Google Analytics VS Ad Server: Mana Yang Lebih Akurat?
April 6, 2016
Bagaimana Cara Bertahan Pada Tahun Pertama Di Dunia Bisnis
April 8, 2016
Show all

WhatsApp Kini Menambahkan End-to-End Encryption: 100% Rahasia

Messenger milik Facebook ini, kini semakin mengembangkan sayapnya agar para penggunanya semakin nyaman dan aman saat memakainya. Ya, kini WhatsApp hadir dengan terobosan baru yaitu fitur end-to-end encryption, dimana semua pesan termasuk foto, video, bahkan telepon hanya dapat “dibaca” oleh si pengirim dan penerima.

Sebenarnya sistem enkripsi ini sudah ada sejak 2014, hanya saja, enkripsi itu baru sebatas di tingkat pengiriman pesan teks. Pengiriman pesan di grup dan konten media, seperti foto atau video, masih belum dienkripsi. Akhirnya di bulan April 2016 ini semua bentuk pesan yang dikirim via WhatsApp sudah dienkripsi. Bahkan para karyawan WhatsApp pun tidak akan bisa membaca pesan yang dikirim. Jadi, ini 100% rahasia.

WhatsApp yang kini telah mempunyai lebih dari milyaran pengguna, meyakini bahwa enkripsi ini dapat senantiasa memberikan rasa aman ketika user ingin berkirim pesan secara rahasia. Dikutip dari pernyataan resmi Whatsapp, mereka mengatakan bahwa end-to-end encryption memastikan bahwa hanya kamu dan orang yang kamu ajak berkomunikasi sajalah yang dapat membaca apa yang kamu kirim. Selebihnya, mereka menambahkan, hal ini terjadi karena pesan yang kamu kirim telah dilindungi oleh sebuah gembok, dan hanya penerima pesanmu saja yang mempunyai “kunci spesial” untuk membuka gembok tersebut. Untuk perlindungan lebih, setiap pesan yang kamu kirim memiliki gembok dan kunci yang unik. Semua ini terjadi secara otomatis: kamu tidak perlu mengaktifkan setelah di handphone-mu  atau menyunting chat rahasia untuk melindungi pesan tersebut.

Enkripsi ini telah hadir di hampir semua platform, seperti Android, iOS, Blackberry, Windows Phone, dan lainnya. Dan yang perlu kamu lakukan hanyalah mengupdate WhatsApp kamu menjadi versi terbaru. Selamat mencoba!

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *