Bisnis Kecil Butuh SEO: Inilah Alasannya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Siapa bilang bisnis kecil tidak membutuhkan SEO? Ketika berdiskusi tentang strategi SEO, banyak orang sering melupakan usaha kecil. Padahal, strategi SEO tidak hanya untuk perusahaan besar atau bisnis menengah. Era digital mengharuskan bisnis kecil untuk bersaing menggunakan situs internet dan media sosial sehingga SEO sangat dibutuhkan.

Mengapa Bisnis Kecil Membutuhkan SEO?

Strategi SEO bertujuan menciptakan exposure untuk situs agar mendapat impresi positif dan jumah kunjungan besar. Hal ini tidak hanya penting untuk usaha besar, tetapi juga bisnis kecil. Inilah beberapa manfaat bagi bisnis kecil jika menerapkan strategi SEO:

1. Meningkatkan Jumlah Kunjungan

Bisnis kecil harus menghadapi persaingan ketat dalam mendongkrak jumlah kunjungan ke situs mereka. Teknik SEO memungkinkan pemilik bisnis kecil untuk ikut mendapat posisi situs di peringkat atas hasil pencarian Google setelah pencarian kata kunci. Ketika situs Anda berada di posisi tersebut, jumlah orang yang akan berkunjung pun semakin meningkat.

2. Membangun Popularitas Merek

Meluncurkan merek ke pasar luas sudah cukup menantang, tetapi membangun popularitasnya membutuhkan usaha ekstra. Teknik SEO membantu pemilik bisnis kecil membangun popularitas dan reputasi merek. Hal ini karena orang cenderung lebih percaya pada situs yang berada di peringkat atas hasil pencarian Google.

Baca Juga: Cara Membangun Brand di Dunia Digital

Ketika pengguna internet mengetik kata kunci, mereka akan melihat produk dan nama merek Anda di halaman pertama mesin pencarian. Hasilnya adalah tingkat kepercayaan ekstra terhadap merek atau produk Anda, meskipun masih baru.

3. Menonjolkan Ciri Khas Bisnis

Salah satu ciri bisnis sukses adalah adanya ciri khas atau karakteristik khusus yang membuatnya berbeda dari bisnis serupa. Anda bisa memanfaatkan strategi SEO untuk menonjolkan ciri khas bisnis tersebut. Misalnya, Anda bisa menciptakan konten untuk mempromosikan keunggulan, produk andalan, atau produk baru bisnis kecil, lalu menerapkan taktik SEO agar informasi tersebut tersebar luas.

4. Membangun Basis Pelanggan atau Konsumen

Bisnis kecil harus membangun basis pelanggan atau konsumen secara perlahan. Strategi SEO bisa membantu dalam hal menarik perhatian calon pelanggan lewat penempatan situs di halaman awal hasil pencarian. Situs berperingkat tinggi seperti ini lebih mudah menarik perhatian karena terkesan memiliki reputasi tinggi dan lebih terpercaya.

5. Tingkat Konversi Lebih Tinggi

Konversi berarti Anda sukses mengubah kunjungan menjadi pemasukan. Orang tidak hanya berkunjung ke situs, tetapi juga membeli produk atau memesan jasa yang ditawarkan. Strategi SEO membantu bisnis kecil meningkatkan konversi dengan cara meningkatkan kepercayaan pengunjung dan mempopulerkan situs. Loyalitas konsumen juga membantu mempertahankan dan bahkan meningkatkan laba.

6. Mempercepat ROI

Setiap pemilik bisnis kecil menginginkan investasi mereka kembali dengan cepat (Return of Investment/ROI). Hal ini bisa diraih lewat strategi SEO. Semakin banyak pengunjung yang datang, semakin besar kemungkinan konversi terjadi, dan ROI semakin cepat diraih.

Baca Juga: Cara Menghitung ROI Strategi Digital Bisnis Anda

7. Mempermudah Proses Evaluasi untuk Pengembangan

Penerapan strategi SEO mengharuskan Anda untuk melakukan pendataan strategi setiap bulan demi mengukur keberhasilan. Data ini penting untuk proses evaluasi agar Anda bisa mengembangkan bisnis. Pengusaha yang memiliki sistem pendataan strategi akan sukses lebih cepat dan lama dibandingkan yang tidak.

Setelah melihat semua keuntungan ini, masihkah Anda berpendapat bahwa SEO tidak penting untuk bisnis kecil?Jasa SEO

Cara Menerapkan Strategi SEO untuk Bisnis Kecil

Bisnis kecil tentu tidak memiliki sumber daya yang sama dengan perusahaan besar dalam menerapkan strategi SEO, tetapi bukan berarti tidak bisa. Strategi berikut ini bisa Anda terapkan ketika memulai atau menjalankan bisnis kecil.

1. Pahami Tujuan Pendirian Bisnis Anda

Bisnis kecil harus mulai dari landasan yang tepat: apa yang Anda tawarkan untuk calon konsumen atau pelanggan? Solusi apa yang bisa Anda berikan untuk kebutuhan atau permasalahan mereka? Siapa target pemasaran Anda dan bagaimana sifat serta karakteristik mereka? Mengetahui landasan ini akan menentukan strategi SEO yang Anda ambil.

2. Tentukan Kata Kunci yang Tepat

Sebelum membuat konten untuk situs bisnis kecil, pastikan Anda menggunakan kata kunci yang tepat. Kata kunci ideal harus terdiri dari yang umum (biasanya hanya satu atau dua kata) dan yang lebih spesifik (tiga kata ke atas). Selipkan kata kunci ini secara alami dalam teks konten sehingga terlihat lebih alami.

Bingung mencari daftar kata kunci yang tepat? Gunakan alat gratisan seperti Google Keyword Planner dan masukkan kata kunci utama Anda untuk mendapatkan daftar keyword.

3. Buat “Kalender Konten”

Kalender konten adalah perencanaan jadwal pembuatan konten untuk periode tertentu, misalnya sebulan ke depan. Hal ini membantu Anda konsisten dalam membuat konten menarik. Misalnya, rencanakan pemuatan konten baru setiap seminggu sekali dengan tema tertentu untuk setiap minggunya. Lakukan hal yang sama setiap bulan sehingga situs bisnis Anda terlihat profesional dan konsisten.

4. Pastikan Format Situs/Blog Rapi

Apakah Anda masih bergantung pada situs atau blog murah bahkan gratisan untuk promosi bisnis? Tidak masalah. Pastikan format penulisan kontennya rapi dan enak dilihat. Gunakan paragraf pendek serta numbering atau bullet point. Pilih jenis huruf yang mudah dibaca, dan gunakan format H1, H2, H3, dan seterusnya. Format rapi akan membuat situs atau blog sederhana menjadi lebih profesional.

5. Hindari Fitur yang Tidak Perlu pada Konten

Hindari “memberati” situs Anda dengan hal-hal seperti klip animasi atau gambar yang tidak relevan, warna-warni berlebihan, serta iklan pop-up. Selain mengganggu proses optimasi, fitur-fitur ini juga bisa membuat situs Anda terlihat kurang profesional atau memperlambat proses pemuatan (loading).

5. Manfaatkan Fitur Media Sosial

Media sosial bisa menjadi pendukung strategi SEO bagi bisnis kecil, terutama jika menggunakan aplikasi populer seperti Twitter, Facebook, dan Instagram. Buat postingan menarik berdasarkan jenis bisnis yang dijalankan dan sesuaikan gaya bahasanya dengan target pemasaran. Unggah foto-foto dan deskripsi produk menarik, dan jangan lupa berinteraksi dengan orang-orang yang bertanya atau berkomentar.

Solusi SEO Profesional untuk Bisnis Kecil

Strategi SEO kini tidak hanya populer di kalangan pebisnis besar. Banyak wirausahawan dan pebisnis kecil yang mulai mengenal istilah ini dan menggunakannya dalam usaha mereka. Akan tetapi, bagaimana jika Anda membutuhkan penerapan strategi SEO yang lebih profesional?

Manfaatkan layanan SEO yang fleksibel dan bisa disesuaikan dengan ukuran serta jangkauan bisnis. ToffeeDev menyediakan solusi SEO untuk berbagai jenis bisnis, termasuk usaha kecil dan menengah. Jika Anda pemilik bisnis kecil, gunakan jasa ToffeeDev untuk mendapat berbagai keuntungan seperti:

  • Konsultasi dengan pakar SEO untuk memilih strategi terbaik
  • Penerapan strategi SEO sesuai jenis, ukuran, dan jangkauan bisnis
  • Penerapan solusi untuk masalah spesifik terkait SEO 
  • Penggunaan alat-alat terbaik untuk mempercepat keberhasilan penerapan SEO
  • Pelaporan bulanan untuk keperluan evaluasi agar Anda bisa mengembangkan bisnis

Strategi SEO penting untuk pengembangan bisnis kecil. Jangan ragu menggunakan layanan konsultasi dan penerapan SEO profesional dengan tim Master SEO serta Pakar SEO ToffeeDev sebagai investasi bisnis kecil Anda dan buktikan sendiri manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post