pengertian seo
Pengertian SEO – Apa Itu SEO?
September 2, 2014
Top 10 Effective Website Tips Untuk Business
September 18, 2014
Show all

Top 3 Hal Dalam Memilih Web Hosting

Saat anda memulai bisnis online, hosting menjadi sebuah aset yang paling berharga dari bisnis. Tanpa hosting, bisnis anda di online tidak akan berjalan.

Namun memilih hosting saat awal biasanya sangat membingungkan. Banyak hal yang perlu di perhatikan mulai dari kapasitas, sitem operasi, lokasi, harga, dsb.

Kebanyakan orang salah memilih penyedia jasa hosting sejak awal dan membuat mereka kesulitan saat bisnis mereka berkembang. Berikut adalah 3 hal yang paling saya perhatikan saat saya memilih web hosting

Support

Bantuan dari team ahli sangat penting. Anda mungkin mempunyai staff IT. Namun kebanyakan tidak mahir atau ahli dalam server. Kenapa? Karena memang dibutuhkan pengetahuan khusus mengenai server ini.

Mencari support yang dapat membantu anda kapanpun dibutuhkan adalah vital. Terkadang anda tidak tahu kapan hosting anda memiliki masalah. Bisa jadi tengah malam atau pagi hari.

Saya memastikan kalau team support perusahaan hosting selalu 24/7. Biasanya saya coba menghubungi support mereka terlebih dahulu sebelum memesan dengan mereka. Bisa melalui Chat, Telp atau email.

Chat Support adalah support yang paling saya pilih. Disini dapat di lihat seberapa cepat mereka merespon kebutuhan anda.

Feature

Perkembangan teknologi sangat cepat. Anda ingin Hosting anda selalu di update dengan teknologi terbaru.

Fitur-fitur seperti Solid State Drive, CDN, Time Machine Backup adalah fitur yang saat ini sedang populer. Tidak banyak perusahaan hosting yang menggunakan fitur ini. Apabila anda sedang mencari perusahaan hosting, anda bisa tanya mengenai hal ini.

Scale

Setiap bisnis pasti ingin berkembang dan pasti berkembang. Kebutuhan hosting juga akan bertambah.

Cari informasi bagaimana penyedia hosting dapat memenuhi kebutuhan anda. Apakah mereka memiliki layanan untuk dapat mengikuti kebutuhan bisnis anda di masa depan?


 

Jangan terpaku hanya dari biaya. Terutama mereka yang menuliskan ‘Unlimited’ di setiap fitur mereka, karena tidak ada yang namanya unlimited. Di satu titik, anda tetap perlu menambahkan hosting anda.

Salah satu (dan satu-satunya perusahaan lokal) yang saya rekomendasikan adalah Dewaweb. Mereka memenuhi ketiga hal di atas dan tidak ada alasan untuk tidak menggunakan mereka bagi bisnis di Indonesia.

Dengan lokasi server di Singapore, data akses menjadi lebih cepat. (Secara personal saya belum menemukan server yang baik untuk lokasi di Indonesia. Kecuali anda ingin menggunakan Dedicated Server di Indonesia)

Dan mereka juga memiliki fitur terbaru di dunia Hosting seperti backup, auto healing, dsb. Anda bisa melihat fitur mereka disini

Anda memiliki info tambahan mengenai pemilihan Hosting? berikan komentar.

P.S. Selamat kepada Dewa Web yang launch secara resmi hari ini (9 September 2014) di Indonesia. Keep up the Great work.

Ryan Kristomuljono
Ryan Kristomuljono
Internet Marketing & Website Consultant. Untuk membantu bisnis berkembang di dunia internet adalah tujuan saya dalam setiap meeting, conference, workshop, dsb. Get connected with me.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *