Kenali 5 Teknik SEO yang Umum Digunakan

teknik SEO

Search Engine Optimization atau SEO merupakan strategi yang dianggap paling efektif untuk meningkatkan trafik web. Oleh karena itu, tak heran jika strategi ini kian banyak digunakan oleh berbagai pihak, terutama oleh pebisnis yang melakukan promosi produk dan jasanya melalui media digital seperti website.  Meski telah dilakukan oleh banyak orang dengan berbagai tujuan, penerapan teknik SEO tetap tak boleh dilakukan sembarangan agar hasilnya pun dapat optimal. 

Pengertian SEO

Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan di internet. Website Anda akan ditemukan melalui pencarian kata kunci Google. Website memiliki kemampuan peringkat yang baik jika materi atau artikelnya menerapkan analisis teknis SEO. Kerja SEO ini melalui tool Google yang bernama web crawler yang membantu Google mengumpulkan konten halaman website di internet, kemudian menyimpannya ke database dan mengolahnya.

Jenis-Jenis SEO

Tergantung dari tujuan optimasi, jenis-jenis SEO terbagi menjadi banyak jenisnya. Berikut adalah dua jenis SEO yang wajib diketahui agar Anda dapat menggunakan kebutuhan SEO secara tepat dan benar, dengan begitu maka optimasi website akan terjadi secara lancar.

  • SEO on page: optimasi SEO pada bagian depan situs, contoh SEO on page ini berupa permalink, judul konten, struktur konten, gambar konten dan optimasi gambar, sebaran keyword, kualitas konten, internal link, dan elemen SEO.
  • SEO off page: optimasi SEO pada bagian luar situs, contoh berupa link building, peningkatan domain authority, peningkatan page authority, promosi dan guest blog

Teknik-teknik SEO

Berikut adalah beberapa teknik umum SEO yang harus dipahami sebelum menerapkannya langsung pada situs bisnis Anda.

1. Membuat Konten Original

Menghadirkan konten original di website Anda merupakan salah satu teknik SEO yang paling umum digunakan. Meski terkesan sederhana dan mudah dilakukan, teknik ini memiliki kontribusi yang signifikan dalam menaikkan trafik web. Semakin original dan menarik sebuah konten, maka akan semakin banyak pula pengunjung yang merambahi situs yang Anda kelola.

Originalitas konten dapat diukur dari beberapa poin utama, seperti judul yang berbeda dari konten sejenis, paparan yang sarat informasi, serta penggunaan kata kunci yang tepat. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan hal-hal tersebut sebelum mengunggah konten berisi promosi bisnis.

Baca Juga : Apa itu Konten Plagiat Dalam Strategi SEO?

2. Menciptakan User Experience yang Nyaman Digunakan

Teknik SEO lain yang banyak diterapkan adalah optimalisasi user experience. Poin ini dianggap penting karena berdasarkan hasil survei, lebih dari 70% pengguna internet tidak akan mengunjungi website yang sama jika User Experience pada situs tersebut dianggap membosankan atau menyulitkan.

Pengoptimalan User Experience juga berdampak langsung pada kecepatan akses. Anda sendiri pasti akan menikmati pengalaman mengakses situs yang setiap kontennya dimuat dengan cepat tanpa kendala apa pun.

Jasa SEO

3. Memasang Google Analytics

Fungsi utama dari Google Analytics adalah mengamati perilaku pengunjung yang merambahi situs Anda. Situs web yang telah dipasangi perangkat ini dapat menampilkan pergerakan pengunjung, dari halaman apa saja yang dikunjungi hingga berapa lama mereka menghabiskan waktu dalam mengakses halaman tersebut.

Pakar SEO berpendapat bahwa pemasangan Google Analytics akan saling bersinergi dengan teknik SEO lain yang diterapkan. Selain itu, perangkat ini juga dapat membantu Anda mengevaluasi halaman seperti apa yang paling diminati oleh pengunjung.

Baca Juga : Bagaimana Cara Kerja Google Analytics?

4. Membuat Sitemap

Teknik SEO yang satu ini tak kalah efektif dalam menaikan trafik. Sitemap merupakan sebuah daftar yang berisi seluruh halaman dalam suatu situs web. Di samping memudahkan pengguna internet yang berkunjung, daftar ini dapat dibaca oleh mesin pencari. Dengan begitu, situs Anda akan lebih mudah masuk ke dalam indeks dan direkomendasikan dalam perangkat atas hasil pencarian. 

5. Melakukan Audit SEO

Teknik terakhir yang tidak kalah penting adalah melakukan audit SEO. Tujuan utama dari teknik ini adalah memeriksa secara detail seluruh konsep yang terdapat dalam konten website. Dari sana, Anda akan bisa mengecek langsung dan mengukur sejauh mana penerapan teknik SEO berpengaruh terhadap trafik website Anda.

Secara umum, audit SEO dapat dilakukan dengan sejumlah cara mudah. Beberapa di antaranya adalah memastikan peletakan kata kunci pada konten, menambahkan meta judul dan meta deskripsi yang sesuai, serta menggunakan URL yang pendek agar mudah terbaca oleh algoritma mesin pencari.

Baca Juga : Website Audit Untuk Pemula Dalam Meningkatkan SEO & UX

Itulah beberapa teknik SEO populer yang paling umum digunakan saat ini. Anda bisa mencoba salah satu atau bahkan seluruh teknik tersebut agar situs bisnis yang Anda kelola mendapatkan trafik dan peringkat terbaik. Agar tak salah langkah, cobalah berkonsultasi terlebih dahulu dengan master SEO untuk menentukan penerapan teknik yang paling tepat dan paling menguntungkan bagi bisnis Anda.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top