Apa itu CMS? Bagaimana Cara Kerja dan Fungsinya?

apa itu cms

Apa itu CMS? Content Management System merupakan software sistem manajemen konten yang memudahkan Anda mengelola dan mengubah konten website tanpa harus memiliki dasar pengetahuan teknik pemrograman. CMS sendiri sudah menjadi andalan banyak orang untuk membuat blog maupun website. Tetapi ternyata masih banyak pengguna internet yang belum memahami apa itu CMS dan apa fungsinya.

Supaya lebih mudah memahaminya, simak pembahasan mengenai Content Management System dan fungsinya berikut ini. 

Apa Itu CMS?

apa itu content management system

Secara sederhana, pengertianContent Management System (CMS) adalah perangkat yang bisa dimanfaatkan untuk membantu Anda membangun situs website tanpa perlu menulis kode-kode pemrograman yang sulit. Alih-alih membangun sistem sendiri untuk membuat halaman web, menyimpan gambar, dan fungsi lainnya, software ini menangani semua infrastruktur dasar sehingga Anda dapat fokus pada hal lain, seperti cara mengembangkan website atau meningkatkan jumlah trafik. 

Sistem manajemen konten ini dapat menawarkan berbagai kemudahan dalam membuat website. Bagi pemula dan nonteknisi, hal ini sangat membantu. Pasalnya, software ini memungkinkan Anda merancang situs web, menerbitkan konten, dan membangun bisnis online sendiri.

Content Management System tidak hanya dapat mengelola teks dan gambar di halaman web, melainkan juga membantu merancang tampilan website, menghimpun komentar pengunjung, memeriksa durasi yang dihabiskan pengguna dan pengunjung, serta memudahkan pencarian.

Dengan sistem manajemen konten, Anda bisa membuat blog, portofolio, toko e-commerce, dan situs web tutorial. Menariknya lagi, CMS telah didukung sejumlah fitur mumpuni, seperti penjadwalan konten, pengaturan dan penyesuaian desain, dan puluhan plugin yang akan membantu mengoptimalkan website.

Baca Juga: Cara Mengetahui CMS Sebuah Website

3 Fungsi CMS

Dari penjelasan mengenai apa itu CMS dapat diketahui bahwa fungsi CMS, antara lain sebagai berikut. 

1. Mengoptimalkan Fungsi Situs 

Secara tidak langsung fungsi CMS adalah untuk mengoptimalisasi proses kerja suatu website. Prosesnya sendiri dapat berupa manajemen konten atau pengecekan kecepatan halaman. Dengan berbagai ekstensi serta plugin yang tersedia, Content Management System sangat membantu penyusunan berbagai konten sehingga lebih komprehensif.

2. Memudahkan Manajemen Konten 

Fungsi CMS selanjutnya adalah memudahkan proses atau sistem manajemen konten terkait blog, artikel, gambar, video, hingga portofolio. Berbekal software ini, Anda bisa mengelola konten situs web dengan manajemen yang sudah ada dalam sistem database. Proses pembuatan konten sangat mudah, sebab format penulisan yang disediakan CMS seperti program penulisan dan pengolahan kata pada umumnya.

3. Melancarkan Bisnis

Tak banyak yang tahu bahwa kehadiran CMS memudahkan calon pebisnis memulai usaha online dengan memanfaatkan situs website. Dengan dukungan software ini, Anda tak perlu repot mempelajari bahasa pemrograman. Cukup beberapa langkah sederhana, Anda bisa menciptakan website sesuai kebutuhan dengan biaya ramah kantong. 

Baca Juga: Cara Menggunakan CMS Untuk Pemula

8 Manfaat Menggunakan CMS untuk Membuat Situs Web

manfaat cms

Setelah mengenal apa itu CMS, Anda mungkin penasaran, apa yang membuat sebagian besar pengguna internet memilih CMS untuk membuat website? Berikut manfaat CMS yang perlu diketahui!

1. Mudah dan Praktis

Belum pernah belajar mengenai pemrograman? Tidak mengerti cara pembuatan website? Tidak usah khawatir.

Dengan CMS, Anda dapat membuat website yang dinamis dan fungsional tanpa perlu mempelajari seluk-beluk pemrograman website. Proses pembuatan situs web dengan CMS, dimulai dari proses instalasi sampai maintenance, sangatlah mudah dan cepat. Dengan beberapa klik saja, Anda sudah bisa membuat sebuah situs web sederhana yang bagus untuk dilihat dan juga digunakan.

Bila kebingungan dalam proses pembuatan website, Anda tetap tidak perlu khawatir. Terdapat banyak artikel dan konten mengenai cara serta tips menggunakan berbagai Content Management System populer di internet.

2. Kemudahan Manajemen Konten

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, CMS adalah sistem manajemen konten. Artinya, CMS akan memudahkan Anda untuk menyortir berbagai konten yang di-upload ke website Anda, dimulai dari artikel, gambar, video, portofolio, dan sebagainya.

Anda juga bisa menggunakan fitur-fitur seperti tags untuk memudahkan Anda dan juga pengunjung website menemukan informasi tertentu. Dengan CMS, kumpulan data dan konten dalam website Anda akan menjadi lebih terorganisir dan mudah diakses.

3. Tersedia Tema atau Predesign

Tidak bisa mendesain website? Tidak usah khawatir. Kebanyakan CMS memiliki pilihan tema dan predesain yang bisa Anda gunakan sebagai template sesuai kebutuhan situs web Anda. Hanya dengan beberapa klik, maka tampilan website Anda akan terlihat cantik, user-friendly, dan fungsional. Anda hanya perlu mengedit isi dari website Anda tanpa perlu repot memikirkan desain yang bagus.

4. Menjaga Kualitas Desain Website

Desain yang konsisten adalah salah satu faktor dari seberapa user-friendly sebuah situs. Dengan CMS, Anda bisa memastikan bahwa kualitas desain situs Anda konsisten dari satu halaman ke halaman lainnya. Dengan begitu, user dan pengunjung website pun akan merasa lebih nyaman dan betah saat menggunakan website Anda.

5. Dapat Menambahkan Berbagai Fitur

Meskipun desain awal yang disediakan CMS sederhana, Anda bisa mengubahnya dan menambahkan berbagai fitur, seperti plugin untuk membuat situs web Anda menjadi lebih canggih. Proses instalasi plugin dalam Content Management System sangatlah mudah. Tinggal cari plugin yang Anda inginkan, klik instalasi, dan plugin pun akan terpasang pada situs Anda.

Tidak hanya fitur plugin saja, Anda juga bisa membedah kode sumber CMS dan menyesuaikannya dengan kebutuhan situs web Anda. Hal ini tentu sangat berguna bagi Anda yang memang sudah terbiasa dengan kode pemrograman.

Jasa SEO

6. Memiliki Fitur Manajemen

Salah satu kelebihan terbaik dari menggunakan CMS adalah tersedianya fitur manajemen user. Membangun sebuah website bisnis yang baik tentu tidak bisa hanya dilakukan oleh satu orang. Dengan fitur manajemen, Anda bisa memberikan hak akses kepada orang lain sesuai kebutuhan. CMS tidak hanya menyediakan satu jenis akses, melainkan beberapa jenis hak akses sesuai dengan tipe, situasi, dan kebutuhan. Jadi, setiap user dapat mengelola situs tersebut sesuai dengan peranan mereka masing-masing.

7. Memudahkan Proses Maintenance

Manfaat CMS selanjutnya adalah memudahkan proses maintenance dari situs yang Anda miliki. Maintenance atau proses perawatan website memang sudah tidak bisa dihindari. Begitu pula dengan perubahan struktur pada website. Tanpa CMS, melakukan proses ini akan menjadi sangat merepotkan dan memakan banyak waktu.

Tidak hanya memudahkan pembuatan website, menggunakan CMS juga akan membantu Anda dalam melakukan maintenance ataupun proses pembaharuan website. Kelebihan ini dapat terjadi karena penggunaan CMS membuat struktur website menjadi lebih terfokus, beberapa CMS juga menyediakan opsi untuk melakukan perubahan secara otomatis.

8. Tergabung dalam Komunitas

Dengan menggunakan Content Management System , Anda juga mempunyai kesempatan untuk bergabung dalam forum-forum komunitas di seluruh belahan dunia. Kebanyakan CMS populer, seperti WordPress memiliki komunitas aktif yang up-to-date.

Adanya komunitas yang aktif menandakan bahwa sistem manajemen konten tersebut akan terus diperbaharui mengikuti perkembangan internet. Tidak hanya demikian, setelah menjadi bagian dari komunitas, Anda juga bisa menggunakan forum tadi untuk berbagi tips dan trik sekaligus meminta bantuan saat menemukan masalah dengan website anda.

Baca Juga: Kriteria CMS Untuk Website yang Paling Tepat

Jenis-Jenis CMS yang Paling Populer

jenis cms

Setelah Anda mengetahui apa itu CMS dan berbagai kelebihan yang ditawarkan, apakah Anda tertarik untuk menggunakan CMS? Jika ya, mari simak 5 CMS paling populer yang bisa Anda gunakan.

1. WordPress

Siapa yang tidak kenal dengan WordPress? Hingga saat ini, tidak ada CMS lain yang berhasil menggeser WordPress dari posisi nomor satu sebagai CMS paling populer di dunia. Setidaknya 30% total website yang ada di internet dibangun dengan menggunakan WordPress.

WordPress sendiri menjadi sangat populer karena aplikasi ini bersifat open source dan gratis untuk digunakan. Kedua sifat itulah yang membuat WordPress menjadi fleksibel, mudah digunakan,serta mudah disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing website.

Pada awalnya, WordPress hanya digunakan sebagai platform blog yang sederhana. Namun seiring berkembangnya, Content Management System ini kini menjadi platform bagi berbagai jenis website, dimulai dari website portofolio, website bisnis, hingga toko online. Kini, WordPress memiliki fitur yang cukup canggih dan juga menyediakan ribuan tema sert plugin yang bisa Anda gunakan untuk memodifikasi situs sesuai kebutuhan Anda.

2. Joomla

Meskipun tidak sepopuler WordPress, masih banyak juga situs web yang dibuat menggunakan Content Management System ini. Sama seperti WordPress, Joomla juga bersifat gratis dan open source. Sebagai CMS, sebenarnya Joomla lebih fleksibel untuk digunakan mengelola dan membuat website. Sayangnya, penggunaannya cenderung lebih kompleks dibandingkan WordPress, sehingga Joomla kurang cocok digunakan oleh pengguna CMS pemula. Joomla lebih baik untuk digunakan oleh developer atau user yang sudah berpengalaman.

Yang unik, Joomla juga menyediakan fitur untuk membuat tampilan website versi mobile secara otomatis. Seperti yang Anda ketahui, mobile first design kini menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan peringkat SEO website Anda. Joomla akan membantu Anda membuat tampilan mobile website yang baik, fungsional, dan tentunya user-friendly.

3. Drupal

Meskipun popularitasnya tidak setinggi WordPress dan Joomla, Drupal juga tetap merupakan salah satu CMS terbaik. Drupal bersifat sangat fleksibel, Anda bisa memodifikasi struktur website sesuai dengan kebutuhan Anda dengan sangat mudah. Drupal juga bisa memberikan kendali tingkat lanjut bagi wesbite Anda terhadap user dan permission. Namun, mirip dengan Joomla, Drupal cenderung agak lebih sulit untuk digunakan ketimbang WordPress. Drupal lebih direkomendasikan bagi Anda yang sudah memiliki pengalaman pembuatan website dan pemrograman.

Kelebihan utama dari Drupal adalah segi keamanannya yang sangat tinggi sehingga mudah terhindar dari cyber crime. Drupal juga memiliki skalabilitas yang tinggi. Oleh karena itu, Content Management System ini sangat direkomendasikan untuk website bisnis dan profesional. Bahkan NASA, Tesla, Nokia, dan bisnis ternama lainnya diketahui menggunakan Drupal sebagai sistem manajemen konten mereka.

4. OpenCart

Ingin membuat toko online? OpenCart adalah Content Management System e-commerce khusus untuk membuat toko online. Platform ini dilengkapi dengan berbagai penunjang atau tools untuk berjualan online dana untuk mengatur manajemen bisnis online. Tampilan dan cara penggunaan CMS ini termasuk simpel dan tidak ribet, sehingga cocok bagi Anda yang baru mulai mencoba membuat website. OpenCart juga bersifat open source dan gratis digunakan asalkan Anda telah memiliki web hosting dan domain.

5. PrestaShop

Terakhir, ada juga PrestaShop. PrestaShop juga merupakan Content Management System e-commerce yang dapat digunakan untuk membuat toko online. Fitur-fiturnya kurang lebih mirip dengan OpenCart. Cara menggunakannya juga termasuk simpel dan intuitif. PrestaShop bersifat open source, jadi Anda bisa dengan mudah mengatur dan membuat toko online yang sesuai dengan kebutuhan bisnis online Anda.

Dari informasi mengenai apa itu CMS dan fungsinya dapat disimpulkan bahwa software ini tidak hanya memudahkan proses manajemen konten website, melainkan juga memaksimalkan konten dari segi tampilan dan kualitas. CMS menjadi solusi tepat bagi Anda yang ingin membangun website dengan praktis dan terjangkau.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat