Adobe Lightroom Untuk Editing Foto
Adobe Lightroom, Aplikasi Edit Foto Yang Pas Untuk Fotografer
Maret 20, 2020
Manfaat Aplikasi TikTok
Ketahui Manfaat Aplikasi TikTok untuk 3 Hal Ini
Maret 23, 2020
Show all

Blog atau Vlog: Mana Yang Cocok Untuk Bisnis Anda?

Blog atau Vlog

Blog atau Vlog

Konten adalah salah satu tool terbaik untuk Anda dalam melakukan strategi digital marketing, mulai dari tulisan, audio, hingga video. Konten – konten ini bisa membantu Anda dalam berbagai hal, mulai dari SEO hingga branding. Akan sangat baik jika Anda mengetahui tipe konten mana yang cocok untuk website serta bisnis Anda. Namun ada dua jenis konten yang cukup sering Anda jumpai, yaitu blog dan vlog. Dari kedua, Blog atau Vlog, manakah yang bisa membantu bisnis Anda dengan baik?

Apa itu Blog dan Vlog

 

  • Blog

 

Blog adalah sebuah buku harian atau jurnal online. Blog juga sering digunakan oleh berbagai website untuk merilis artikel – artikel mereka. Blog dapat menampilkan teks, gambar, dan metode konten lainnya termasuk juga GIF dan dokumen seperti PDF.

Penggunaan blog yang maksimal adalah sebagai alat untuk  membagikan pemikiran dan materi yang diinginkan pengikut Anda, yang akan dikonsumsi oleh para pengunjung website.

 

  • Vlog

 

Vlog adalah singkatan dari blog & video. Konten – konten akan ditampilkan dalam bentuk video. Banyak blogger yang beralih menjadi vloggers, dan banyak juga vloggers yang memiliki blog. Perbedaan utama dalam konteks blog VS vlog ini adalah bentuk presentasi dari konten yang disajikan.

Blog vs Vlog: Popularitas

Bila kita berbicara dalam konteks popularitas, konten – konten vlog sangatlah populer. Terlebih adanya website berbagi video yang sangat populer seperti Youtube, dan munculnya vlogger – vlogger terkenal semakin membuat popularitas dari vlog semakin meroket.

Namun jangan salah sangka, bukan berarti blog sudah mati. Blog masih sangat sering digunakan sebagai sumber informasi – informasi yang gampang ditemukan di internet. Blog juga memiliki fungsi lain sebagai cara untuk menaikan performa SEO Anda.

Blog vs Vlog: SEO

Dalam konteks SEO, blog masih menjadi cara utama untuk bisa mendapatkan ranking serta traffic. Hasil pencarian di Google masih sering menampilkan konten – konten dalam bentuk tulisan dibandingkan video. Walaupun video juga sering muncul dalam bentuk carousel, namun hasil pencarian yang berbentuk artikel blog masih sering di klik oleh para pengguna.

Baca Juga: Apa itu Vlog? Bagaimana Sejarah Singkatnya?

Video atau vlog bisa Anda gunakan untuk semakin meningkatkan kualitas SEO Anda, terutama on-page SEO Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Blog vs Vlog

 

  • Blog

 

Kelebihan Blogging:

  • Pengaturan yang mudah: ada banyak website yang bisa Anda gunakan untuk membuat blog, dan Anda bisa melakukannya dengan mudah.
  • Tidak perlu tool yang mahal: Anda hanya memerlukan sebuah komputer, laptop, atau smartphone yang telah terkoneksi dengan internet yang baik.
  • Membangun traffic, dengan menggunakan SEO dan promosi yang baik dari konten Anda, maka Anda dapat memperoleh sejumlah uang dari iklan atau pemasaran suatu brand yang anda tulis dan review pada blog anda.

Kekurangan Blogging:

  • Pengetahuan tentang SEO: pengetahuan tentang SEO sangat penting, terutama untuk bisa meningkatkan traffic menuju website Anda. Akan ada banyak hal yang bisa Anda pelajari untuk bisa membuat SEO yang baik untuk website Anda.
  • Update konsisten: Anda harus selalu memperbarui isi dari blog Anda untuk tetap bisa relevan dengan perkembangan dan minat dari para pembaca Anda.

 

  • Vlog

 

Kelebihan Vlogging:

  • Tanpa kemampuan menulis: berbeda dengan blog, Anda tidak perlu memiliki kemampuan menulis. Hanya perlu percaya diri didepan kamera.
  • Penonton yang banyak: popularitas dari vlog akan menjamin penonton yang banyak untuk konten – konten Anda.

Kekurangan Vlogging:

Peralatan yang mahal: Anda akan butuh peralatan kamera serta aplikasi – aplikasi editing video.

Waktu pembuatan vlog: Anda akan perlu meluangkan waktu lebih mulai dari proses pembuatan materi, syuting, hingga editing.

Jadi, mana yang akan Anda pilih untuk bisnis Anda? Blog atau vlog? Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *