa tidak ada yang perlu diperbaiki.

“Kami tahu banyak website  yang mengalami penurunan akan mencari jalan keluar, dan kami ingin memastikan mereka tidak perlu mencoba untuk memperbaiki hal-hal yang salah. Selain itu, mungkin tidak ada apapun yang perlu diperbaiki. Tidak ada yang salah dengan halaman yang mungkin memiliki kinerja kurang baik dalam update core ini,” jelas Google.

Baca juga: Panduan SEO untuk Anda yang Baru Mengenal SEO

Namun Google juga tidak ingin para optimizer SEO merasa bingung. Google menambahkan bahwa ini semua berhubungan dengan update konten ke arah yang lebih baru dan relevan. “Salah satu cara untuk memikirkan cara kerja update core ini adalah membayangkan Anda membuat daftar 100 film teratas pada tahun 2015. Beberapa tahun kemudian pada tahun 2019, Anda memperbarui daftar. Ini akan berubah secara alami.”

“Beberapa film baru dan keren yang tidak pernah ada sebelumnya sekarang akan menjadi kandidat untuk masuk ke dalam daftar tersebut. Anda mungkin juga menilai kembali beberapa film dan menyadari bahwa mereka layak mendapat tempat yang lebih tinggi dalam daftar tersebut dibandingkan sebelumnya. Daftar tersebut akan berubah dan film-film yang sebelumnya posisinya lebih tinggi pada daftar akan turun ke bawah, tapi bukan berarti film tersebut buruk. Ada lebih banyak film yang lebih layak yang hadir sebelum film tersebut,“ tulis Google.

Perlakukan Konten dengan Lebih Baik

Inti dari update Google ini adalah lebih baik dalam memperlakukan konten yang dimiliki. Google ingin membuat Anda melihat konten yang dibuat lebih dalam. Apakah konten tersebut sudah memiliki isi yang original? Apakah tersebut sudah lengkap dari sisi penjelasan? Apakah konten tersebut menyimpan informasi yang menarik? Apakah konten tersebut layak untuk dibagikan kepada kerabat?

Baca juga: Fenomena SEO: Disaat Konten Bersaing Dengan Title

Dari beberapa pertanyaan di atas, maka Google ingin konten yang nantinya akan dibuat memiliki value dan isi yang lebih besar lagi. Jangan sampai hanya untuk mengejar peringkat pertama di search engine saja. Tetapi ketika pengunjung website masuk ke dalam untuk membaca konten tersebut, mereka bisa mendapatkan pencerahan dan informasi menarik.

Jane Mitha
Jane Mitha
SEO Specialist Toffeedev | Crafting your online experiences!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *