Hindari Bujet Bocor Dalam Menggunakan Google Ads
Hindari Bujet Bocor dalam Menggunakan Google Ads
Februari 5, 2020
3 Jenis Keyword Tracking
3 Jenis Keyword Tracking yang Bisa Anda Manfaatkan
Februari 5, 2020
Show all

Mobile First Design: Strategi Terbaik Dapatkan Kesuksesan

Mobile First Design

Mobile First Design

Perangkat mobile adalah sebuah benda yang tidak pernah lepas dari tangan masyarakat saat ini. Para pengunjung kemungkinan akan mengakses website Anda melalui perangkat mobile. Sehingga tidak ada salahnya jika Anda mengutamakan ara pengguna mobile. Hal ini memuncul sebuah strategi baru, yaitu mobile first design. Namun apa itu mobile first design?

Basic of Mobile First Design

Secara gampang, mobile first design adalah dimana Anda mengutamakan desain UI dan UX website pada perangkat mobile, dan kemudian dilanjutkan ke desktop.

Anda akan mengutamakan visual dan visibility dari mobile site, seperti teks yang mudah dibaca, buton yang berjarak, hingga gambar yang berkualitas namun tidak memenuhi halaman Anda.

Anda akan mengutamakan kenyaman dalam menggunakan mobile site Anda terlebih dahulu, dan baru mulai mendevelop desktop site Anda.

Mobile-first Content Marketing

Blog adalah salah satu tools yang bisa Anda gunakan untuk membangun relasi serta engagement. Maka akan lebih baik jika Anda juga membangun konten yang akan menguntungkan strategi mobile first Anda, maka perhatikan poin-poin berikut ini:

  • Apakah kalimat dan paragraf Anda muat dalam mobile site Anda
  • Apakah hyperlink yang anda tautkan memiliki jarak yang cukup, sehingga tidak akan terjadi miss click.
  • Apakah ada gambar yang ditautkan mengganggu flow dari teks Anda?
  • Apakah teks Anda di load dengan cepat, atau adakah video dan gifs yang memperlambat proses loading?

Dengan memperhatikan poin-poin tersebut maka Anda dapat meningkatkan readability dari konten Anda.

Produk atau Servis yang Mobile-first

Mungkin sudah ada beberapa bisnis yang sudah mendisplay produk atau servis mereka dengan format mobile first. Terutama ecommerce, banyak dari e commerce sudah memiliki foto produk, filter pencarian, dan algoritma untuk menentukan produk yang mirip. Hal ini akan sangat memudahkan interaksi dalam mobile site.

Baca Juga: Tips Marketing: Optimasi Konten Mobile Anda

Maka akan lebih baik bagi Anda yang menggunakan website sebagai platform untuk bisnis, mengikuti langkah-langkah diatas.

Anda bisa menggambar pola dari apa yang dilihat para pengguna Anda, dan maksimalkan UX berdasarkan hasil tersebut.

Minta pendapat dari pelanggan baru Anda, melalui pengalaman mereka dari awal hingga selesai pada perangkat mobile mereka. Kemudian tanyakan kepada mereka tentang apa yang bagus dan berguna dan apa yang tidak. 

Apakah semuanya mudah ditemukan? Apakah mereka mengalami saat-saat frustrasi ketika menggunakan platform mobile Anda? Coba periksa di komputer sebagai perbandingan. Jika lebih mudah untuk menggunakan situs web bisnis Anda di komputer dibandingkan perangkat mobile, sedangkan pengunjung atau klien Anda mulai datang dari perangkat mobile, maka tiba saatnya untuk membuat beberapa perubahan.

Anda juga bisa mengecek berbagai UX dari situs lainnya, sehingga Anda dapat membuat UX yang baik untuk website Anda.

Mobile first design memang terdengar sedikit sulit untuk dilakukan, namun percayalah, strategi ini akan sangat menguntungkan Anda kedepannya terutama di tahun 2020.

Bagaimana? Apakah Anda memiliki pendapat yang berbeda? Atau ada masukan untuk artikel ini? Silahkan tulis dalam kolom komentar dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *