Apa itu cPanel Website
Apa itu cPanel Website? Mengapa Harus Digunakan?
Mei 6, 2020
Cara Kerja Google Trends
Mengetahui Cara Kerja Google Trends yang Bermanfaat
Mei 8, 2020
Show all

Mengenal Mockup Website dan Elemennya

Mockup Website Adalah

Mockup Website Adalah

Ketika Anda ingin membuat sebuah karya, ada dua cara yang bisa dilakukan terlebih dahulu agar bisa mendapatkan karya yang baik. Pertama, Anda perlu latihan terlebih dahulu. Sedangkan cara kedua adalah Anda bisa membuat contoh terlebih dahulu agar bisa mendapatkan hasil yang lebih baik ketika sudah membuat karya yang nantinya dipakai. Dalam pembuatan website, cara kedua menjadi yang sering dilakukan. Cara tersebut disebut sebagai mockup website. Mockup website adalah percontohan website yang nantinya akan dibuat.

Sayangnya tidak banyak yang tahu apa itu mockup website dan juga elemen-elemen di dalamnya. Padahal ketika sudah bisa mendapatkan inti dari keberadaan cara ini, maka banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan.

Jadi apa itu mockup website? Apa saja elemennya? Lalu keuntungan apa yang bisa didapatkan? Untuk menjawab tiga pertanyaan tersebut, Anda bisa menemukan jawaban lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Mockup Website

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mockup website adalah percontohan dari website yang nantinya akan dibuat dan digunakan. Namun tidak berhenti di situ saja. Mockup juga harus berisi gambar yang menjadi desain website tersebut.

Biasanya mockup website ini dibutuhkan ketika ada perusahaan atau pihak lainnya yang membutuhkan website  dengan desain yang baru. Bagi yang baru pertama kali memiliki website pun juga perlu mockup ini.

Dengan keberadaan mockup, maka dari pihak web developer bisa memberikan gambaran terkait desain website yang nantinya akan dibuat. Kemudian dari pihak klien pun juga bisa melihat gambaran desain website dan bisa memberikan masukan terkait preferensi mereka. Dengan hal ini, maka kedua belah pihak bisa mendapatkan jalan tengah dari website yang nanti akan dibuat.

Membuat mockup website bukanlah pekerjaan yang mudah. Pihak web developer harus tahu apa yang diinginkan oleh klien. Mereka harus bisa mengubah apa yang diminta oleh klien ke dalam desain yang baik. Selain itu, perlu juga untuk memenuhi beberapa aspek atau elemen yang wajib ada di dalam website.

Elemen Wajib Dalam Mockup

Dalam mockup website, terdapat beberapa elemen yang wajib ada di dalamnya. Dimulai dari:

  • Content Layout

Content Layout sudah pasti menjadi yang utama. Ketika website tidak jelas bagaimana layout-nya, itu adalah cara yang sudah pasti salah. Namun dengan elemen ini, maka halaman website yang nanti akan dibuat bisa terlihat lebih jelas.

  • Color Scheme

Website juga harus memiliki permainan warna yang baik. Ketika kombinasi warnanya jelek, sudah pasti bisa membuat pengunjung website menjadi tidak nyaman. Itulah fungsi utama dari Color Scheme

  • Spacing

Setiap website pasti memiliki ruang kosong. Namun bagaimana cara memanfaatkan ruang kosong itu? Itulah membuat Spacing ada di dalam elemen penting mockup website.

  • Typhography

Melihat bagaimana jenis tulisan, ukuran, spasi, dan lainnya. Tidak dapat dipungkiri, tulisan atau teks menjadi hal penting dalam sebuah website.

  • Navigasi

Struktur halaman menu website sudah pasti harus jelas dan enak dilihat dan digunakan.

  • Visual Lainnya

Masih banyak sisi visual lainnya dalam website yang harus dipenuhi. Dari tombol, ikon, gambar, video, dan lainnya. Itu semua juga harus ada di dalam mockup website.

Mockup Website Adalah Hal Penting

Itulah penjelasan tentang mockup website beserta elemennya. Pentingnya memiliki mockup website pada hari ini bisa ToffeeDev penuhi dalam Jasa Pembuatan Website Perusahaan. Kami siap memberikan solusi bisnis online kepada Anda dengan membuat website yang berkualitas. Hubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut.

Baca Juga: Bagaimana Karakteristik Website Yang Ideal?

Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *