Memulai Backlink Untuk Optimasi SEO
Memulai Backlink Untuk Optimasi SEO
April 4, 2019
Yang Harus Di Perhatikan Saat Membuat Website Online Shop
April 11, 2019
Show all

Memulai Karir di Digital Marketing

Hai, kembali lagi dengan saya Ryan Kristo Muljono dari Toffeedev.

Saat ini saya sedang di acara Sharing Monday dimana kita setiap hari senin kita membagikan informasi mengenai digital marketing untuk anda yang ada di facebook dari toffedev ataupun anda yang lihat kita di youtube channel dari toffedev.

Setiap hari senin pagi kita akan sharing mengenai apapun yang berhubungan dengan digital marketing.

Untuk kali ini saya akan membahas mengenai memiliki karir di dunia digital marketing. Saya tahu beberapa saat-saat ini banyak orang sedang mencari pekerjaan, mencari kesempatan, dan saya ingin membahas dari sisi digital marketing.

Jadi untuk anda yang tertarik untuk memiliki karir di digital marketing atau memiliki bisnis di digital marketing, ataupun anda yang baru lulu kuliah atau anda yang masih pelajar, anda ingin melihat video ini.

Dan jangan lupa kalau anda merasa bahwa video ini akan dibutuhkan oleh banyak orang atau anda punya teman-teman yang membutuhkan bahan materi yang akan saya bagikan pada hari ini, anda bisa bagikan melalui tombol yang ada di bawah atau anda bisa bagikan link yang ada bagikan pada teman-teman anda yang ada di sosial media, lewat email, ataupun whatsapp, ataupun lewat media-media lain.

Ok sekarang kita akan mulai, seperti apa karir di dunia digital marketing?

Digital marketing saat ini adalah satu industri baru dimana kita masih baru berkembang. Jadi saat ini belum ada jurusan yang secara akademis diakui di dunia terutama di Indonesia.

Di dunia sudah ada beberapa universitas yang membuka jurusan untuk digital marketing tetapi baru sedikit sekali karena internet adalah satu industri yang baru mulai dikenalkan tahun 90an dan baru mulai ramai digunakan mungkin sekitar tahun 2000an.

Jadi selama dalam waktu kurang dari … saya baru belajar dunia marketing itu 2007, saat itu internet masih baru sekali dan masih banyak orang yang menggunakan internet untuk kehidupan sehari-hari.

Apalagi untuk pekerjaan, itu masih sangat jarang sekali. Berbeda dengan sekarang dimana kita hidup di era-nya smartphone atau mobilephone, dimana kita terhubung 24 hours melalui internet.

Pertanyaan berikutnya adalah kalau kita sudah menggunakan internet, maka kita perlu menggunakan media sebagai media pemasaran dari bisnisnya kita.

Bagaimana untuk menggunakannya? Disitulah kita mengenal digital marketing. Jadi digital marketing adalah bagaimana kita menggunakan internet sebagai media pemasaran dari bisnisnya kita.

Kalau begitu, sekarang ada lapangan pekerjaan baru yaitu digital marketer atau digital marketing.

Digital marketing ini apa? Kenapa ini dibutuhkan? Digital marketing adalah cara bagaimana kita menggunakan internet untuk melakukan pemasaran. Sayangnya banyak orang beranggapan bahwa ‘digital marketing is simple’. Ya, gak susah-susah banget, lah.

Banyak nih sekarang, banyak course, banyak kursus-kursus, banyak workshop-workshop yang ngajarin bagaimana caranya kita melakukan pemasaran melalui internet.

Sebagain besar adalah mereka mengajarkannya untuk menjadi enterpreneur, untuk menjadi pengusaha. Bagaimana kita jualan produk secara online menggunakan tokopedia, menggunakan instagram, menggunakan media-media lain.

Apakah seperti itu digital marketing itu? Saya bisa katakan bahwa itu baru sebagian kecil dari karir yang kita bisa bangun di dunia digital marketing.

Dari satu hal, digital marketing iya kita untuk melakukan pemasaran secara online, tapi untuk karirnya sendiri kita punya beberapa bagian (kalau di perusahaan kita bisa punya beberapa divisi) untuk melakukan pemasaran secara online.

Salah satu divisi yang paling banyak digemari atau banyak yang membutuhkannya di Indonesia khususnya  kita banyak membutuhkan untuk social media management.

Bagaimana kita mengatur konten-konten yang kita push, yang kita bagikan di social media terutama di social media atau social network account yang kita miliki seperti Instagram, twitter, facebook.

Tiga platform ini adalah yang paling sering di manage oleh orang-orang. Untuk memanage ketiga media ini bahkan memanage satu saja untuk post yang ada di Facebook itu butuh keahlian, butuh skill, butuh tau bagaimana caranya kita post, bagaimana kita respon, apa pengaturannya, dan segala macam. Itu baru satu account.

Bayangkan kalau misalnya ada 3-4, karena social media ini ada banyak. Social media semua, hampir sebagian besar situs yang ada di dunia berbasis social media. Seperti Youtube, blog, forum, itu tempat kita bersosialisasi dan sebagai bisnis kita perlu tahu bagaimana caranya kita bersosialisasi dengan costumernya kita.

Caranya seperti apa? Strateginya seperti apa? Itu ada satu seni tersendiri dan disitulah ada satu karir, satu divisi baru yang muncul namanya social media specialist. Jadi orang-orang yang spesial untuk melakukan optimasi di social media.

Itu satu. Yang kedua adalah optimiser. Search Engine Optimizer . (Baca Juga: Apa itu SEO?).

Ini adalah orang-orang yang menggunakan strategi untuk menampilkan satu website berada di halaman pertama hasil pencarian dari mesin pencari. Itu adalah Search Engine Optimizer.

Ini juga karir yang paling banyak dicari oleh orang-orang, oleh perusahaan-perusahaan terutama perusahaan besar mereka sangat membutuhkan orang-orang yang bisa untuk melakukan optimasi di websitenya mereka.

Lalu ada juga ads optimizer. Ads optimizer adalah mereka yang mengoptimasi iklan. Bagaimana supaya iklannya banyak dilihat, bagaimana supaya menarik, konten apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan sales dan lain-lain.

Lalu kita juga punya data scientist. Sekarang lagi ngetrend banget data scientist dimana semua orang mengatakan bahwa bagaimana caranya kita mengolah data yang sudah ada, data yang sangat besar untuk keuntungan dari bisnisnya kita. Perusahaan yang menggunakannya di Indonesia, ada beberapa perusahaan startup di Indonesia, unicorn startup yang menggunakan data-data ini dengan sangat bagus sehingga mereka bisa meningkatkan bisnis mereka secara real.

Lalu kita juga punya email marketer, kita juga punya UX designer, dan banyak macam lagi.

Jadi digital marketing secara karir ini sangat luas sehingga anda yang ingin memiliki karir di dunia digital marketing masih terbuka sangat luas kesempatannya terutama kita di Indonesia karena kita belum punya satu instrumen atau satu wadah atau satu pusat pendidikan yang menjelaskan mengenai digital marketing secara spesifik, secara komprehensif.

Dan oleh karena itu saya ingin membagikan satu institusi yang bisa dipelajari oleh teman-teman, yang mau belajar mengenai digital marketing secara for real karena digital marketing, bukannya banyak digital marketing not for real, bukan!, Digital marketing for real artinya bisa digunakan secara profesional , baik anda yang membangun karir tanpa perlu menjadi pengusaha karena satu hal, pengusaha is one thing, karir profesional is another thing.

Jadi dua hal ini, kalau anda yang tertarik dengan ingin belajar lebih jauh digital marketing, anda boleh buka toffeeinstitute.com.

Kita membahas mengenai digital marketing bukan dari sisi untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Of course kita mau keuntungan yang sebesar-besarnya, tapi kita bukan membahas hal itu di dalam toffeeinstitue, tapi kita belajar bagaimana kita meningkatkan bisnis kita melalui internet dengan cara-cara yang bisa dibilang, saya bisa bilang cara-cara yang kita akan bagikan di toffeeinstitute semuanya adalah cara-cara yang legal, kita gak menggunakan gray ataupun blackhat strategy di dunia digital. Ini adalah satu strategi yang cukup berbahaya untuk anda yang ingin melakukan digital marketing.

Karena anda perlu tahu strategi-strategi yang tepat untuk bisnis seperti, strategi yang baik untuk bisnis itu seperti apa.

Oke, jadi untuk anda yang tertarik lebih lanjut mengenai toffeeinstitute, bisa buka di toffeeinstitute.com, kita akan ada beberapa course, tambahan course yang dimasukkan setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, kita lakukan minimal sebulan sekali untuk pelatihan-pelatihan mengenai digital marketing.

Itu sharing Monday saya hari ini. Nantikan Sharing Monday bersama dengan saya ataupun dengan team dari toffeedev dan kita akan membahas mengenai digital marketing untuk anda yang ingin belajar lebih lanjut mengenai digital marketing.

Ok. See you again, see you next Monday.

Ryan Kristomuljono
Ryan Kristomuljono
Internet Marketing & Website Consultant. Untuk membantu bisnis berkembang di dunia internet adalah tujuan saya dalam setiap meeting, conference, workshop, dsb. Get connected with me.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *