cara membuat wordpress
3 Cara Membuat WordPress dengan Mudah Terbaru
Maret 18, 2021
Apa Itu VPS
Apa itu VPS dan Fungsinya
Maret 19, 2021

Apa itu CMS? Bagaimana Cara Kerja dan Fungsinya?

apa itu cms

Apa itu CMS? Content Management System merupakan software yang memudahkan Anda mengelola dan mengubah konten website tanpa harus memiliki dasar pengetahuan teknik pemrograman. Supaya lebih mudah memahaminya, simak pembahasan mengenai CMS dan fungsinya berikut ini. 

Apa Itu CMS?

Secara sederhana, CMS (Content Management System) adalah perangkat yang bisa dimanfaatkan untuk membantu Anda membangun situs website tanpa perlu menulis kode-kode pemrograman yang sulit. Alih-alih membangun sistem sendiri untuk membuat halaman web, menyimpan gambar, dan fungsi lainnya, software ini menangani semua infrastruktur dasar sehingga Anda dapat fokus pada hal lain, seperti cara mengembangkan website atau meningkatkan jumlah trafik. 

Content Management System menawarkan kemudahan dalam membuat website. Bagi pemula dan nonteknisi, hal ini sangat membantu. Pasalnya, software ini memungkinkan Anda merancang situs web, menerbitkan konten, dan membangun bisnis online sendiri.

Content Management System tidak hanya mengelola teks dan gambar di halaman web, melainkan juga membantu merancang tampilan website, menghimpun komentar pengunjung, memeriksa durasi yang dihabiskan pengguna dan pengunjung, serta memudahkan pencarian.

Dengan Content Management System, Anda bisa membuat blog, portofolio, toko e-commerce, dan situs web tutorial. Menariknya lagi, Content Management System telah didukung sejumlah fitur mumpuni, seperti penjadwalan konten, pengaturan dan penyesuaian desain, dan puluhan plugin yang akan membantu mengoptimalkan website.

Baca Juga: Cara Mengetahui CMS Sebuah Website

Keunggulan CMS

Lantas, apa yang membuat sebagian besar pengguna internet memilih CMS untuk membuat website? Berikut keunggulan CMS yang perlu diketahui!

  • Content Management System membantu proses pembuatan dan pengelolaan konten lebih mudah dan praktis. 
  • Siapa pun dapat membuat website menggunakan Content Management System karena tidak diperlukan bahasa pemrograman pada umumnya. 
  • Content Management System memanfaatkan berbagai jenis plugin dan ekstensi untuk membuat halaman situs.
  • Memiliki fitur manajemen, meliputi administrator, author, editor, subscriber, dan sebagainya.
  • Menyediakan beragam tema desain mentahan atau predesign.
  • Content Management System terhubung dengan berbagai forum komunitas di berbagai belahan dunia. Komunitas yang paling terkenal, antara lain komunitas WordPress, Slack, dan Drupal.
  • Bersifat open source dan gratis sehingga hanya memerlukan web hosting dan domain saja. 
  • Menyediakan artikel dan tutorial membangun aplikasi Content Management System secara custom maupun profesional.

Fungsi CMS

Dari penjelasan mengenai apa itu CMS dapat diketahui bahwa fungsi dari Content Management System, antara lain sebagai berikut. 

Mengoptimalkan Fungsi Situs 

Secara tidak langsung fungsi Content Management System adalah untuk mengoptimalisasi proses kerja suatu website. Prosesnya sendiri dapat berupa manajemen konten atau pengecekan kecepatan halaman. Dengan berbagai ekstensi serta plugin yang tersedia, Content Management System sangat membantu penyusunan berbagai konten sehingga lebih komprehensif.

Memudahkan Manajemen Konten 

Content Management System memudahkan manajemen konten terkait blog, artikel, gambar, video, hingga portofolio. Berbekal Content Management System, Anda bisa membuat konten website dengan manajemen yang sudah ada dalam sistem database. Proses pembuatan konten sangat mudah, sebab format penulisan yang disediakan CMS seperti program penulisan dan pengolahan kata pada umumnya.

Melancarkan Bisnis

Tak banyak yang tahu bahwa kehadiran Content Management System memudahkan calon pebisnis memulai usaha online dengan memanfaatkan situs website. Dengan dukungan Content Management System ini, Anda tak perlu repot mempelajari bahasa pemrograman. Cukup beberapa langkah sederhana, Anda bisa menciptakan website sesuai kebutuhan dengan biaya ramah kantong. Dari informasi mengenai apa itu CMS dan fungsinya dapat disimpulkan bahwa Content Management System tidak hanya memudahkan proses manajemen konten website, melainkan juga memaksimalkan konten dari segi tampilan dan kualitas. CMS menjadi solusi tepat bagi Anda yang ingin membangun website dengan praktis dan terjangkau.

Nana Damayanti
Nana Damayanti
Saya adalah Founder dari ToffeeDev Saya menyukai design yang bukan hanya bagus di mata tetapi juga memberikan nilai tambah terhadap penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments