Sitemap XML
Cara Membuat Sitemap XML di WordPress
Februari 19, 2020
TikTok App
TikTok, Aplikasi Yang Semakin Digandrungi Masyarakat
Februari 20, 2020
Show all

Kenali Link Building dalam SEO Dan Manfaatnya Untuk Anda

building link

building link

Dalam mempelajari SEO pasti Anda sering mendengar mengenai yang namanya link building, backlink, internal link, dan external link. Istilah tersebut sebenarnya sama saja. Link building secara sederhana bisa diartikan sebagai sebuah cara atau teknik agar website lain memberikan tautan menuju website Anda.

Yang bisa Anda gunakan untuk membangun otoritas dari website Anda, dan menunjukan bahwa website Anda adalah sebuah website yang relevan dan merupakan sumber informasi yang baik.

Kenapa Link Building Penting

Jumlah dari link yang menuju website Anda dapat menjadi sinyal yang penting bagi mesin pencari untuk menentukan ranking dari situs Anda. Namun link yang didapatkan bukanlah sembarangan, melainkan link yang berkualitas. Link yang buruk akan menjatuhkan ranking dari website Anda.

 Ada beberapa aturan yang harus Anda ikuti untuk melakukan link building, berikut adalah aturan-aturannya:

  1. Alami dan natural

Link building yang dilakukan secara sengaja bisa dianggap sebagai usaha untuk memanipulasi ranking, dan akan berakibat diberikannya penalti untuk website Anda.

Link yang Anda dapatkan haruslah berasal dari proses yang natural, tanpa ada paksaaan. Anda dapat membangun kerja sama antar website untuk saling bertukar link. Namun akan lebih baik jika link yang Anda dapat datang secara natural.

  1. Berkualitas

Link dari website spam akan menjadi sesuatu yang percuma. Link dari website yang berkualitas akan mendapatkan nilai yang tinggi dari Google. Website yang berkualitas akan memiliki trafik yang cukup tinggi, terjadi interaksi di dalam nya, tidak ada spam, dan tentu saja memiliki konten yang berkualitas.

  1. Topik yang Serupa

Akan sangat baik jika Anda mendapatkan link dari topik yang serupa, karena akan semakin menguatkan otoritas dan relevansi dari website Anda. Google akan sangat menyukai website yang memiliki tingkat relevansi yang tinggi.

Baca Juga: 10 Kebohongan dari Link Building yang Harus Anda Abaikan

Bagaimana Cara untuk Melakukannya?

Dengan aturan-aturan di atas tentu tidak akan mudah untuk melakukan kegiatan link building ini. Ada beberapa agensi atau profesional yang menawarkan jasa untuk melakukan backlink Anda.

Jika Anda ingin melakukannya sendiri, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  1. Penuhi website Anda dengan berbagai tips dan konten yang bermanfaat.
  2. Share tips melalui forum-forum yang membahas topik yang sama, jangan sampai spam
  3. Aktif berkontribusi di komunitas online.
  4. Jalin relasi dengan berbagai blogger untuk membangun jaringan dimana Anda dapat saling bertukar link.
  5. Aktif dalam guest posting di berbagai blog-blog .

Tool Untuk Link Building

Ahrefs

Ahrefs dapat memungkinkan Anda untuk mengecek backlink profil dari kompetitor Anda. Anda juga bisa meninjau top page serta bagaimana perkembangan link mereka. Anda hanya cukup memasukan alamat dari website kompetitor, lalu Ahrefs akan menunjukan grafik mengenai perkembangan mereka.

SEMrush

Selain membantu Anda untuk mengoptimasi SEO Anda sehari-hari, namun juga menyediakan analisis mendalam yang jelas dan mudah untuk dimengerti. SEMrush dapat memberikan Anda audit yang lengkap. Yang bisa Anda gunakan untuk menilai apakah link dari website tersebut berkualitas atau tidak.

Link building adalah proses yang cukup tricky, ada banyak aturan yang harus diikuti untuk melakukan proses ini dengan baik. Bahkan proses ini bisa dikatakan lebih sulit dari proses SEO lainnya. Dibutuhkan waktu dan ketelitian dalam menjalankan proses ini.

Bila Anda memiliki pendapat ataupun pertanyaan, silahkan tulis pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Ryan Adam
Ryan Adam
SEO Specialist di ToffeeDev sejak 2019

1 Comment

  1. Wishnu berkata:

    mantap gan sarannya tentang link building dalam dunia SEO, ternyata harus perlahan dalam membangun blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *