Journalism SEO
Bagaimana Menerapkan Journalism SEO yang Tepat?
Maret 18, 2020
LastPass PC
LastPass PC, Password Manager Bermanfaat
Maret 19, 2020
Show all

Apa itu Clickbait? Mengapa Sering Diperdebatkan?

Clickbait Adalah

Clickbait Adalah

Dalam praktik jurnalistik, ada berbagai gaya yang bisa dilakukan untuk membuat judul. Ya, jurnalistik tidak lepas dari yang namanya artikel. Dengan riset dan liputan yang dilakukan, maka hasil yang ada pastinya berbentuk artikel. Berbicara mengenai judul, saat ini ada satu gaya yang dianggap tabu jika berpegang teguh kepada prinsip jurnalistik, tapi di sisi lain, tetap dibutuhkan untuk menarik lebih banyak pembaca, khususnya di era media online, yaitu clickbait. Clickbait adalah sebuah cara membuat judul yang masih diperdebatkan hingga detik ini.

Sebenarnya tidak hanya dalam pembuatan artikel saja clickbait itu dipakai. Dalam video YouTube yang saat ini banyak dibuat oleh content creator sendiri, juga banyak yang menggunakan judul clickbait. Akhirnya dalam perjalanannya, ada yang menerima gaya judul seperti itu dan ada yang tetap tidak menyukainya.

Sebenarnya apa itu clickbait? Mengapa hingga sekarang terus diperdebatkan? Bagi yang penasaran dengan jawaban dari dua pertanyaan tersebut, simak penjelasannya di bawah ini.

Clickbait Adalah Gaya Judul

Clickbait adalah gaya membuat judul yang dalam beberapa tahun terakhir ini terus naik daun. Ketika seseorang membuat judul artikel atau video dengan gaya clickbait, maka dia akan membuatnya dengan rangkaian kata yang bombastis. Tujuan utama dari gaya judul clickbait tentu saja untuk membuat banyak orang membacanya atau mengklik link berita tersebut. Inilah mengapa gaya seperti ini marak digunakan oleh media online.

Dengan semakin banyaknya orang yang masuk ke artikel tersebut, maka trafik akan naik dengan sendirinya. Sebenarnya clickbait tidak hanya dalam bentuk judul saja, tetapi bisa juga dalam bentuk gambar. Dengan kombinasi keduanya, maka rasa penasaran pembacanya menjadi lebih besar. Dengan target trafik dan iklan yang harus dilihat sesuai dengan angka yang telah ditentukan, akhirnya, clickbait menjadi salah satu gaya dalam jurnalistik yang dikenal luas.

Apakah Salah Menggunakan Clickbait?

Pertanyaan ini sering muncul di tengah-tengah industri media. Apakah salah menggunakan clickbait? Secara prinsip jurnalistik yang sebenarnya, tentu saja salah menggunakan clickbait. Mengapa bisa salah? Karena pada praktiknya, banyak artikel atau video yang menggunakan judul clickbait namun isinya tidak bisa menjawab judul yang digunakan.

Baca Juga: Bagaimana Menerapkan Journalism SEO yang Tepat?

Ya, banyak penyalahgunaan dalam penggunaan judul clickbait. Ketika pembaca ini mencari jawaban dari judul yang terkadang menggunakan gaya bertanya, mereka pastinya langsung membuka artikel untuk melihat jawabannya. Namun ketika sudah selesai membacanya, mereka malah tidak bisa menemukan jawaban dari judul clickbait tersebut. Inilah mengapa banyak yang anti dengan clickbait.

Namun jika memang tahu bagaimana menggunakan clickbait dengan baik tanpa perlu menipu pembaca, maka tidak salah menggunakan cara ini. Paling penting dari poin ini adalah gunakan clickbait dan berikan informasi sesuai dengan judul yang dipakai.

Apakah Anda Harus Memakai Clickbait?

Tergantung dari apakah Anda bisa memberikan informasi sesuai judul yang ada. Jika memang Anda mampu memberikannya, mengapa harus ragu menggunakan clickbait? Di zaman yang mementingkan trafik dan iklan, maka menggunakan cara ini tidaklah salah, asalkan Anda jangan menyalahgunakannya seperti beberapa media besar yang cukup terkenal dengan praktik clickbait-nya. Jadi jangan ragu untuk memakai clickbait.

Itulah penjelasan tentang clickbait yang sering diperdebatkan saat ini. Jangan lupa memberikan komentar Anda dan share artikel ini. Semoga informasi yang diberikan tentang clickbait ini berguna untuk Anda.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *