Apakah Website Anda Membutuhkan SSL (Secure Socket Layer)?
Juni 18, 2018
Kriteria Website Yang Nyaman Untuk Dikunjungi?
Juli 2, 2018
Show all

Tips Mudah Untuk Memulai Menjadi UI Designer

Selamat datang di Toffeedev Sharing Monday! Pada kesempatan kali ini saya akan sharing, tips mudah untuk memulai menjadi seorang UI Designer. Nah, jadi buat teman-teman yang mungkin baru terjun ke dunia UI Designer atau baru ingin memulai menjadi seorang UI Designer tapi, mungkin masih kebingunan harus memulai dari mana gitu. Nah, disini saya akan membagikan beberapa tips mudah untuk kalian. Semoga bermanfaat, ya.

Tips Mudah Untuk Jadi UI Designer

Oke, di tips yang pertama itu perhatikan kata-kata user dan interface. Oke. Sesuai dengan namanya, UI merupakan singkatan dari user dan interface, user interface yang merupakan tampilan sebuah produk digital. Nah, seorang UI Designer bertugas untuk membuat tampilan tersebut semenarik mungkin dan sebagus mungkin. Namun, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Disini, kata user mendahului kata interface. Nah, karena UI yang baik adalah UI yang selalu memperhatikan sisi user. Jadi, selain membuat tampilan design yang bagus, keren, tapi, kita juga harus bisa memperhatikan dari sisi user jadi, bagaimana membuat tampilan yang selain keren, tapi juga nyaman dan mudah dipahami oleh user. Jadi, intinya si user tidak kebingungan.

Pahami Apa Itu UI Serta Tools

Oke, selanjutnya kalau kita sudah memahami apa itu UI, kita bisa langsung coba-coba membuat sebuah UI. Ada banyak sekali tools yang bisa kita gunakan, kita manfaatkan, salah satunya yang cukup familiar, yaitu photoshop, selanjutnya ada illustrator, ada juga adobe xd atau mungkin untuk teman-teman yang menggunakan Mac, bisa menggunakan aplikasi seperti Framer, Principles, dan mungkin ada lagi Sketch. Nah, aplikasi itu semua hanya tersedia untuk Mac dan perlu diingat semua aplikasi itu memang berbayar, jadi usahakan selalu menggunakan aplikasi yang original. Nah, setelah kita menentukan mau menggunakan tools apa tentunya kita masih kebingungan, mau bikin design yang kayak apa? Nah, disini kita bisa mencari beberapa referensi melalui situs-situs seperti Behance, lalu ada lagi Dribble, atau mungkin situs lokal seperti Kreavi. Jadi, kalian bisa mencari berbagai ide disitu.

Ikuti Perkembangan Tren

Oke, selanjutnya adalah selalu mengikuti perkembangan tren. Seorang UI Designer harus bisa mengikuti perkembangan tren yang sedang berlangsung saat ini, khususnya design web setiap tahunnya selalu mengalami perkembangan atau ada perubahan sebuah design. Jadi, mau tidak mau kita harus mengikuti perkembangan design tersebut, supaya nantinya design yang kita buat tidak kudet. Kita juga bisa melihat design-design yang kekinian dibeberapa situs yang telah saya sebutkan seperti Behance, Dribble disitu design-design-nya selalu up to date, selalu mengikuti perkembangan.

Anggaplah Dirimu User

Nah, tips yang selanjutnya adalah selalu memposisikan diri sebagai user. Mungkin tadi sudah saya jelaskan sedikit, ketika mendesign sebuah UI baik itu sebuah web atau aplikasi selalu memposisikan diri kita sebagai user, jadi tidak selalu membuat design yang keren, interaktif, atau fancy. Tapi, kita harus memikirkan sisi user, jadi bagaimana membuat sebuah UI yang keren dan juga ramah untuk user. Jadi, mudah dipahami juga untuk user. Dan tips selanjutnya, yaitu tiru, amati, dan modifikasi. Dalam proses mendesign sebuah UI kita pasti memiliki sebuah referensi, untuk kita jadikan acuan.

Trik Mudahnya

Nah, disini kita bisa menggunakan teknik tiru, amati, dan modifikasi. Awalnya kita bisa amati dulu design yang kita  buat. Referensi yang kita punya itu tampilannya seperti apa, setelah kita pahami bisa kita tiru. Awalnya kita tiru saja, sama persis juga tidak apa, cuman selanjutnya kita bisa modifikasi. Dan dari design yang kita buat dari referensi tadi, apa sih yang bisa kita kembangkan? Apa yang bisa kita tambahkan? Fitur apa yang kita bisa buat lebih baru lagi? Jadi, biar nantinya website yang kita buat atau tampilan UI yang kita buat bisa jauh lebih kerem dari referensi yang kita punya.

Nah, oke, cukup sekian beberapa tips mudah untuk menjadi seorang UI Designer, jadi untuk teman-teman yang baru akan mulai terjun menjadi seorang UI Designer, mungkin bisa menggunakan tips-tips yang tadi saya sebutkan. Semoga bermanfaat dan cukup sekian Toffee Sharing kali ini dan sampai ketemu di Toffee Sharing minggu depan.

Deka Mulyana
Deka Mulyana
Graphic Designer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *