5 Manfaat SEO Untuk Bisnis Baru Anda
November 21, 2018
9 Cara Membuat Artikel Bagi Pemula
November 26, 2018
Show all

6 Tujuan SEO yang Bisa Anda Ketahui

Hampir semua orang yang terlibat serius dalam praktik optimasi mesin pencari telah menemukan bahwa hal tersebut memiliki hasil yang mengejutkan dan serbaguna. Pemilik situs sering kali mulai mengoptimalkan untuk mendapatkan peringkat sesuai dengan frasa/kata tertentu yang relevan dalam konten yang dimilikinya. Proses pengoptimalan mesin pencari ini merupakan salah satu tujuan SEO untuk sebuah perusahaan mendapatkan pelanggan mereka.

Dalam artikel ini, akan dibahas tentang apa tujuan SEO yang dapat membantu bisnis yang Anda jalani.

  1. SEO untuk mengetahui traffic

Mengoptimalkan situs untuk mesin pencari dan membuat konten yang bertarget pada kata kunci akan menghasilkan traffic situs langsung dari mesin, hal ini biasanya diperluas ke pembagian konten, traffic langsung, dan tautan rujukan. Karena semakin banyak orang menemukan, menggunakan, dan menikmati karya yang Anda hasilkan maka akan menghasilkan traffic yang besar.

Ada ribuan situs di web yang memanfaatkan traffic ini untuk melayani iklan atau membuat sebuah konten. Dari iklan banner ke layakan kontekstual seperti Google AdWords untuk program afiliasi dan seterusnya.

Kapan harus dikerjakan

Gunakan hal ini ketika Anda dapat memonetisasi traffic tanpa adanya transaksi keuangan di situs Anda.

Penargetan kata kunci

Setiap tujuan di sini tidak tercakup pada pemilihan kata kunci tertentu, tetapi untuk membuat banyak konten berkualitas bagus secara alami maka perlu adanya penargetan istilah yang menarik atau biasanya dicari orang lain.

Fokusnya adalah pada aksesibilitas dan praktik terbaik di seluruh situs untuk menghasilkan traffic dengan volume tinggi. Hal ini perlu dikonsentrasikan dengan membuat konten yang bagus. Pengoptimalan berbasis kata kunci juga hanya sebagai metode sekunder untuk mengkonfirmasi judul dari konten yang Anda buat

Optimasi halaman dan konten

Struktur tautan yang dangkal dan sangat dapat dijelajahi sangat penting untuk mendapatkan semua konten Anda masuk indeks. Anda bisa mengikuti praktik arsitektur informasi yang baik dan gunakan struktur kategori dan sub-kategori dan terperinci untuk mendapatkan respon dan manfaat dari artikel yang ada. Anda juga harus mengoptimalkan halaman dengan baik seperti dari judul, tautan internal, sub-judul, dan lainnya) ini akan membuat artikel Anda mudah untuk dibagikan dan dioptimalkan.

  1. SEO untuk penjualan E-Commerce

Salah satu tujuan SEO yang paling banyak diketahui oleh perusahaan saat ini adalah mendorong traffic yang relevan pada toko-toko online untuk meningkatkan penjualan mereka. Traffic pencarian adalah salah satu fasilitas dari SEO yang tersedia pada mesin pencari, hal ini dimiliki karena pengguna pencarian mencari tujuan mereka dengan spesifik. Saat mereka mengetikkan kata kunci yang cocok dengan produk yang Anda miliki maka mesin pencari akan memberikan situs Anda kepada calon pembeli. Saat mereka cocok dengan barang yang ditampilkan, mereka akan membeli produk dari situs Anda.

Riset Forrester memperkirakan pasar online mencapai $235 miliar pada 2009. Dengan begitu banyak dolar yang akhirnya mengalir melalui web, sedikit mengejutkan bahwa e-commerce fokus SEO adalah salah satu aplikasi yang paling kompetitif dan populer.

Kapan harus dikerjakan

Gunakan SEO ketika Anda memiliki produk atau jasa yang langsung dijual di situs web Anda.

Penargetan kata kunci

Bayar per-klik (Pay-per-click) adalah cara terbaik untuk menguji kemanjuran dan potensi ROI target ini. Carilah situs lain yang memiliki lalu lintas padat dan berkonversi dengan baik, kemudian kerjkan. Anda akan sering menemukan bahwa semakin spesifik kueri (sebuah inklusif merek, produk, dan lain-lainnya) maka semakin besar kemungkian pengunjung melakukan pembelian.

Optimasi halaman dan konten

Anda biasanya perlu membangun tautan serius bersama dengan pengoptimalan internal untuk mencapai peringkat tertinggi untuk kata kunci yang kompetitif. Hal ini akan membawa traffic tadi berfokus pada konversi. Pembangunan tautan manual di sini adalah sebuah pilihan, strategi terukur dimanfaatkan komunitas atau pelanggan dapat sama bahkan lebih berharga.

  1. SEO untuk branding produk

Tujuan SEO yang kurang banyak dilakukan oleh perusahaan namun sebenarnya memiliki fungsi yang kuat adalah penggunaan untuk branding sebuah produk. Blogger, situs web media sosial, pembuat konten, outlet berita, dan lusinan penerbit web lainnya telah menemukan nilai luar biasa dalam muncul di pencarian teratas mesin pencari. Dengan begini akan menghasilkan peningkatan pengenalan merk yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan.

Prosesnya cukup sederhana, mirip bagaimana cara iklan tradisional melakukan tujuannya dan memakai cara pengulangan untuk memastikan perangkat pertimbangan pembeli. Demikian juga pada pemasaran online, mereka mengamati bahwa laman situs web secara konsisten berada di bagian atas peringkat penelusuran di sekitar objek memiliki dampak yang bagus pada lalu lintas, pertimbangan, dan otoritas yang dirasakan.

Kapan harus dikerjakan

Ketika Anda memiliki bisnis yang berfokus untuk menarik perhatian dari pasar lebih dari sasaran lalu lintas. Ini sering terjadi pada komunitas sosial baru, blog, atau perusahaan yang memerlukan akuisisi dan partisipasi anggotanya.

Penargetan kata kunci

Seperti pada poin nomor 1, pemberian kata kunci di sini kurang penting. Anda mungkin akan memiliki beberapa istilah yang pada akhirnya menerima lalu lintas tinggi sesuai yang Anda targetkan, tapi mungkin jauh lebih dapat dicapai dan sebanding dengan upaya yang kurang intensif. Pilihlah kata kunci yang membawa lalu lintas dengen kecenderungan sesuai dengan minat yang menari serta yang menjadi khas dari brand yang dimiliki.

Optimasi halaman dan konten

Hal ini juga sama dengan poin nomor 1. Anda dapat membuat situs yang dapat diakses dengan menggunakan struktur tautan yang baik dan praktik terbaik serta fokus pada tautan untuk otoritas domain dibandingkan memasukkan kata kunci yang spesifik.

  1. SEO untuk memimpin akuisisi dan pemasaran yang langsung

Meskipun tahapannya kurang langsung dari penjualan online, akuisisi melalui web adalah sistem yang sama-sama berharga dan penting untuk menarik pelanggan dan pendapatan. Jutaan permintaan pencarian memiliki maksud komersial yang tidak bisa dipenuhi secara online. Ini termasuk pencarian layanan seperti konsultasi hukum, peminjaman komersial, penyedia energy alternative, dan semua layanan atau jasa.

Kapan harus dikerjakan

Hal ini dilakukan saat Anda memiliki produk atau layanan atau tujuan non e-commerce yang Anda inginkan agar pengguna atau calon pembeli mencapai situs Anda serta berharap untuk meninggalkan pertanyaan pada kolom kontak di situs Anda.

Penargetan kata kunci

Sama halnya seperti e-commerce, pilih kata yang mengkonversi dengan baik, memiliki lalu lintas yang wajar dan pernah memakai PPC sebelumnya adalah sesuatu yang baik.

Optimasi halaman dan konten

Meskipun Anda mungkin berpikir e-commerce lebih sulit, akuisisi prospek SERPs sering sama menantangnya. Anda akan membutuhkan kombinasi yang solid dari optimasi di lokasi dan pembuatan tautan eksternal untuk mengarahkan halaman agar menjadi lebih kompetitif di arena yang lebih menantang.

  1. SEO untuk manajemen reputasi

SEO memungkinkan proses manajemen reputasi dengan pembuatan konten dan promosi melalui pembangunan tautan. Sementara manajemen reputasi adalah salah satu tugas SEO yang paling menantang karena Anda akan mengoptimalkan banyak hasil kueri, tidak hanya satu.

Kapan harus dikerjakan

Hal ini dikerjakan saaat Anda mencoba untuk melindungi brand Anda dari hasil negatif yang muncul di halaman pertama atau mencoba untuk menekan konten negatif yang sudah ada, manajemen reputasi SEO adalah satu-satunya jalan menuju sukses.

Penargetan kata kunci

Kelihatannya ini sangat mudah karena hanya mencakup nama Anda, nama merk Anda, atau varian umum yang mungkin Anda sudah ketahui. Anda juga bisa menggunakan alat penelitian kata kunci hanya untuk melihat apakah ada hal populer yang Anda lewatkan.

Optimasi halaman dan konten

Tidak seperti taktik SEO lainnya, manajemen reputasi ini melibatkan pengoptimalan haaman pada banyak domain berbeda untuk mendorong hasil ke dalam SERPs. Ini melibatkan penggunaan profil media sosial, hubungan masyarakat, siaran pers, tautan dari jaringan situs yang mungkin Anda miliki atau kendalikan bersama dengan pengoptimalan klasik dari tautan internal & elemen di halaman tersebut. ini tentunya menjadi salah satu praktik SEO yang paling menantang terutama di Google.

  1. SEO untuk pengaruh ideologis

Bagi mereka yang berusaha untuk memengaruhi opini publik tentang topic tertentu, SEO dapat menjadi alat yang kuat. Dengan mempromosikan konten Anda dalam hasil pencarian dapat membuat mereka menemukannya pada pertanyaan yang mungkin dibuat mereka untuk mencari informasi suatu topic. Anda dapat memengaruhi persepsi bahkan ke kelompok yang besar.

Kapan harus dikerjakan

Tujuan SEO ini dikerjakan saat Anda mengubah pikiran atau memengaruhi keputusan atau pemikiran di sekitar subjek.

Penargetan kata kunci

Sulit untuk mengatakan dengan pasti, tapi jika Anda terlibat dalam jenis kampanye ini Anda mungkin tahu kata kunci utama yang Anda kejar dan dapat digunakan secara luas untuk pencarian.

Optimasi halaman dan konten

Ini merupakan SEO yang sangat klasik, namun memiliki hasil yang berbeda karena Anda terlibat dalam persaingan ideologis di SERPs, kemungkinan Anda punya sekutu untuk mencapai tujuan. Manfaatkan gabungan tautan dan konten Anda untuk mendukung filosofi du juor.

Referensi : https://moz.com/blog/the-6-goals-of-seo-choosing-the-right-ones-for-your-business

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *