Cara Membuat Instagram Ads dari Facebook
Cara Membuat Instagram Ads Dari Facebook
April 21, 2020
Strategi B2C Digital Marketing
Rekomendasi Strategi B2C Digital Marketing
April 21, 2020
Show all

Conversion Rate Adalah Cara Menilai Keberhasilan Strategi

Conversion Rate Adalah

Conversion Rate Adalah

Conversion rate adalah sebuah parameter yang bisa digunakan untuk mengukur kesuksesan sebuah strategi digital marketing yang Anda jalankan. Keberhasilan Anda dalam mengukur parameter ini akan bisa memberikan dampak yang besar untuk strategi dan juga situs Anda.

Pada artikel kali ini kita akan sedikit membahas mengenai apa itu conversion rate dan bagaimana cara untuk meningkatkannya.

Conversion Rate adalah 

Conversion rate adalah sebuah persentase dari pengunjung website yang melakukan tindakan entah itu melakukan pembelian , memberikan info dan leads, dan juga berbagai kegiatan yang bisa menguntungkan pemilik bisnis dari total pengunjung website.

Anda bisa menghitung conversion rate dengan membagi jumlah conversion yang terjadi di sebuah halaman website terhadap total dari pengunjung halaman website tersebut. Lalu mengkalikannya 100.

Misalnya, Anda mengelola sebuah bisnis online yang menjual sebuah barang, dan di sebuah halaman produk terjadi sebuah pembelian sebanyak 50 kali. Sedangkan jumlah total pengunjung halaman produk tersebut adalah 1000 pengunjung. Untuk bisa menghitung nilai conversion rate dari halaman ini, Anda akan membagi 50 terhadap 1000 lalu kalikan 100. Hasilnya adalah 5 persen, maka conversion rate yang Anda dapatkan adalah 5%.

Hal yang Menjadikan Conversion Rate Penting

Ada banyak parameter yang bisa Anda gunakan untuk menghitung keberhasilan dari strategi dan kampanye digital marketing Anda. Bisa dengan menghitung trafik ataupun melihat ranking dari konten Anda. Namun kedua hal ini belum cukup, dan Anda akan membutuhkan parameter lainnya. Salah satunya adalah conversion rate.

Conversion rate adalah sebuah parameter yang akan menunjukan seberapa banyak pengunjung yang melakukan sebuah aksi di website Anda. Aksi ini akan memberikan dampak yang nyata untuk Anda, salah satunya adalah bertambahnya informasi leads. Ataupun terjadinya sebuah penjualan. Akan sangat penting untuk menghitung hal ini sebagai parameter dari kesuksesan strategi yang Anda jalankan.

Beberapa Cara untuk Meningkatkan Conversion Rate

Dalam  proses untuk mencapai sebuah target conversion rate yang sebelumnya Anda tetapkan, ada beberapa langkah yang bisa Anda manfaatkan. Beberapa diantaranya adalah: 

 

  • 1. Buat CTA Berbentuk Teks di Blog

 

Call-To-Action (CTA) adalah cara yang bagus bila digunakan sebagai cara unutk meningkatkan sebuah conversion rate. CTA bisa dibuat dalam berbagai bentuk, teks, gambar, atau tombol. CTA yang berbentuk teks di artikel blog memang terlihat sederhana, tetapi memiliki potensial untuk mendatangkan konversi dan meningkatkan conversion rate dengan baik.

 

  • 2. Pop-Up

 

Pop-up yang menarik bisa menjadi sebuah cara yang efektif. Hal ini akan semakin bagus apabila Anda bisa mendesain pop-up yang bagus dan tidak mengganggu pengalaman para pengunjung selama mereka berada di website Anda.

 

  • 3. Landing Page yang Baik

 

Landing page bisa menjadi sebuah elemen krusial untuk bisa mendapatkan conversion rate yang ingin Anda dapatkan. Landing page sendiri adalah sebuah halaman website yang sengaja didesain untuk meningkatkan conversion rate bagi sebuah bisnis. 

Link yang ada di landing page akan lebih sedikit dibandingkan sebuah halaman  homepage, ini menjadi sebuah pertimbangan dalam desain sebuah landing page, agar para pengunjung bisa membuat keputusan pembelian, sign up, atau subscribe newsletter.

Dengan memanfaatkan ketiga hal ini Anda bisa mencapai bahkan meningkatkan conversion rate yang sudah Anda tentukan sebelumnya dan menilai apakah strategi yang Anda lakukan sudah tepat atau tidak?

Kesimpulan

Conversion rate adalah sebuah cara bagi Anda untuk bisa menilai usaha apa saja yang sudah Anda lakukan untuk website Anda, terutama strategi digital marketing sudah berhasil atau tidak. Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Baca Juga: Cara Tingkatkan UX Design Website Untuk Conversion Rate

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *