6 Hal yang Bisa Meyakinkan Atasan Untuk Mengirim Anda ke SEOCON 2020
November 1, 2019
Perkuat WordPress Login Security Anda dengan 5 Aturan Ini
November 7, 2019
Show all

Jika Anda Menggunakan Backlink, Apakah itu Termasuk White-Hat atau Black-Hat?

WHITE HAT VS BLACK HAT TEXT WORD CLOUD CONCEPT

White-hat dan Black-hat adalah dua istilah yang digunakan untuk membedakan jenis strategi dalam SEO. White-hat digunakan untuk strategi yang dilakukan dengan etika yang baik, sedangkan black-hat adalah strategi yang seakan-akan memaksa search engine untuk melihat dan meningkatkan peringkat anda.

Strategi White-hat

Strategi dengan resiko yang terbilang rendah, dan biasanya sesuai dengan aturan dari Google serta Bing. Dengan strategi white-hat maka kemungkinan anda untuk mendapat masalah sangat kecil. 

Beberapa contoh dari strategi white-hat adalah:

  • Membuat konten yang unik, bermanfaat, dan juga berkualitas.
  • Membentuk komunitas yang saling berinteraksi dengan website anda.
  • Mempromosikan website kepada khalayak yang ingin anda tuju.

Keuntungan yang terbaik dari strategi white-hat ini adalah anda tidak perlu khawatir untuk mendapat penalti dari Google, entah itu secara otomatis maupun manual.

Bila anda memiliki pengguna yang nyata maka strategi ini sangat cocok untuk membangun hubungan yang baik dan aset untuk waktu yang sangat panjang.

Namun strategi ini juga punya kelemahan, yaitu anda harus berfokus pada goal jangka panjang yang artinya anda akan banyak menghabiskan waktu untuk membangun jalan menuju tujuan jangka panjang anda.

Strategi ini membutuhkan waktu yang lama untuk menghasilkan efek yang besar untuk trafik dan pendapatan anda.

Strategi Black-Hat

Strategi secara jelas melanggar aturan dari search engine. Teknik ini berusaha untuk mencari celah dalam loophole yang berguna untuk menaikan ranking sebuah website.

Beberapa contoh strategi black-hat adalah:

  • Cloaking- menunjukan konten yang berbeda kepada search engine, berbeda dari apa yang dilihat user
  • Memasukan hidden links ke website yang bukan milik anda dengan memanfaatkan kelemahan dalam sistem security
  • Hidden text dalam halaman yang hanya dilihat oleh search engine, bukan user. Penuh dengan keyword yang anda inginkan untuk mendapat ranking

Strategi ini tidak berguna untuk jangka panjang, karena search engine selalu berusaha untuk menghentikannya. Oleh karena itu ranking anda akan drop dalam semalam.

Apakah Backlink itu White-hat atau Black-hat?

Seperti yang kita ketahui backlink adalah sinyal untuk search engine yang akan memberikan jaminan bahwa konten anda adalah konten yang bagus dan relevan. 

Semakin banyak situs yang menautkan link ke situs anda, maka search engine akan menilai situs anda menempati posisi pertama di SERP Google.

Menghasilkan backlink adalah bagian penting dari Off-site SEO, proses untuk mendapatkan link ini disebut dengan Link building.

Link building merupakan proses yang cukup sulit, terlebih lagi jika anda baru memulai untuk membangun reputasi anda.

Untuk meloncati proses ini banyak yang melakukan praktik jual beli link.

Dan praktik ini jelas-jelas ditentang dalam Google’s Webmaster Guidelines

Google sangat peduli akan hal ini, karena proses jual beli ini akan merubah bagaimana hasil pencarian muncul di SERP. Google ingin tiap perusahaan untuk memiliki performa yang baik di SERP karena mereka pantas untuk mendapat ranking, bukan karena mereka memiliki uang yang banyak.

 Untuk menjawab pertanyaan diatas mengenai apakah backlink itu strategi White-hat atau Black-hat maka semuanya tergantung dari bagaimana cara anda melakukan proses link building.

Jika anda menggunakan proses yang meembangun konten dari awal dengan insight yang menarik serta relevan, maka ada kemungkinan situs-situs lain akan menautkan link anda ke konten mereka.

Dan proses ini bebas dari resiko untuk mendapat penalti dari Google.

Sedangkan jika anda menggunakan strategi seperti membangun hidden links, atau jual beli link tentu praktik seperti ini termasuk dalam ranah Black-hat. Dan berpotensi untuk mendapat penalti.

Penalti untuk Black-hat SEO

Jika anda kedapatan melanggar webmaster guidelines tentu penalti akan menanti anda.

Tergantung dari seberapa serius pelanggaran anda, penalti akan bervariasi mulai dari beberapa minggu hingga bulanan atau hingga masalah tersebut terselesaikan. 

Penalti yang diberikan bisa berbentuk penalti secara manual atau secara algoritma

Penalti Manual

Untuk penalti manual, biasanya team web spam telah melaporkan website anda setelah melihat adanya pelanggaran dari guidelines. 

Untuk menghilangkan penalti ini anda harus memberikan reconsideration request kepada Google berisi apa saja yang sudah anda lakukan untuk memperbaiki masalah ini, bagaimana anda tidak akan melakukan praktik seperti ini lagi, dan membersihkan segala macam bukti dari masalah ini.

Lalu Google akan memberikan keputusan secara manual apakah akan mengangkat penalti yang diberikan.

Penalti Algoritma

Google telah menemukan masalah dari website anda secara otomatis dan memberikan penalti. Biasanya terjadi karena masalah on-site seperti hidden text atau cloaking, dan anda harus menyelesaikan masalah ini sebelum penalti diangkat.

Biasanya masalah akan selesai jika anda memperbaiki masalah, namun terkadang anda juga harus memberikan reconsideration request agar penalti dapat diangkat.

Pada akhirnya, backlink dapat dikategorikan sebagai strategi White-hat jika anda melakukan tindakan yang sesuai dengan guidelines yang ada, dan akan menjadi strategi yang Black-hat jika strategi anda melanggar guidelines. 

Bagaimana pendapat anda? Apakah anda memiliki pendapat yang berbeda? Silahkan bagikan di kolom komentar.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *