UI Design Adalah
Mengenal UI Design Secara Lebih Mendalam
Juni 3, 2020
Cara Promosi di Instagram
Cara Promosi di Instagram dengan Mudah
Juni 3, 2020
Show all

Seluk Beluk Cyber Security yang Penting di Era Internet

Cyber Security Adalah

Cyber Security Adalah

Internet adalah dunia tanpa batas. Di dalam internet, Anda bisa mendapatkan berbagai macam hal, dari yang sangat penting hingga yang tidak penting sekalipun. Inilah mengapa internet menjadi teknologi yang tidak mungkin tergantikan sampai kapanpun. Namun ada sisi lain dari internet yaitu semakin tipisnya batas data-data rahasia Anda dengan kondisi normal. Sekarang Anda bisa memasukkan data-data tersebut dengan mudah, seperti alamat, nomor telepon, bahkan foto KTP, demi mencapai satu tujuan. Untuk bisa menjaga data-data tersebut, sudah jelas harus ada cyber security. Cyber security adalah teknologi untuk melindungi jaringan hingga data dari serangan para hacker.

Tentu saja pada saat ini isu cyber security sedang berkembang di tengah masyarakat. Khususnya ketika beberapa e-Commerce asal Indonesia terkena serangan hacker yang telah berhasil mencuri data-data para pengguna e-Commerce tersebut. Kondisi seperti ini memiliki arti bahwa semakin hari semakin penting keberadaan cyber security itu. Sebenarnya bagaimana seluk beluk cyber security? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjelasannya di bawah ini.

Cyber Security Adalah…

Sebelum membahas cyber security lebih dalam, mari membahas pengertiannya terlebih dahulu. Secara garis  besar, pengertian cyber security adalah teknologi yang bisa menjaga jaringan, data, program, hingga komputer yang terhubung dengan internet. Dengan cyber security, maka serangan dari para hacker yang ingin mengambil alih data-data di dalamnya tidak akan berhasil.

Di dalam cyber security, serangan atau gangguan itu biasanya dibagi tiga poin. Pertama, kerahasian (confidentiality), ketersediaan informasi (availability), dan integritas (integrity). Dari semua perusahaan yang sudah berbasis digital, khususnya dalam menyimpan data-data penting, sudah pasti memerlukan cyber security. Tanpa cyber security, maka bisa saja ada bahaya yang mengintai. Malah dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, sudah wajib menggunakan cyber security.

Perlu diketahui bahwa data-data penting yang disimpan dan tidak bisa diakses oleh sembarangan orang itu adalah rahasia yang harus dijaga sebaik-baiknya. Ketika data tersebut bocor dan disalahgunakan, maka kepercayaan terhadap perusahaan tersebut bisa hancur selama-lamanya.

Elemen Dalam Cyber Security

Di dalam cyber security sendiri, ada beragam elemen yang menjadi pilar utama dari benteng pertahanan dalam menjaga kerahasian data. Elemen-elemen itu terdiri dari:

  • Dokumen Security Policy

Dokumen Security Policy adalah dokumen standar yang memang dijadikan pedoman dalam proses melakukan keamanan dari data dan informasi yang dimiliki. Intinya adalah menjadi acuan yang harus diikuti.

  • Information Infrastructure

Information Infrastructure adalah media yang memiliki peran dalam lancarnya operasi informasi. Biasanya meliputi hardware dan juga software, seperti sistem operasi, database, website, router, server, dan lainnya.

  • Perimeter Defense

Selanjutnya ada Perimeter Defense yang bertugas sebagai komponen pertahanan untuk IDS, IPS, dan firewall.

  • Network Monitoring System

Elemen ini memiliki peran penting dalam mengecek dan memonitor kualitas dan performa dari infrastruktur informasi yang ada.

  • System Information and Event Management

Elemen ini berguna untuk memonitor setiap kejadian yang ada di dalam jaringan. Dengannya, maka ketika ada masalah keamanan, bisa langsung terdeteksi dengan cepat.

  • Network Security Assessment

Elemen ini berperan untuk mengontrol serta memberikan measurement level dari keamanan informasi yang sudah ada.

  • Human Resource dan Security Awareness

Sesuai namanya, elemen ini fokus terhadap para petugas yang bertugas untuk menjaga keamanan informasi yang ada.

Baca Juga: Pentingnya Keamanan Website Demi Menjaga Data

Itulah penjelasan tentang seluk beluk cyber security. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *