Jenis-Jenis E-Commerce
Jenis-Jenis E-Commerce yang Perlu Anda Ketahui
Januari 2, 2020
5 Tren Konten Terbaik Untuk 2020
5 Tren Konten Terbaik Untuk 2020
Januari 9, 2020
Show all

Pengertian dan Keunggulan dari Pinterest

Pengertian Pinterest dan Keunggulannya

Media sosial menjadi suatu aplikasi yang saat ini sangat akrab digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dari era Friendster, MySpace, Facebook, hingga Twitter, perkembangan media sosial terus dirasakan. Namun dari nama-nama media sosial di atas, sebenarnya ada media sosial yang cukup berbeda dibandingkan yang lain.

Media sosial identik dengan update status, memposting foto, dan saling memberikan komentar. Namun pendekatan berbeda dimiliki oleh Pinterest. Pinterest adalah sebuah media sosial yang mengedepankan multimedia dari berbagai website. Bisa dibilang Pinterest sedikit memiliki gaya yang sama seperti Instagram yaitu fokus dengan visual, tapi tetap ada perbedaan yang cukup terasa.

Pinterest bisa mengakomodir Anda di dalam mengumpulkan multimedia yang sesuai dengan keinginan. Contohnya jika Anda ingin mengumpulkan multimedia bertema fashion. Dengan Pinterest, semua multimedia yang ada di dalam website bisa Anda kumpulkan sesuai dengan keinginan. Jadi, Anda bisa memiliki satu folder yang diisi dengan tema fashion.

Walau kurang terdengar di Indonesia, Pinterest sebenarnya sangat baik untuk media marketing website Anda. Mengapa bisa begitu? Faktanya, sebuah pin di Pinterest bisa tersebar lebih luas dibandingkan mengirimkan tweet di Twitter. Pin di Pinterest juga bisa meningkatkan page visits dan pageviews dari website milik Anda. Pastinya Anda ingin menaikkan traffic website Anda, bukan? Maka dari itu, gunakan saja Pinterest.

Perlu diakui, Pinterest lebih banyak dipakai oleh industri luar negeri dibandingkan di Indonesia, tapi tidak ada salahnya Anda mencari peluang yang masih terbuka lebar di sana. Untuk meyakinkan Anda, berikut beberapa keunggulan dari Pinterest yang bisa Anda rasakan.

  • Pusat inspirasi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Pinterest adalah media sosial yang penuh dengan multimedia. Multimedia seperti foto di sana juga memiliki kreativitas yang berbeda-beda. Dan hal itu adalah pertanda yang bagus.

Sekarang Pinterest memiliki visitor lebih dari 300 juta orang dan mereka semua mengunjungi media sosial yang identik dengan warna merah itu untuk mencari inspirasi demi mendapatkan sumber ide yang optimal. Memang tidak dapat dipungkiri, dengan menonjolkan sisi visual, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari sana asalkan mampu mengolah visual dengan baik.

Baca juga: 5 Tren Konten Terbaik Untuk 2020

  • Fokus kepada visual

Keunggulan lainnya dari Pinterest adalah fokus kepada visual. Siapa yang tidak suka dengan tampilan visual yang menarik? Tentu saja semua orang suka dengan tampilan yang indah dan menarik. Nah, itulah yang dicoba dijual oleh Pinterest, dan ternyata berhasil.

Hal ini membuat Pinterest sering digunakan oleh berbagai macam online shop untuk mereka menjual barang. Ini dikarenakan para pengguna Pinterest bisa lebih mudah tergoda dalam membeli barang yang ada di sana karena tampilan visual. Namun tetap, di dalam masing-masing postingan tersebut bisa ditambahkan deskripsi tulisan.

Baca juga: Tips Dan Strategi Instagram Marketing Untuk Bisnis

  • Cocok sebagai media promosi alternatif

Dengan nama Pinterest yang saat ini perlahan-lahan naik ke permukaan, media sosial ini bisa menjadi media promosi alternatif untuk Anda. Daripada hanya menggunakan Facebook Ads atau Google Ads, Anda bisa mengoptimalkan promosi dari perusahaan Anda dengan Pinterest. Namun perlu diingat, jangan sampai lupakan penggunaan visual yang baik. Berikan foto yang menarik sehingga bisa menarik perhatian mata pengguna Pinterest.

Itulah pengertian dan manfaat dari Pinterest yang berguna untuk Anda gunakan sebagai media promosi. Semoga informasi mengenai Pinterest ini bermanfaat dan menambahkan ilmu Anda dalam dunia media sosial yang terus berkembang.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *