Kenali Apa Itu Web Crawler dan Fungsinya

Dengan kehadiran internet, setiap orang menjadi terhubung dengan informasi yang mereka perlukan. Kita hanya perlu mengetik kata kunci yang ingin kita cari, lalu dalam hitungan detik mesin pencari akan menampilkan daftar panjang dari link website yang berkaitan dengan kata kunci kita. Namun tahukah Anda bahwa mesin pencarian tidak melakukannya begitu saja? Tahukah Anda bahwa ada program lain dibalik setiap mesin pencarian? Jika Anda belum mengetahuinya, program tersebut biasanya disebut “Web Crawler”. Jadi apa itu web crawler? Singkatnya web crawler adalah sebuah program yang diciptakan untuk mencari seluruh data dari kata kunci yang kita ketik ke dalam search bar pada sebuah mesin pencarian

Web crawler merupakan program yang tidak dikenal oleh kebanyakan masyarakat. Padahal dalam kehidupan nyata, web crawler sangat dekat dengan semua yang kita lakukan sehari-hari. Apalagi dengan keadaan pandemi yang ada saat ini, membuat kita harus menggunakan program ini untuk menyelesaikan tugas-tugas yang kita miliki. Program ini memang tidak dapat kita lihat saat kita melakukan penulusuran di internet. Namun kita bisa melihat hasil dari data-data yang “dicrawling” oleh program ini. Saat kita sudah mengetahui bahwa web crawler ada dibalik dari setiap mesin pencarian, maka kita juga dapat merasakan manfaat dari adanya web crawler. Untuk mengenal lebih dalam apa itu web crawler, kegunaannya dan bagaimana cara kerja web crawler, mari simak penjelasan berikut. 

Apa Itu Web Crawler?

Web crawler biasanya disebut juga spiders atau bot. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, web crawler adalah program yang dibuat untuk mencari data secara keseluruhan atau World Wide Web, yang nantinya data tersebut akan diindeks, diunduh dan disimpan ke dalam database mesin pencari tersebut. Saat sebuah kata kunci diketik pada bagian bar pencarian maka web crawler akan bertugas untuk mencari semua website yang relevan dengan kata kunci yang sedang Anda cari. Jika Anda masih bingung, Anda dapat membayangkannya seperti Anda sedang berada di perpustakaan sekolah atau universitas Anda. 

Saat Anda mencari sebuah buku, terdapat kata kunci yang digunakan untuk menyusun semua buku yang berkaitan dengan setiap kata kunci yang ada. Misalnya Anda sedang mencari buku mengenai sejarah Pemerintahan Indonesia Pada Zaman Orde Baru, maka Anda akan diarahkan pada kata kunci “politik” yang ada disuatu tempat di perpustakaan tersebut. Kira-kira seperti itulah cara kerja web crawler pada mesin pencarian. 

Baca Juga: Pengertian Indexing dan Peranannya dalam SEO

Kegunaan Web Crawler

Singkatnya web crawler akan membuat mesin pencarian “hidup”. Jika dalam mesin pencarian tidak terdapat program web crawler, maka mesin pencarian tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik. Mesin pencarian tanpa web crawler sama seperti manusia yang tidak memiliki jiwa, tidak ada gunanya lagi. Oleh karena itu program web crawler sangat penting bagi mesin pencarian. Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Menampilkan Data yang Anda Cari

Jika Anda sudah menyadari pada penjelasan yang ada di atas, web crawler berguna untuk menampilkan data yang Anda cari. Web crawler akan menampilkan semua data yang Anda butuhkan saat kata kunci telah diketik pada bar pencarian. Semua data yang telah di crawling dan disimpan ke database mesin pencari akan ditampilkan kembali saat Anda mengetik kata kunci yang Anda butuhkan. Selain itu dengan adanya tools analisis seperti Google Search Console dan Screaming Frog SEO, akan membantu web crawler dalam menampilkan data-data yang paling up-to-date dari data yang Anda cari. 

Baca Juga: Googlebot, Robot yang Akan Indexing Website Anda

2. Membantu Anda Membandingkan Data

Saat menampilkan data dari kata kunci yang telah Anda ketik pada search bar, web crawler tersebut akan membantu Anda membandingkan data-data yang ada. Misalnya Anda mencari sebuah harga laptop merek HP. Data yang akan ditampilkan adalah seluruh data terkait harga dari laptop merek HP dalam berbagai ukuran, tipe, dan toko yang menjualnya. Dengan setiap data yang telah muncul, Anda bisa langsung membandingkan setiap datanya tanpa harus membuka setiap link satu persatu. 

Hal ini tentu akan memudahkan Anda mencari laptop terbaik dengan harga yang sesuai dengan budget dan dengan tipe serta ukuran yang Anda inginkan. Tidak hanya saat membandingkan harga, Anda juga dapat membandingkan setiap rating yang dimiliki oleh toko-toko yang dimunculkan. Hal ini karena setiap laptop dari berbagai toko yang ditampilkan oleh mesin pencari juga memperlihatkan rating, sehingga Anda juga dapat membandingkan toko yang terbaik yang dapat Anda percaya untuk membeli laptop Anda. Rating yang diperlihatkan akan membantu Anda menghindari metode-metode penipuan yang selalu beredar.

Jasa SEO

Cara Kerja Web Crawler

Meskipun dalam melakukan tugasnya web crawler melakukan pencarian dan menyimpan semua data yang ada. Akan tetapi ada beberapa syarat atau aturan yang harus diikuti oleh web crawler saat mereka melakukan crawling pada link-link tersebut. Berikut penjelasannya:

1. Relevansi 

Dalam menampilkan data dari kata kunci yang kita cari, biasanya web crawler akan memulainya dari isi konten yang relevan dengan kata kunci yang kita cari. Jika tidak sesuai dengan kata kunci atau kata kunci yang dimasukkan salah, maka data yang Anda cari tidak akan pernah ditampilkan. Selain itu dalam menentukan link mana saja yang ditampilkan, web crawler akan melihat berdasarkan jumlah halaman yang menyisipkan link tersebut. 

2. Jumlah Kunjungan

Kita tahu bahwa saat kita melakukan pencarian terhadap suatu kata kunci, konten yang akan muncul pasti berbeda-beda bergantung pada waktu kita mencarinya. Misalnya kita mencari kata kunci baju gamis pada bulan Agustus, maka 2 bulan berikutnya yakni bulan Oktober, kita akan mendapati bahwa konten-konten yang dimunculkan oleh mesin pencari akan berbeda pada pada bulan Agustus dan bulan Oktober. Tampilan pada mesin pencarian tersebut berubah karena adanya konten yang bertambah atau konten yang telah dihapus. Jika website tersebut merupakan situs yang sering dikunjungi oleh banyak pengunjung, maka web crawler pasti akan melakukan kunjungan kembali secara rutin kepada situs tersebut. 

Baca Juga: Ketahui 4 Fakta di Balik Domain Authority Website

3. Mengikuti Keinginan Robots.txt

Robots.txt merupakan sebuah file di sebuah website, dimana di dalamnya terdapat informasi mengenai halaman web mana saja yang boleh diindeks dan mana saja yang tidak boleh diindeks. Dengan begitu setiap kali web crawler ingin melakukan crawling pada halaman sebuah web, web crawler akan memeriksa terlebih dahulu robots.txt yang dimiliki oleh suatu halaman web.

Contoh Web Crawler 

1. Google Bot

Penggunaan mesin pencarian Google memang sudah sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Dalam mesin pencarian Google terdapat bot yang disebut Google Bot. Kehadiran Google Bot dalam mesin pencari sangat memudahkan kehidupan banyak orang. Google Bot merupakan salah satu web crawler yang mayoritas digunakan oleh masyarakat. Dengan banyaknya orang yang menggunakan pencarian Google maka data yang telah diindeks juga lebih banyak sehingga setiap orang akan dengan mudah menemukan informasi yang mereka perlukan. 

2. HTT Track

HTT Track merupakan web crawler yang bersifat open source atau sumber terbuka. Dalam web crawler ini Anda bisa melakukan download dari situs www dari internet ke komputer, supaya Anda bisa melakukannya secara offline. Selain itu setelah Anda mengunduhnya, Anda dapat membukanya dengan menggunakan browser tanpa memerlukan koneksi internet yang tersambung. 

Baca Juga: Panduan Singkat tentang Robots.txt

Keterkaitan Web Crawler dengan SEO

Jika web crawler bekerja dengan cara menampilkan data sesuai kata kunci yang dimasukkan, maka website yang Anda gunakan harus menggunakan kata kunci yang tepat atau biasa kita sebut dengan SEO friendly agar website Anda dapat masuk ke dalam ranking pada mesin pencarian. Namun sebelum menggunakan SEO dalam website yang Anda gunakan, Anda harus memastikan bahwa website yang Anda miliki telah masuk ke dalam indeks Google. Jika website Anda tidak terdapat dalam indeks Google, maka penggunaan SEO pada website Anda pun tidak akan mengakibatkan pengaruh apa pun. 

Untuk memasukkannya ke dalam indeks Google, Anda dapat mendaftarkannya ke Google Search Console. Setelah website Anda masuk ke dalam indeks Google, maka penggunaan SEO dalam website Anda akan membuatnya masuk ke dalam ranking pada mesin pencarian. Oleh karena itu, jika Anda ingin web crawler menampilkan website Anda pada bagian teratas dan pada halaman pertama saat Anda memasukkan sebuah kata kunci, maka Anda harus melakukan optimisasi pada mesin pencarian. 

Baca Juga: 5 Cara Kerja Web Crawler dalam SEO

Gunakan Jasa SEO Dari ToffeeDev

Jika Anda menggunakan website untuk berbagai macam kebutuhan atau untuk membuka bisnis Anda, Anda dapat menggunakan jasa SEO dari ToffeeDev. SEO akan membantu menaikkan ranking website Anda pada mesin pencarian, sehingga dalam praktiknya website Anda akan muncul pada bagian teratas dari halaman pertama mesin pencarian. Dengan menggunakan keyword-keyword yang tepat, Anda dapat membuat website Anda menjadi SEO friendly. Jika website Anda sudah SEO friendly berarti website yang milikiAnda sudah memudahkan audience saat mengunjungi website Anda. Segera kunjungi website ToffeeDev untuk informasi selengkapnya, Anda bisa klik di sini. Anda juga dapat bertanya secara langsung kepada tim kami, silahkan klik di sini.  Semoga penjelasan dalam artikel ini dapat membantu Anda untuk lebih mengerti arti dari web crawler itu sendiri. Jadi Anda tahu saat ini bahwa mesin pencarian tidak bekerja dengan baik begitu saja melainkan ada program luar biasa yang ada di dalamnya.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat