Apa Itu Engagement Dalam Bisnis Hari Ini?

Apa itu Engagement Dalam Bisnis

Membuat bisnis menjadi berkembang hingga besar bukanlah pekerjaan yang mudah. Banyak hal yang harus diperhatikan sebelum bisa mendapatkan tujuan tersebut. Dari pekerjaan yang mudah dan sebentar, hingga yang tidak akan berhenti sampai kapanpun. Salah satu pekerjaan yang tidak akan berhenti sampai kapanpun adalah menaikkan engagement dalam bisnis.

Sebenarnya apa itu engagement dalam bisnis? Mengapa penting untuk dilakukan pada saat ini? Jawaban pertanyaan-pertanyaan ini bisa Anda dapatkan dalam penjelasan di bawah ini.

Pengertian Engagement

apa itu engagement

Engagement adalah usaha untuk membentuk sebuah hubungan yang kuat antar kedua belah pihak. Biasanya yang berusaha membentuk hubungan tersebut dimulai dari satu pihak saja. Dengan berbagai cara yang dilakukan, maka hubungan yang kuat bisa terjalin kepada pihak yang sesuai dengan target awal.

Konsep inilah yang mendasari engagement dalam akun social media sebuah bisnis. Pebisnis mana yang tidak mau memiliki pelanggan setia? Pastinya semuanya ingin mendapatkan hal tersebut. Maka dari itu, diperlukan engagement dalam bisnis agar bisa mendapatkan pelanggan setia.

Baca Juga: Cara Memanfaatkan Media Sosial Untuk Promosi

Engagement Dalam Bisnis

Dalam pengertian harfiahnya, engagement dalam bisnis adalah hubungan interaksi seperti komunikasi antara kedua belah pihak yaitu pihak perusahaan dan juga pihak konsumen. Untuk bisa mendapatkan engagement yang tepat, maka perlu berbagai macam saluran pembantu lainnya.

Dengan engagement dalam bisnis maka pihak konsumen bisa tertarik dengan bisnis Anda karena adanya usaha untuk membangun komunikasi yang baik. Usaha ini tentunya harus diawali dari pihak perusahaan itu sendiri. Dengan adanya komunikasi yang terjalin, maka akan muncul satu reaksi, efek, keterlibatan, atau pengalaman yang dirasakan oleh konsumen. Khususnya setelah menggunakan produk atau layanan jasa yang telah dibeli.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, agar bisa membangun engagement dalam bisnis yang baik, maka diperlukan saluran pembantu. Salah satunya adalah media sosial. Ya, dengan kemajuan zaman seperti ini, sebenarnya lebih mudah untuk mendapatkan engagement dalam bisnis karena kehadiran media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan Instagram. Selain itu, penggunaan e-mail dan juga memiliki website yang berkualitas juga mampu mendapatkan engagement dalam bisnis yang optimal.

Jasa SEO

Mengapa Engagement Dalam Bisnis itu Penting?

Tentu saja engagement dalam bisnis itu penting. Dengan cara-cara yang tepat, maka konsumen bisa datang dengan sendirinya dan mereka bisa setia untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan oleh Anda. Bahkan dari sana, bisa muncul efek domino yang positif. Salah satunya adalah konsumen setia Anda akan memberikan rekomendasi kepada orang terdekatnya untuk menggunakan produk atau jasa dari Anda juga.

Akhirnya, Anda bisa mendapatkan jumlah konsumen yang lebih besar lagi. Bisa dibilang, salah satu indikator keberhasilan engagement dalam bisnis adalah konsumen yang loyal terhadap produk dan jasa perusahaan Anda. Mereka tidak akan berpindah ke lain hati karena semua pelayanan yang diberikan sudah memberikan kepuasaan yang pas.

Cara Mengukur Engagement Bisnis di Media Sosial

Apa saja metrik yang diperhitungkan dalam engagement? Bagaimana Anda dapat mengukur engagement akun media sosial bisnis Anda? Dengan mengetahui seberapa besar engagement bisnis Anda, maka Anda dapat menyusun dan menyesuaikan strategi pemasaran Anda agar lebih sesuai dengan target audiens Anda.

Perlu diingat bahwa setiap platform social media pasti memiliki metrik berbeda dalam mengukur engagement. Namun, secara umum, Anda dapat mengukurnya dengan memperhatikan tingkat interaksi pengguna media sosial dengan konten yang Anda buat.

Interaksi audiens di sini dapat mengacu pada banyak hal, seperti komen, like, subscribe/follow, dan share. Atau, Anda juga dapat mengukurnya berdasarkan kombinasi beberapa hal. Anda dapat menggunakan rumus ini untuk menghitung engagement media sosial:

(total aktivitas respon : total views/reach) x 100%

Berikut ini adalah contoh perhitungan engagement sebuah konten di sosial media secara umum:

Anggaplah akun yang Anda kelola tertentu menerbitkan 10 konten di Facebook. Secara total, semua konten tersebut menghasilkan total 1.000 reach organik.

Dan 10 konten tersebut, menghasilkan respon berikut:

  • 15 komentar
  • 15 share
  • 20 likes

Artinya, total aktivitas responnya adalah 50.

Maka rasio engagement atau performa konten media sosial bulan itu adalah = (50 : 1.000) x 100% = 5%

Baca juga: Pengertian Digital Branding, Tujuan, Manfaat, dan Tips Melakukannya

4 Cara Membangun dan Meningkatkan Engagement Bisnis

meningkatkan engagament

Setelah memahami betapa pentingnya engagement dalam keberhasilan strategi pemasaran dan penjualan sebuah bisnis, Anda tentu penasaran bagaimana cara meraihnya. Berikut ini adalah beberapa tips meningkatkannya yang bisa Anda terapkan langsung pada akun media sosial bisnis Anda.

1. Analisis Engagement Secara Rutin

Akan sulit untuk meningkatkan engagement bisnis Anda bila Anda tidak mengetahui darimana Anda mulai.

Jadi, pertama-tama, ukur engagement bisnis Anda secara rutin. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui apakah strategi yang Anda gunakan sudah cukup efektif dalam menarik perhatian dan meningkatkan keterlibatan audiens Anda.

Perhatikanlah turun atau naiknya engagement bisnis Anda saat Anda menggunakan strategi baru atau membuat jenis konten baru. Dari sana, Anda bisa mengevaluasi kinerja setiap strategi yang Anda gunakan.

2. Sesuaikan Strategi Pemasaran Digital dengan Target Audiens

Kedua, sesuaikanlah strategi media sosial yang Anda gunakan dengan target pasar bisnis Anda. Apabila Anda ingin target pasar Anda berinteraksi dengan konten yang Anda unggah, pastikan konten tersebut memang cukup menarik bagi kelompok tersebut.

Target audiens yang dimaksudkan di sini dapat dibagi berdasarkan banyak kategori, seperti:

  1. Gender
  2. Umur
  3. Status Sosial
  4. Lokasi Geografis
  5. Pendidikan

Baca juga: Product Branding: Arti, Keuntungan, dan Contohnya

3. Unggah Konten Secara Rutin

Engagement adalah interaksi terhadap konten di media sosial. Jadi, tidak akan muncul engagement apabila tidak ada koten yang Anda unggah. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengunggah konten ke akun media sosial bisnis Anda secara rutin.

Anda tidak perlu mengunggah konten setiap hari atau setiap jam. Mengunggah konten satu aau dua kali setiap minggu pun sudah cukup untuk meningkatkan engagement media sosial. Tapi, pastikan Anda melakukannya dengan konsisten!

Selain itu, pastikan juga konten yang diunggah berkualitas dan relevan. Dengan begitu, audiens pun akan lebih tertarik untuk berinteraksi dengan konten Anda.

4. Buatlah Konten Interaktif yang Menarik

Terakhir, jenis konten interaktif bisa menjadi senjata jitu dalam meningkatkan engagement di media sosial. Konten yang informatif saja memang baik, tetapi seringkali konten informatif kurang merangsang audiens untuk berinteraksi. Jadi, cobalah membuat konten yang interaktif.

Seperti apakah contohnya? Anda dapat membuat konten interaktif berupa kuis, tebak-tebakan berhadiah, games, dan sebagainya. Iming-iming hadiah pun bisa membuat konten tersebut menjadi semakin menarik.

Sekarang Anda sudah tahu apa itu engagement dalam bisnis dan seberapa penting hal ini untuk dibangun. Semua bisnis harus memikirkan persoalan engagement ini karena bisa membawa manfaat yang sangat besar ketika sudah berhasil dijalankan.

Baca Juga: Bagaimana Mengembangkan Bisnis Di Era Digital?

Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat