Breadcrumbs Adalah
Breadcrumbs Adalah Cara Meningkatkan Navigasi Website
April 8, 2020
Barisan Tips Digital Entrepreneur
9 Tips Digital Entrepreneur Untuk Kesuksesan Anda 
April 8, 2020
Show all

Saatnya Memulai Email Marketing Untuk Bisnis Anda

Cara Memulai Email Marketing

Cara Memulai Email Marketing

Perkembangan teknologi berbanding lurus dengan kemajuan zaman, salah satunya dalam penggunaan email yang saat ini tidak hanya menjadi sarana untuk berkomunikasi, namun juga menjadi sarana untuk pemasaran.Menggunakan email sebagai sarana pemasaran disebut sebagai email marketing. Email menjadi area pemasaran yang tidak boleh terlewat. Namun, ternyata masih terdapat beberapa pebisnis yang belum tahu bagaimana cara memulai email marketing.

Tips Memulai Email Marketing

Dalam Artikel ini kita akan membahas beberapa tips dalam memulai email marketing yang bermanfaat untuk bisnis Anda

Tips #1 Pilih Email Marketing Tools yang Tepat

Email marketing tools akan sangat memudahkan Anda. Oleh karena itu dalam memulai email marketing, hal yang pertama kali harus dilakukan adalah memilih dan berlangganan sebuah email marketing tools. Salah satu manfaatnya adalah Anda dapat mengirim email ke berbagai orang sekaligus yang sudah ada di dalam email list atau daftar lead Anda. Email marketing tools kebanyakan juga menawarkan berbagai macam fitur lain seperti template, manajemen kontak, hingga fitur tracking email, dan lain – lain.

Tips #2 Kumpulkan Daftar Kontak

Yang selanjutnya perlu Anda lakukan adalah mengumpulkan kontak yang akan Anda kirimi email. Ada banyak sekali cara untuk mengumpulkan kontak, namun hindari cara yang instan, seperti membeli daftar email.

Lebih baik jika Anda mengirimkan email dengan jumlah kontak yang sedikit, daripada mengirim email untuk orang – orang yang bahkan tidak mengetahui bisnis Anda. Anda juga bisa membuat sebuah konten dan juga landing page untuk mengumpulkan lead yang bisa saja Anda jadikan email list Anda.

Tips #3 Desain Email yang Menarik

Desain email yang menarik tentu bisa saja menarik perhatian dari para pelanggan. Usahakan membuat desain yang bisa mencerminkan bisnis Anda, dan jangan lupa buatlah Call To Action yang menarik. Anda juga bisa menggunakan berbagai macam template yang tersedia di email marketing tools Anda.

Tips #4 Konten Email Marketing yang Baik

Email yang persuasif akan menjadi cara terbaik Anda untuk menarik perhatian para pelanggan. Selain itu pastikan tulisan Anda dapat dimengerti dengan baik oleh pelanggan Anda.

Anda dapat membagi email ke dalam 3 bagian penting :

  • Headline 
  • Isi email 
  • Call to action 

Tidak hanya konten dari email, luangkan juga waktu untuk membuat subjek email. Buatlah subjek email Anda sesingkat mungkin, tidak lebih dari 40 karakter.

Tips #5 Tes Email Anda Terlebih Dahulu

Sebelum memulai proses email marketing ada baiknya Anda melakukan tes email terlebih dahulu sebelum mengirimkannya. Sehingga Anda dapat mengecek apakah masih ada kesalahan atau kekurangan di dalam email yang sudah dibuat. Anda juga dapat mengetahui apakah email yang dikirimkan nantinya akan mengarah ke spam atau tidak. Jika sudah oke saatnya Anda memulai proses email marketing Anda.

Saatnya Memulai Email Marketing

Satu lagi tips singkat untuk Anda, perhatikan timing dari email Anda. Akan diperlukan sebuah riset untuk bisa menentukan kapan waktu tepat untuk mengirimkan email. Setelah mendapatkan waktu yang tepat, pastikan untuk selalu konsisten ketika mengirim email untuk bisa mendapatkan efek yang maksimal.

Baca Juga: Digital Marketing: Pengertian & Perannya Untuk Bisnis Anda

Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan dalam memulai email marketing, mulai dari dari memilih tools yang paling tepat hingga proses pengiriman. Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *