Googlebot
Googlebot, Robot yang Akan Indexing Website Anda
Maret 19, 2020
Arti Webinar
Arti Webinar dan Manfaatnya Untuk Bisnis Anda
Maret 20, 2020
Show all

Apa itu Vlog? Bagaimana Sejarah Singkatnya?

Apa itu Vlog

Apa itu Vlog

Konten di internet saat ini sudah memiliki berbagai macam bentuk dan tidak lagi hanya terpaku pada blog ataupun artikel. Salah satu jenis konten yang cukup digemari adalah konten multimedia seperti podcast dan video. Salah satu bentuk konten video adalah vlog, yang menjadi trend dalam beberapa tahun terakhir, terutama pada website berbagi video seperti youtube. Jenis konten video ini bisa meraup berjuta – juta views, dan ada banyak sekali youtuber terkenal yang menjadikan konten video ini sebagai konten utama mereka, sebut saja Casey Neistat, David Dobrik, Logan Paul, dan masih banyak lagi. Tapi apakah Anda sudah tahu apa itu vlog?

Apa Itu Vlog

Vlog sendiri adalah sebuah video yang mempunyai tema tertentu yang dikemas dalam konsep dokumentasi jurnalistik dan di upload dalam sebuah website. Video – video vlog akan berisi tentang ketertarikan, opini, ataupun kehidupan, hampir mirip dengan tayangan yang kita lihat di televisi.

Namun proses untuk membuat vlog tidak akan serumit membuat sebuah tayangan televisi. Istilah vlog sendiri merupakan singkatan dari video blog.

Untuk bisa memahami apa itu vlog, kita bisa melihat sedikit sejarah dibalik vlog itu sendiri.

Awal Mula Vlog

Adam Kontras adalah orang yang memulai konten vlog ini. Ia mulai memposting sebuah video kedalam entri blognya pada tahun 2000. Di tahun yang sama, pada bulan November, Adrian Miles juga memposting sebuah video kedalam blog nya dan menggunakan kata vlog yang merujuk pada video blog yang ia posting. 

Baca Juga: Pahami Cara Menambah View YouTube Berikut Ini

Di tahun 2004, Steve Garfield meluncurkan video blognya sendiri dan menyatakan bahwa tahun itu adalah tahunnya video blog. Setelah itu mulailah dikenal yang namanya vlog. Memasuki tahun 2005, Yahoo! Video Blogging mendapatkan peningkatan anggota secara drastis. Kemudian munculah sebuah website berbagi video yang kita kenal dengan nama YouTube muncul. Dan dalam sekejap, YouTube mendapat peringkat 5 website yang paling banyak dikunjungi.

Ciri-Ciri Vlog

Walaupun sebenarnya tidak ada yang bisa menentukan apa sebenarnya ciri – ciri dari sebuah vlog secara pasti, namun apabila kita memperhatikan vlog – vlog yang sudah diupload, kita bisa menarik 3 hal ini sebagai ciri – ciri dari sebuah vlog. Yaitu:

  • Durasi yang tidak terlalu panjang. Biasanya kurang dari 20 menit.
  • Memiliki sebuah tujuan untuk dibagikan kepada orang lain.
  • Dibagikan secara online. Contohnya melalui Youtube, Vimeo, Daily Motion, Facebook, dll.

3 hal di atas bisa saja kita katakan sebagai ciri – ciri dari sebuah vlog. Jenis dari vlog pun bisa bermacam – macam, mulai dari vlog tentang komedi, vlog tentang hobi, vlog tentang gaya hidup, vlog tentang liburan atau jalan-jalan (traveling), vlog tentang kehidupan sehari-hari (daily activities), hingga vlog tentang curhatan maupun opini.

Kita bisa menemukan vlog – vlog ini di berbagai situs di internet.

Kesimpulan

Vlog adalah jenis konten yang sangat digemari oleh orang – orang saat ini. Karena memiliki berbagai macam bentuk dan jenis, sekaligus ada banyak pilihan vlogger yang bisa Anda nikmati kontennya. Mudahnya menemukan konten – konten ini juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa vlog bisa sepopuler sekarang. Vlog bisa menjadi sebuah hiburan tersendiri bagi beberapa individual.

Jadi apakah Anda sudah tahu apa itu vlog? Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *