3 Langkah Untuk Meningkatkan Kekuatan Brand Kamu
Maret 14, 2016
Temukan Teman Lamamu di Friendster!
Maret 17, 2016
Show all

Bagaimana Memaksimalkan Waktu di Social Media Untuk Hasil Yang Maksimal

Tidak dapat dipungkiri kalau saat ini semakin banyak social media yang bermunculan di tengah-tengah kita. Tidak hanya mudah, semua social media tools juga free untuk digunakan, tapi jangan salah justru yang seperti ini malah berbahaya. Lho kok bisa? Karena kamu “terlena” dengan berbagai kemudahan yang diberikan oleh masing-masing social media, kamu malah menghabiskan waktu di dalamnya dan mungkin melupakan hasil apa yang diberikan dari social media tersebut.

Sebelum melangkah lebih jauh tentang bagaimana social media dapat berpengaruh terhadap bisnismu, coba perjelas kembali kedua hal berikut:

  • Berapa lama waktu yang kamu habiskan di social media setiap hari? 
  • Apa yang kamu inginkan dari social media tersebut? 

Kamu harus menjelaskan atau mendetailkan apa yang ingin kamu capai dan berapa lama waktu yang akan kamu habiskan untuk berlama-lama di social media — mencapai goals perusahaanmu. Dan sebaliknya jika kamu tidak tahu apa yang kamu lakukan di dunia maya, bisa jadi bisnismu nanti akan terjebak dalam “black hole”.

Dilansir dari socialmediatoday, berikut adalah beberapa cara agar kamu tetap bisa mencapai tujuan dari bisnismu tanpa harus mengurangi waktumu di social media:

Berkomitmenlah Pada Social Media Dimana Konsumen Kamu Berkumpul

Jika konsumen kamu lebih sering menghabiskan waktu di Facebook, maka kamu harus lebih sering membagikan konten tentang bisnismu disana. Namun jika mereka lebih sering menghabiskan waktu “surfing”nya di YouTube, maka kamu harus lebih sering berinteraksi dengan mereka melalui video — baik amatir maupun profesional.

Cara paling efektif adalah jangan pernah kamu melakukan jumping dari satu platform ke platform lainnya. Ini malah akan membuat hasilnya tidak terlihat. Cobalah selama beberapa bulan untuk bertahan pada salah satu platform, dan lihatlah seberapa besar pengaruh platform tersebut terhadap bisnis kamu. Dan jika memang pada minggu pertama, tidak terlalu terlihat hasil yang signifikan pada Twitter (sebagai contoh), maka langsunglah beralih ke platform lainnya. Dan cobalah untuk fokus pada platform yang paling banyak memberikan pengaruh kepada bisnis kamu.

Link Akun Social Media Kamu dengan Yang Lain

Kalau memang ternyata semua platform kamu sudah terhubung dengan yang lain, maka kamu tidak perlu repot lagi untuk memilih platform mana yang terbaik untuk kamu gunakan, Cukup posting pada salah satu platform, dan tinggal hubungkan dengan yang lain — voila, postingan kamu akan muncul di semua platform. Hal ini digunakan semata-mata hanya untuk menghemat waktu kamu.

Jika kamu ingin menaikkan followers di Instagram, kamu juga tetap bisa menjaga followers di Twitter. Caranya adalah kamu tetap bisa memposting foto di Instagram dengan di-link ke Twitter, sehingga foto apapun yang kamu posting di Instagram juga akan muncul di Twitter. Tanpa perlu takut kehilangan followers kamu. Seperti yang kita tahu, bahwa masing-masing platform tentu saja berbeda, jadi kamu memang harus ekstra hati-hati dalam penggunaannya.

Jadwalkan dan Awasi Kontenmu

Semua social media marketers seharusnya sudah mempertimbangkan untuk menjadwalkan konten pada masing-masing social media yang bisnis kamu miliki. Jika kamu sudah menjadwalkan setiap hari setiap 20 menit, maka coba ubahlah menjadi jadwal seminggu sekali. Dengan begini kamu akan tetap bisa bekerja seperti biasa tanpa harus memikirkan social media perusahaan kamu. Hootsuite atau Buffer bisa kamu gunakan untuk menghemat waktu.

Ketika kamu sudah mengetahui konten apa yang cocok dengan bisnismu, misal gambar, video, blog atau yang lainnya, maka kamu harus lebih sering mempublikasikan apa yang menjadi favorit pelangganmu. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mendapatkan sales dari sana tanpa effort yang berlebihan.

Pada tanggal 30-31 Maret 2016 ini, Toffeedev akan menggelar Digital Marketing Classroom bagi kamu yang  ingin menambah ilmu tentang Digital Marketing seperti SEO, Social Media, Email Marketing, dan lain-lain. Classroom ini terbuka untuk pelajar/mahasiswa, pebisnis dan juga untuk umum. Yuk segera daftarkan diri kamu dengan menghubungi 021-5890 1608/09, limited seats!

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *