10 Taktik Memboosting Ranking Website Anda di Google

Agar bisa sukses memasarkan produk, baik barang maupun jasa secara daring, Anda bisa melakukan banyak cara, seperti misalnya memanfaatkan konten dan website serta laman pencari Google. Bukan tanpa alasan, kebanyakan calon konsumen akan mencari informasi melalui mesin pencari Google untuk mendapatkan solusi dari permasalahan yang dialami atau menjawab kebutuhan mereka.

Lalu, bagaimana caranya agar pengguna tersebut bisa menemukan website Anda di laman mesin pencari Google? Tentu saja website Anda harus memiliki peringkat atas alias berada di halaman pertama Google. Sudah bukan rahasia lagi bahwa pengguna internet akan memilih untuk mengklik website yang ada di urutan pertama hingga ketiga Google.

Pasalnya, bagi para pengguna, website dengan peringkat tiga teratas di laman Google sudah pasti mampu menjawab dan memberikan solusi untuk masalah dan kebutuhan mereka. Hanya sedikit sekali user yang mau memberikan waktu lebih untuk mencari hingga urutan terbawah, bahkan hingga halaman kedua dan ketiga.

Cara Mudah Boost Ranking Website Anda

Sayangnya, tidak sedikit pemilik usaha yang masih belum paham tentang peringkat website sehingga selalu gagal menempati urutan pertama Google. Padahal, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memboosting peringkat atau ranking website di Google sehingga pengguna lebih mudah menemukan website dan produk serta layanan yang Anda tawarkan. 

Nah, berikut 10 cara mudah menaikkan ranking website di Google yang bisa Anda coba lakukan:

1. Buat Konten dengan Menggunakan Optimalisasi SEO

Membuat konten yang berkualitas untuk menarik minat calon pelanggan sudah menjadi kewajiban para pemilik website. Meski begitu, jangan sampai Anda melupakan peran SEO dalam membuat konten. Menerapkan SEO akan memudahkan konten Anda ditemukan oleh user karena adanya keywords yang sesuai saat mereka mengetiknya di mesin pencari. 

Anda perlu tahu bahwa salah satu cara yang paling efektif dalam meningkatkan ranking website adalah dengan menggunakan On-Page SEO. Meski begitu, penerapannya juga tidak boleh asal. Selain perlu menemukan kata kunci yang tepat, Anda juga disarankan untuk tidak melakukan keyword stuffing, memasukkan internal link yang relevan, dan tak lupa memastikan bahwa website Anda sudah mobile friendly. Poin terakhir juga tak kalah pentingnya mengingat mobilitas masyarakat yang tinggi dan bergantung pada gawai.

Baca Juga: 10 Trik dalam SEO yang bisa Anda Manfaatkan

2. Maksimalkan Desain Website yang Berbasis User Experience

User Experience atau lebih dikenal dengan istilah UX adalah pengalaman yang didapatkan user ketika masuk ke website Anda. Berdasarkan penelitian yang dilakukan SEMrush, UX pada website ditentukan oleh empat faktor, yaitu:

  • Website visit: apakah user sering berkunjung ke website Anda.
  • Time on-site: berapa lama user menghabiskan waktu di website Anda.
  • Pages per session: berapa banyak laman yang dikunjungi user saat berada di website Anda.
  • Bounce rate: apakah user langsung kembali ke halaman pencarian tak lama setelah mengklik website Anda.

Sederhananya, User Experience adalah bagaimana membuat pengguna nyaman saat berkunjung dan mencari informasi di website Anda. Ini bisa dicapai dengan membuat tampilan website yang menarik, menambahkan menu atau navigasi yang mudah diakses, hingga memberikan informasi yang lengkap.

Baca Juga: Cara Tingkatkan UX Design Website Untuk Conversion Rate

Jasa SEO

3. Tingkatkan Loading Speed 

Kecepatan akses atau loading speed website juga berpengaruh terhadap peringkat website di mesin pencari Google. Jika website Anda memiliki speed akses yang lambat, user akan malas untuk menunggu karena mereka membutuhkan informasi dengan segera. Akibatnya, website Anda pun akan langsung ditinggalkan dan ini justru akan meningkatkan angka bounce rate.

4. Dapatkan Backlink yang Berkualitas

Backlink merupakan suatu tautan yang berasal dari website lain dan menuju ke website Anda. Semakin banyak backlink yang diarahkan pada website Anda, peluang untuk mendapatkan peringkat website yang lebih tinggi pun akan lebih besar. Terlebih jika backlink berasal dari website yang memiliki traffic tinggi. 

Anda bisa mendapatkan backlink dari website yang berkualitas dengan membuat konten yang memberikan informasi lengkap, akurat, terpercaya, dan pastinya bisa menarik traffic dari pengunjung. Bisa juga dengan memberikan penawaran konten Anda pada website tersebut.

5. Buat Anchor Text yang Relevan

Meski terkesan sepele, anchor text memiliki pengaruh yang besar terhadap SEO. Secara sederhana, memiliki anchor text yang relevan menjadi hal penting dalam membangun sebuah tautan. Ketika anchor text yang Anda masukkan sesuai dengan link yang dituju, mesin pencari Google akan mendapatkan sinyal yang positif terkait website Anda.

Baca Juga: 7 Faktor SEO yang Penting dan Wajib ada untuk Website Anda

6. Gunakan Heading dan Subheading

Menggunakan heading maupun subheading pada konten akan membuat user lebih mudah memahami isi konten tersebut. Keduanya juga turut berpengaruh dalam menentukan ranking website Anda di mesin pencari Google. Pasalnya, tah header sangat membantu dalam menunjukkan struktur konten sekaligus menekankan poin utama yang ingin Anda sampaikan.

7. Optimalkan Penggunaan Gambar

Mengoptimalkan penggunaan gambar sangat penting untuk membantu meningkatkan kecepatan website Anda dan memudahkan Google mengidentifikasi gambar di halaman website tersebut. Pastikan semua gambar situs website Anda telah dikompresi, memiliki nama yang deskriptif, dan menyertakan teks alternatif.

8. Memperbaiki Tautan yang Rusak 

Memiliki tautan berkualitas di situs website Anda menjadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan traffic sekaligus membangun otoritas website. Namun, pastikan tidak ada tautan yang rusak karena akan memunculkan pengalaman pengguna yang negatif dan berpengaruh pada peringkat pencarian Anda di mesin pencari Google. 

9. Buat Tujuan “Position Zero”

Saat user mengajukan pertanyaan di Google, mesin pencari tersebut terkadang menarik konten dari situs website yang relevan dan menampilkannya dalam cuplikan fitur khusus atau kotak jawaban di atas hasil penelusuran pertama. Memasukkan konten ke cuplikan unggulan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan traffic website karena cuplikan biasanya menyertakan tautan ke halaman situs konten.

Tak hanya itu, hal tersebut juga membantu meningkatkan kredibilitas dan visibilitas brand Anda.  Supaya bisa meningkatkan peluang sehingga konten Anda dipilih sebagai cuplikan unggulan oleh Google, pikirkan kemungkinan penelusuran yang terkait dengan bisnis Anda dan tambahkan website dengan jawaban yang jelas dan informatif.

10. Optimalkan Pencarian Lokal

Semakin banyak orang menggunakan ponsel untuk mencari hal menarik yang berada di sekitar mereka. Guna meningkatkan peluang bisnis Anda muncul di penelusuran lokal yang relevan, pastikan Anda mengklaim daftar yang ada di Google My Business, sediakan konten yang relevan, daftarkan bisnis Anda di direktori lokal, dan tingkatkan reputasi online Anda dengan ulasan yang bagus.

Baca Juga: 4 Cara Mengembangkan Bisnis Lokal dengan SEO

Google akan selalu membuat perubahan algoritma terbaru dan ini termasuk bagaimana mesin pencari tersebut menentukan ranking sebuah website. Jadi, pastikan Anda menerapkan taktik di atas dan selalu update dengan informasi terbaru agar selalu bisa mendapatkan peringkat pertama. 
Jika belum mahir mengaplikasikan taktik tersebut dalam website Anda, mintalah bantuan pada ahlinya, seperti misalnya Pakar SEO dan Master SEO. Bersama ahlinya, Anda akan dibantu dalam mengoptimalkan SEO sekaligus menentukan strategi terbaik untuk meningkatkan traffic dan ranking website Anda.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat