Peran Digital Marketing Dalam Mempengaruhi Konsumen
Peran Digital Marketing dalam Mempengaruhi Konsumen Anda
April 22, 2020
Melihat Tren Perilaku Konsumen Digital
Melihat Tren Perilaku Konsumen Digital Hari Ini
April 23, 2020
Show all

Kelebihan Digital Marketing Dibandingkan Traditional Marketing

Kelebihan Digital Marketing Dibandingkan Traditional Marketing

Kelebihan Digital Marketing Dibandingkan Traditional Marketing

Siapa yang sudah mengenal digital marketing terlebih dahulu? Bisa dibilang, digital marketing menjadi cara pemasaran yang terbaik pada saat ini. Mengapa bisa begitu? Dengan kemajuan teknologi yang ada serta perilaku konsumen yang sudah dekat dengan internet, maka digital marketing lebih efektif daripada traditional marketing. Ada berbagai kelebihan digital marketing dibandingkan traditional marketing yang bisa dirasakan ketika sudah diterapkan.

Sebelum masuk ke dalam kelebihan digital marketing, sebenarnya apa saja medium pemasaran untuk digital marketing dan juga traditional marketing? Untuk digital marketing sendiri, ada:

  • Search Engine Optimization (SEO): memanfaatkan search engine untuk marketing dan promosi.
  • Iklan online: memasang iklan di beberapa media sosial dan platform lainnya, seperti Google, Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, dan lainnya.
  • Email marketing: memanfaatkan email blasting untuk melakukan promosi.

Sedangkan untuk traditional marketing, ada:

  • Memasang iklan di media cetak, seperti koran, majalah, brosur.
  • Memasang iklan di billboard.
  • Menghubungi pelanggan via telepon atau SMS.
  • Menggunakan media promosi seperti katalog dan kartu pos

Dari perbedaan di antara keduanya, sudah terlihat jelas bahwa digital marketing sudah berhasil memanfaatkan teknologi terbaru pada saat ini untuk promosi. Selain itu, masih ada lagi kelebihan digital marketing dibandingkan traditional marketing.

Mampu Menjangkau Lebih Banyak Orang

Dengan penggunaan teknologi yang sekarang sudah banyak digunakan oleh sebagian besar masyarakat, maka digital marketing lebih mampu menjangkau banyak orang. Ketika orang menggunakan media sosial, browsing di dunia maya, atau membuka email mereka, maka promosi yang dilakukan bisa nampak di mata mereka. Akhirnya, perusahaan atau bisnis tersebut lebih mudah dan cepat dikenal oleh banyak orang dibandingkan menggunakan traditional marketing.

Interaksi Langsung dengan Konsumen

Kekurangan dari traditional marketing adalah tidak adanya interaksi langsung dengan konsumen. Bisa dibilang, komunikasi satu arah menjadi kelemahan di sana. Namun tidak dengan digital marketing. Para konsumen bisa langsung berinteraksi langsung dengan perusahaan yang produk atau jasanya sudah digunakan, atau bahkan belum digunakan.

Jadi konsumen sudah merasa dekat dengan perusahaan tersebut sehingga mereka lebih punya niat untuk menggunakan produk atau jasa yang dijual.  Ketika ada masalah pun, maka konsumen juga bisa langsung bertanya kepada perusahaan tersebut. Akhirnya citra perusahaan tetap terjaga karena pelayanannya cepat tanggap.

Terlihat Modern Dalam Branding

Branding menjadi bagian penting dalam bisnis saat ini. Dengan branding yang bagus, maka citra perusahaan juga bisa lebih baik. Dengan menggunakan digital marketing, maka branding perusahaan tersebut terlihat modern dan mengikuti perkembangan zaman. Ini bisa membuat konsumen percaya bahwa mereka tidak salah membeli produk atau jasa dari sana. Kesan modern yang ditampilkan membuat branding perusahaan sangatlah bagus.

Biaya Lebih Murah

Ya, digital marketing lebih murah ketika sudah diterapkan. Dengan pemanfaatan teknologi yang ada, sudah pasti tidak memakan biaya sebesar traditional marketing. Apalagi jangkauannya lebih besar dan lebih cepat juga. Inilah mengapa digital marketing lebih baik digunakan sejak dini. Semua perusahaan bisa menggunakan digital marketing tanpa terkecuali.

Baca Juga: Peran Digital Marketing dalam Mempengaruhi Konsumen Anda

Itulah kelebihan digital marketing dibandingkan traditional marketing yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *