Konten Duplikat
Pentingnya Memahami Konten Duplikat Dalam SEO Anda
Februari 4, 2020
Penulis SEO Profesional
Berikut Rahasia Untuk Menjadi Penulis SEO Profesional
Februari 4, 2020
Show all

Kebiasaan dan Taktik SEO Buruk yang Harus Ditinggalkan

Kebiasaan dan Taktik SEO Buruk

Kebiasaan dan Taktik SEO Buruk

Ada beberapa kebiasaan jelek serta taktik SEO buruk yang sama sekali tidak berguna, bahkan lebih buruknya bisa memberikan penalti untuk website Anda. Berikut ini adalah kebiasaan dan taktik buruk yang harus Anda tinggalkan:

1. Membuat Halaman dengan Konten yang Mirip

Masalah ini sudah tidak menjamur seperti dulu, namun masih muncul beberapa kali. Halaman dengan konten yang sama biasanya dibuat dengan tujuan untuk targeting keyword, ini bukanlah strategi yang baik.

Intinya Anda akan berakhir dengan halaman yang tidak memiliki kualitas sama sekali, yang dapat.

2. Link Building Menggunakan Template Email yang Generik

Saat ini link building sudah menjadi taktik marketing dibanding taktik SEO. Pesan yang disampaikan ketika meminta link lebih terlihat seperti spam.

Kustomisasi pesan Anda sesuai untuk orang yang akan menerimanya, dengan begitu pesan yang Anda kirim akan lebih personal.

3. Mencoba Untuk Mencari Link yang Banyak untuk Menyelesaikan Masalah Ranking

Link masih memiliki kepentingan saat ini dalam masalah ranking hasil pencarian, namun link juga bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi algoritma dari ranking.

Kebanyakan masalah ranking ini muncul disebabkan oleh link. Link yang didapatkan dengan cara yang tidak natural, seperti link schemes, link direktori yang buruk, membeli link, dan taktik-taktik spam lainnya.

Sudah saatnya Anda merubah fokus menuju user-focused link building.

4. Sekedar Menambahkan Konten Untuk SEO

Konten dan SEO tidak akan bisa dipisahkan, konten dibutuhkan untuk mengoptimasi SEO Anda.

Namun kebanyakan masalah yang terjadi adalah sekedar menambahkan konten untuk tujuan meng improve SEO.

Konten seperti ini kebanyakan berkualitas rendah, dan tidak relevan. Konten tidak hanya dibaca oleh mesin, manusia juga akan mengkonsumsi konten Anda. Maka pastikan setiap konten yang Anda masukan relevan dan dibuat dengan baik.

5. Melewati Elemen Fundamental dalam On-Page Optimization

On-Page Optimization adalah tahapan yang penting dalam proses optimasi SEO, ada banyak hal yang harus Anda optimisasi seperti title tag, meta description, hingga keyword dalam konten Anda.

Jangan sampai Anda melewatkan proses On-Page optimization ini, karena tanpa proses ini akan sangat sulit bagi konten Anda untuk muncul pada hasil pencarian, karena robot dari search engine tidak akan mengerti isi dari konten Anda.

Baca Juga: Risiko SEO yang Bisa Anda Manfaatkan atau Hindari

6. Tidak Mengidentifikasi atau Memperbaiki Masalah Technical

Bagian technical tidak bisa dilupakan begitu saja. Lakukan site Audit dahulu untuk mengetahui masalah apa saja yang ada di sebuah website. 

Isu technical akan mempengaruhi website Anda secara negatif.

Masalah yang biasanya terjadi adalah, redirect yang tidak baik, load time yang lambat, mobile error, duplikasi konten, blocked page yang tidak di sengaja.

7. Lupa untuk Mengoptimasi Gambar

Gambar sering sekali dianggap remeh, banyak yang melewatkan kesempatan untuk mengoptimasi gambar.

Ketika menambahkan gambar kedalam website, pastikan Anda juga mengoptimasi nya. Masukan keyword dalam nama file gambar tersebut. Dan optimasi alt attribute dengan deskripsi yang baik, dan tidak keyword stuffed.

8. Memberikan Laporan yang Biasa Saja

Tidak semuanya mengerti mengenai SEO, oleh karena itu Anda harus memberikan laporan yang baik agar klien Anda mengerti mengenai hasil dari pekerjaan SEO yang dilakukan.

Namun jangan buat laporan yang terlalu sulit untuk dimengerti, sediakan data key performance indicator (KPI) agar laporan Anda dapat menjadi lebih baik.

9. Tidak Up-to-date Dengan SEO Best Practice

SEO akan selalu berubah, banyak perubahan di masa depan yang akan diperkenalkan. Oleh karena itu akan sangat menguntungkan jika Anda tetap up-to-date- dengan berbagai perubahan yang terjadi.

Bagaimana? Apakah Anda memiliki pendapat yang berbeda tentang taktik SEO buruk? Atau ada masukan untuk artikel ini? Silahkan tulis dalam kolom komentar dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Ryan Adam
Ryan Adam
SEO Specialist di ToffeeDev sejak 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *