Schema Untuk SEO
Pentingnya Schema Untuk SEO Demi Menemukan Website
April 6, 2020
Coding Adalah Bahasa Pemrograman
Coding Adalah Skill yang Berguna di Zaman Sekarang
April 6, 2020
Show all

Hosting Adalah Rumah Untuk Website Anda

Hosting Adalah Rumah Website

Hosting adalah

Dalam membangun sebuah website ada berbagai elemen yang harus Anda perhatikan, salah satunya adalah hosting. Dalam analogi sederhana, hosting adalah rumah untuk website Anda, yang akan menampung berbagai hal penting untuk keberlangsungan website Anda. 

Untuk bisa memilih rumah yang bagus untuk website Anda, Anda harus bisa memahami apa itu hosting, dan juga jenis – jenisnya yang akan bisa membantu Anda untuk memilih mana yang cocok untuk bisnis Anda.

Hosting Adalah

Hosting adalah sebuah tempat yang digunakan untuk menyimpan segala data – data yang dibutuhkan oleh website. Website bisa terdiri dari berbagai macam data, seperti gambar, video, tulisan, plugin, script yang rumit, dan lebih banyak lagi. Ketika website Anda dibuka oleh orang lain, data – data yang berada di website tersebut yang sebelumnya disimpan di dalam server hosting akan langsung ditampilkan.

Tanpa adanya peran hosting, data – data yang ada di website tidak akan bisa ditampilkan sehingga website Anda tidak akan bisa diakses oleh orang – orang.

Hosting memiliki berbagai macam jenis yang bisa Anda pilih, sesuai dengan fungsi dan budget yang Anda inginkan. Beberapa diantaranya Adalah:

  1. Shared Hosting

Shared hosting adalah hosting yang paling sering dijumpai. Shared hosting adalah sebuah server hosting yang akan dibagi ke beberapa website/client. Prinsipnya adalah, satu server/hosting akan dipecah ke beberapa client agar seluruh client bisa memakai hosting secara bersamaan, sehingga akan membutuhkan biaya yang relatif lebih murah. Namun Anda tidak bisa mengkonfigurasikan-nya sesuai keinginan Anda.

Budget yang murah menjadikan hosting jenis ini sangat cocok untuk blog serta website dengan skala yang kecil.

  1. Dedicated Hosting

Seperti namanya, jenis hosting ini hanya akan mendedikasikan satu server untuk satu website. Sangat sering digunakan oleh website – website yang memiliki traffic yang banyak ataupun website e-commerce. Bila dianalogikan secara sederhana, dedicated hosting adalah rumah pribadi Anda, yang tentu memerlukan biaya yang banyak.

  1. VPS Hosting

Jika Anda menginginkan sebuah dedicated hosting yang relatif lebih murah, ataupun shared hosting yang bisa Anda atur sendiri? VPS adalah pilihan untuk Anda. Dalam VPS hosting, Anda bisa mengatur pembagian dari sumber daya yang ada. Sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan website Anda.

  1. Cloud Hosting

Cloud hosting akan membagi data – data Anda ke berbagai server, sehingga jika salah satu server down, maka server lain masih bisa menghidupi website Anda. Jenis cukup populer saat ini, karena kemampuannya yang bisa tetap membuat website hidup jika server sedang down.

Hal Penting dalam Memilih Hosting

Ada banyak hal yang menjadi perhatian Anda ketika memilih sebuah website. Memberikan perhatian lebih terhadap hal – hal ini bisa menjadi sebuah penentu apakah hosting yang akan Anda pilih cocok untuk bisnis Anda, beberapa diantaranya adalah:

Uptime : apakah server hosting bisa terus berjalan selama 24 x 7, inilah hal yang penting untuk Anda perhatikan

Upgrade : apakah penyedia hosting Anda menyediakan pilihan untuk upgrade, karena bisa saja website Anda akan menjadi lebih besar seiring berjalannya waktu.

Addon Domain : pastikan juga mereka menyediakan paket yang untuk added domain.

Support 24 Jam : Support 24 jam adalah hal yang wajib ada untuk layanan hosting yang akan Anda gunakan. Ini akan berguna ketika website mengalami gangguan yang bisa terjadi kapan saja.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Untuk Membuat Website Tanpa Coding

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *