Backlink Website: Pengertian dan Jenisnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Istilah backlink untuk para ahli di bidang SEO mungkin sudah tidak asing didengar. Backlink merupakan salah satu aspek penting yang bisa menentukan posisi website di penelusuran mesin pencari. Alhasil, pertanyaan tentang apa itu backlink dan bagaimana cara mendapatkan backlink. Simak artikel berikut ini

Apa itu backlink ?

Backlink website adalah sebuah link yang di sisipkan di website lain dan mengarahkannya ke website milik kita sendiri atau website lain yang sedang di optimasi. Fungsi dan manfaat dari backlink sangat penting untuk menaikan ranking website kita pada mesin pencari dan juga bisa meningkatkan popularitas website serta menaikkan pagerank.

Baca juga: Backlink website untuk optimasi SEO

Setelah memahami apa itu backlink, kini saatnya untuk mempelajari mengapa backlink itu penting. Apa manfaat yang bisa didapatkan dari backlink dan mengapa Anda juga harus memanfaatkannya.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa backlink itu penting:

1. Berperan sebagai lalu lintas referral

Jika diperhatikan dengan baik, traffic dari sebuah situs website tidak hanya berasal dari Google, Yahoo dan search engine lainnya. Lalu lintas referral dapat menjadi persentase besar untuk jenis lalu lintas tertentu.

2. Dapat menciptakan hubungan baru

Terkadang saat seseorang sedang membaca sebuah konten, pembaca tersebut memiliki keinginan untuk mengenal pembuat konten dan hal-hal apa saja yang disajikan oleh konten. Orang tersebut kemungkinan besar akan mengikuti media sosial yang dimiliki oleh pemilik konten. Dari situlah hubungan baru tercipta pada pengguna yang satu dengan pengguna lain.

Baca juga: Tools SEO Backlink Dengan Data Paling Besar Untuk Indonesia

Jenis Backlink

Ada 2 jenis dari backlink itu sendiri, yaitu:

1. One Way Backlink

One way backlink atau backlink satu arah, dimana hanya pemilik website yang dapat menyisipkan link ke website-website tanpa harus menyertakan backlink kembali ke website tersebut. Contoh teknik one way backlink yaitu:

Blog Comment

 Pengguna dapat menyertakan url website pada setiap blog comment sesuatu dengan anchor text yang akan di optimasi

Social Bookmark

Social bookmark merupakan sebuah website dimana pengguna dapat menyisipkan website Anda ke website tujuan dan menjadikannya bookmark.

Signature Forum

Beberapa forum memiliki signature yang akan terpasang setiap pengguna melakukan post, hal ini dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan backlink 1 arah untuk website pengguna.

2. Reciprocal Backlink

Contoh reciprocal link atau backlink 2 arah yang dapat pengguna dapatkan adalah :

Submit directory 

Submit directory merupakan sebuah website dimana website tersebut mengklasifikasikan berbagai website dalam kategori tertentu dan meletakan url website yang di submit kedalam kategori tersebut. Namun biasanya banyak direktori website yang mengharuskan adalah reciprocal link, jadi penguna harus memasang banner, link, dan lain lain pada website mereka.

Link Exchange

Nah ini biasanya di lakukan para blogger di berbagai komunitas blogger, mereka kebanyakan memang menawarkan link exchange, yang tujuannya untuk mendapatkan backlink.

Manfaat dari Backlink

Backlink mempunyai manfaat sebagai berikut:

  • Meningkatkan page rank dari website tersebut.
  • Menaikkan kualitas SEO dan SERP.
  • Meningkatkan jumlah pengunjung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post