3 Kesalahan Yang Biasa Web Designer Lakukan
Agustus 20, 2018
Membuat Konten Untuk Mendatangkan Leads
September 3, 2018
Show all

Meningkatkan Quality Score di Google Ads – Toffee Sharing Monday

Selamat datang di Toffeedev Sharing Monday, bersama saya Dinan. Di pagi hari ini saya ingin sharing sedikit mengenai bagaimana cara meningkatkan quality score, di Google Adwords kita. Buat temen-teman yang sudah mencoba Google Adwords mungkin tau quality score itu sangat penting buat kita. Nah, untuk quality score sendiri sebenarnya ada 3 faktor yang bisa mempengaruhi quality score. Yang pertama adalah CTR, jadi bisa dibilang itu perkiraan seberapa besar orang ingin mengklik iklan kita. Kedua adalah ads relevance, jadi relevansi antara iklan, text iklan dan keyword kita. Dan yang ketiga adalah landing page experience, jadi kualitas di landing page kita. Nah setidaknya ada 5 tips yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan ketiga faktor tersebut.

Yang pertama adalah menggunakan ads group yang spesifik. Jadi misalnya, kalau kita mempunyai sebuah toko sepatu olahraga yang menjual sepatu sepak bola dan sepatu basket, kita harus buat masing-masing kategori produk ini dalam 1 ads group. Jadi 1 ads group untuk sepatu sepak bola dan 1ads group untuk sepatu basket. Pembuatan ads group seperti ini dilakukan untuk memudahkan kita membuat text iklan yang relevan dengan keyword yang kita targetkan. Jadi bisa meningkatkan tingkat relevansi iklan kita.

Yang kedua adalah penggunaan keyword match dan negative keyword. Keyword match itu kan ada 4 diantaranya ada broad match, keyword modifier, phrase match, dan exact match. Jadi kalau misalkan kita ingin menargetkan, misalnya orang mencari kata kunci beli sepatu bola, kita bisa menggunakan exact match biar sempit. Tapi kalau ingin menargetkan yang lebih luas, kita bisa menggunakan broad. Nah masalahnya kalau misalkan kita pakai broad, terkadang ada kata kunci yang kurang relevan tapi tetap mentrigger iklan kita. Misal ada orang yang mencari tips bagaimana cara merawat sepatu bola. Tapi yang keluar iklan kita yang isinya beli sepatu bola itu kan kurang relevan ya. Nah kita bisa menggunakan negative keyword, agar kata kunci yang kurang relevan dengan iklan kita tidak mentrigger iklan kita.

Yang ketiga itu gunakan kata kunci dalam text iklan kita. Jadi kalau misalkan kita mentargetkan kata kunci beli sepatu bola, nah masukkan kata kunci itu dalam iklan kita, itu juga bisa meningkatkan tingkat relevansi iklan kita.

Selanjutnya yang ke-empat agar gunakan text iklan yang menarik, dan juga jangan lupa menggunakan call to action. Nah call to action ini penting, karena selain memancing orang untuk mengklik iklan kita, itu juga bisa membantu user memahami apa yang bisa mereka lakukan setelah mereka mengklik iklan kita.

Yang kelima adalah optimasi landing page kita. Nah untuk optimasi landing page kita, pertama yang bisa kita lakukan adalah pastikan landing page kita itu kontennya relevan dengan iklan text kita. Juga pastikan navigasinya memudahkan user mencari informasi yang mereka butuhkan. Jangan lupa juga buat landing page kita mobile friendly dan cepat untuk diakses.

Nah itulah 5 tips yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan quality score kita. Terima kasih, sampai jumpa lagi di Toffeedev Sharing Monday selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *