Tantangan Dalam Digital Marketing
Tantangan Dalam Digital Marketing
Mei 9, 2019
Show all

Tips Memulai Desain Website

Halo ketemu lagi dengan saya Deka di Toffee #sharingmonday dan kali ini saya akan berbagi tips mengenai hal yang perlu diperhatikan ketika baru memulai desain sebuah website. Ketika kita akan mendesain website, ada banyak hal yang perlu kita perhatikan. Yang pertama kita harus tahu goals atau tujuan dari website tersebut. Jadi kita harus tahu dan paham dari sisi klien mau buat website seperti apa. Tujuan dia apa untuk apa dan kalau dia mau menjual produk kita harus paham produk apa yang dia jual, segmen untuk siapa, nah setelah benar-benar paham dengan tujuan membuat website, kita punya gambaran nantinya desain dan navigasi seperti apa.

Jadi hal pertama yang harus diperhatikan harus tahu tujuan dari website itu dibuat. Kalau sudah tahu, kita bisa merencanakan navigasinya seperti apa. Menu di website harus kita rencanakan dan usahakan buat navigasi yang semudah mungkin. Tujuannya biar pengunjung ketika mengunjungi website tidak kesulitan dan tentunya dimudahkan dengan navigasi yang ada. Jangan pernah membuat navigasi di website yang membingungkan karena penting dari sisi UX.

Setelah tahu tujuannya apa, kita bisa cari referensi desain dulu. Untuk mencari referensi ini cukup penting. Beberapa website yang biasa saya gunakan Pinterest, Behance, cocok banget untuk mengembangkan skill kita ke depannya. Desainnya bagus-bagus banget.

Nah, kemudian yang keempat setelah kita mendapat referensi, kita harus memperhatikan style designnya. Kita tahu tujuan dan navigasi seperti apa, kita perhatikan dari style design seperti apa. Salah satu contoh dari segi warna. Cukup penting. Karena warna bisa mencerminkan branding. Biasanya dari warna, kita mengambil warna itu dari sisi corporate atau logo. Jadi usahakan feel keseluruhan website yang kita desain tidak berbeda jauh dengan logo klien yang dia punya.

Kemudian dari elemen juga perlu diperhatikan. Terus dari penggunaan jenis huruf juga penting diperhatikan biasanya saya gunakan di Google Font supaya mudah saat proses developmentnya nanti. Yang tidak kalah penting penggunaan gambar sangat penting karena sebagus apapun layout yang kita buat, kalau gambarnya jelek, tetap saja mempengaruhi hasil desain. Jadi usahakan cari gambar yang sebagus mungkin dan serelevan mungkin dengan tujuan website yang dibuat. Dari pengalaman saya ketika mendesain sebuah website, sebagus apapun layout yang kita buat, kalau gambarnya jelek, itu bakal merusak desain website yang kita buat. Jadi penting banget dari sisi gambar.

Setelah kita merencanakan semuanya dari mulai navigasi seperti apa, tujuan website kita tahu, referensi dan style design kita tahu, baru kita mulai desain prototype. Tools yang sangat familiar itu Photoshop atau Illustrator. Prototype yang kita desain tentu yang akan kita presentasikan pada klien. Pastikan kita benar-benar paham setiap elemen, warna, ada penjelasan supaya berkonsep. Jadi selain bagus berkonsep dan ada maknanya. Oke cukup sekian tips yang perlu diperhatikan ketika mulai mendesain website. Semoga bermanfaat dan sampai bertemu di Toffee #sharingmonday minggu depan.

Deka Mulyana
Deka Mulyana
Graphic Designer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *