Enterprise: Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Manfaatnya

enterprise adalah

Enterprise adalah suatu sistem yang digunakan untuk membuat seluruh aktivitas operasional bekerja secara efektif. Keberadaannya membuat berbagai divisi dalam perusahaan mampu berkolaborasi dan memantau pekerjaan masing-masing secara real-time. 

Kalau perusahaan Anda sudah lama tidak stabil dan terancam bangkrut maka menerapkan sistem enterprise bisa jadi dicoba untuk menyelamatkan perusahaan. Langsung saja pelajari sistemnya secara menyeluruh di bawah ini! 

Apa yang Dimaksud dengan Sistem Enterprise?

Sistem enterprise merujuk pada infrastruktur teknologi informasi yang digunakan oleh perusahaan besar untuk mengelola operasi bisnisnya secara efisien dan efektif. Secara umum sistem enterprise terdiri dari perangkat lunak, perangkat keras, dan jaringan yang digunakan untuk mengintegrasikan proses bisnis serta informasi di seluruh perusahaan. 

Sistem ini biasanya memiliki kemampuan untuk memfasilitasi transaksi bisnis, menyimpan data, dan memungkinkan kolaborasi antar divisi di dalam perusahaan. 

Melalui penggunaan sistem ini, semua data dan informasi jadi dapat bergerak dengan mudah di antara aplikasi maupun platform yang berbeda. Alasannya karena sistem enterprise dirancang untuk dapat berintegrasi dengan teknologi yang berbeda. 

Sebagai contoh, sistem enterprise dapat menghubungkan divisi keuangan dengan divisi pemasaran sehingga informasi terkait keduanya dapat dilihat secara real-time dan terintegrasi. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih cepat dan tepat berdasarkan data yang akurat.

Sistem enterprise banyak digunakan oleh perusahaan besar atau korporasi yang memiliki operasi bisnis kompleks dan memerlukan integrasi informasi yang lebih terpadu. 

Keuntungan utama dari penggunaan sistem enterprise adalah kemampuan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan. Selain itu kemampuan perusahaan dalam merespons perubahan di pasar juga pasti akan meningkat secara akurat. 

Banner Ads - General 2

Apa Saja Jenis-Jenis Sistem Enterprise?

Sistem enterprise memiliki jenisnya masing-masing untuk mengelola berbagai macam hal dalam perusahaan. Mulai dari pengelolaan bisnis terpusat, hubungan dengan pelanggan, sistem produksi, manajemen tenaga kerja, dan masih banyak lagi. Berikut penjelasan masing-masing jenisnya. 

1. Enterprise Resource Planning (ERP)

ERP alias Enterprise Resource Planning mengacu kepada sistem informasi terintegrasi yang dirancang untuk mengelola semua aspek bisnis perusahaan secara terpusat. 

Sistem ini mengintegrasikan berbagai modul, seperti manajemen sumber daya manusia, keuangan, produksi, dan juga distribusi. Semua informasi tersebut penting supaya siapa saja bisa mengaksesnya secara real-time untuk keperluan bisnis.

2. Customer Relationship Management (CRM)

Customer Relationship Management merupakan sistem informasi yang membantu perusahaan dalam pengelolaan hubungan dengan pelanggan. Sistem ini berguna untuk mengumpulkan informasi tentang pelanggan, termasuk riwayat pembelian, preferensi, maupun keluhan sehingga perusahaan bisa langsung berinteraksi melalui berbagai saluran.

3. Supply Chain Management (SCM)

Kemudian untuk mengelola rantai pasokan, ada sistem enterprise bernama Supply Chain Management. Semua informasi, mulai dari pengadaan bahan baku hingga pengiriman produk akhir kepada pelanggan akan dikelola dengan baik. Sistem ini juga mengintegrasikan berbagai proses bisnis untuk hasil yang lebih optimal. 

Baca Juga: Data Crawling: Pengertian, Fungsi, dan Bedanya dengan Data Scraping

4. Human Resource Management (HRM)

Sistem enterprise untuk membantu perusahaan dalam mengelola sumber daya manusia berada dalam Human Resource Management. 

Sistem HRM mencakup berbagai pengelolaan seperti data karyawan, manajemen gaji, manajemen kinerja, hingga pengembangan karyawan. Keberadaannya jelas penting untuk memastikan seluruh SDM dalam perusahaan mendapatkan hak dan kewajibannya sebagai pekerja. 

5. Enterprise Performance Management (EPM)

Selanjutnya ada lagi sistem Enterprise Performance Management yang berfungsi untuk mengukur dan menganalisis kinerja bisnis. 

Sistem ini mencakup pengukuran kinerja keuangan, operasional, dan strategis, serta pengambilan keputusan berdasarkan analisis data. Bisa dibilang sistem ini cukup berperan dalam pertumbuhan sekaligus perkembangan bisnis ke arah yang lebih baik.

6. Product Lifecycle Management (PLM)

Penggunaan satu sistem saja untuk mengelola produksi bisnis, jelas tidak akan cukup. Kali ini ada sistem bernama Product Lifecycle Management yang dirancang untuk mengelola siklus hidup produk, mulai dari konsep hingga penghapusan. Sistem ini mencakup informasi lebih menyeluruh seperti pengelolaan desain produk, pengembangan, produksi, dan pemasaran.

Baca Juga: Wajib Tahu, 13 Tips Berjualan Online agar Sukses

7. Enterprise Content Management (ECM)

Sistem enterprise yang bisa digunakan saat ini bahkan sangat menyeluruh dengan keberadaan Enterprise Content Management yang membantu perusahaan dalam mengelola konten bisnis, seperti dokumen, gambar, dan video. Semua proses mengenai penyimpanan, pengarsipan, dan pengelolaan akses ke konten akan dikelola dengan baik dalam ECM. 

8. Business Process Management (BPM)

Terakhir ada Business Process Management yang dirancang untuk mengelola proses bisnis perusahaan. Sistem ini mencakup aplikasi pemodelan proses bisnis, pemantauan kinerja, dan perbaikan proses.

Banner Ads - Ebook 2

3 Jenis Enterprise Berdasarkan Industri

Berbagai perusahaan besar yang tergolong ke dalam enterprise nyatanya tidak hanya dimiliki oleh perorangan saja tetapi juga pemerintahan dan masyarakat luas. Temukan penjelasan lengkapnya berikut ini. 

1. Enterprise Pemerintah

Enterprise pemerintah mengacu kepada perusahaan yang dimiliki dan dioperasikan oleh pemerintah. Tujuannya ialah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat serta mempromosikan tujuan-tujuan pemerintah. Enterprise pemerintah dapat berupa layanan publik seperti perusahaan air, listrik, transportasi, hingga kesehatan.

2. Enterprise Swasta

Enterprise swasta adalah perusahaan yang dimiliki dan dioperasikan oleh individu maupun kelompok swasta. Fokus utamanya ialah untuk memperoleh keuntungan dan meningkatkan nilai perusahaan di mata publik. 

Baca Juga: Enterprise: Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Cara Kerjanya

3. Enterprise Sosial

Seperti namanya, enterprise sosial adalah perusahaan yang berfokus pada tujuan sosial atau lingkungan. Tujuannya adalah untuk menghasilkan keuntungan dengan cara yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan. 

Contoh dari enterprise sosial ialah perusahaan yang memproduksi barang dengan bahan baku daur ulang atau perusahaan yang memberikan kesempatan kerja bagi orang-orang yang membutuhkan.

Apa Tujuan dan Manfaat dari Sistem Enterprise

Setelah memahami informasi pada poin sebelumnya, tentu Anda jadi tahu keuntungan dalam menggunakan sistem enterprise. Anda bisa melihat bahwa penggunaan sistem ini akan membantu perusahaan dalam mengelola bisnis dengan lebih baik. 

Namun Anda perlu tahu lebih jauh soal tujuan dan manfaat dari sistem enterprise yang akan dijelaskan lebih dalam di bawah ini. 

1. Integrasi Data

Sistem enterprise bertujuan untuk mengintegrasikan data dari berbagai divisi dalam sebuah perusahaan, seperti keuangan, produksi, persediaan barang, dan penjualan. Data yang terintegrasi ini akan memungkinkan perusahaan untuk melihat dan mengelola bisnis secara menyeluruh.

2. Penyimpanan Data

Data yang dihasilkan oleh sistem enterprise biasanya disimpan dalam sebuah database sentral supaya siapa saja yang berkepentingan dapat mengakses informasi secara cepat dan mudah. Database ini berfungsi sebagai pusat pengolahan data sehingga berbagai keputusan yang perlu diambil dapat didasarkan pada informasi yang selalu ter-update

3. Automasi Proses Bisnis

Sistem enterprise juga bekerja dengan cara membuat proses bisnis dapat berjalan secara otomatis. Hal ini sangat penting agar kesalahan kerja manusia (human error) dapat diminimalkan sekaligus meningkatkan efisiensi dalam proses bisnis. Pada akhirnya perusahaan jadi bisa fokus pada inovasi dan pengembangan produk yang lebih baik.

4. Akses Terpusat

Keberadaan sistem ini sangat bermanfaat dalam menyediakan akses terpusat kepada data sehingga semua divisi akan mendapatkan informasi yang sama. Hal ini memudahkan kolaborasi antara divisi berbeda dan meminimalkan kesalahan dalam pengambilan keputusan.

5. Analisis Data

Sistem enterprise juga bisa digunakan untuk melakukan analisis data demi menghasilkan informasi yang lebih akurat dan relevan kepada manajemen perusahaan. Hal ini jelas memudahkan manajemen untuk membuat keputusan yang tepat dalam berbagai situasi.

Baca Juga: Phishing: Pengertian, Ciri-Ciri dan Cara Menghindarinya

6. Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Apabila semua sistem bekerja dengan baik maka tidak heran kalau Anda akan melihat efisiensi dan produktivitas karyawan yang makin meningkat dalam perusahaan. Dampak dari adanya efisiensi sangat positif karena dapat mengurangi biaya operasional dan meningkatkan pendapatan perusahaan.

7. Pengelolaan Sumber Daya Manusia

Mengelola sumber daya manusia tidak pernah menjadi pekerjaan yang mudah. Namun dengan adanya sistem enterprise maka pengelolaan SDM jadi bisa dilakukan lebih cepat dan menyeluruh. Apabila semua fungsi human resources berjalan lancar maka perusahaan akan bertumbuh secara signifikan. 

Banner Ads - Lead Gen 2

8. Meningkatkan Layanan Pelanggan

Sistem enterprise dapat membantu meningkatkan layanan pelanggan dengan menyediakan informasi yang akurat dan terbaru mengenai pelanggan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memberikan layanan terbaik kepada konsumen demi meningkatkan loyalitas pelanggan.

Secara keseluruhan, enterprise adalah sebuah sistem yang sangat penting dalam mengelola bisnis. Namun penggunaan sistem enterprise saja tidak cukup untuk membuat bisnis Anda berkembang. 

Dalam era digital seperti sekarang, penggunaan media online seperti website juga menjadi hal yang sangat penting bagi perkembangan bisnis. Oleh karena itu, jika Anda membutuhkan jasa pembuatan website dengan desain menarik maka langsung saja hubungi tim ToffeeDev

Sebagai digital marketing agency berkualitas, ToffeeDev menyediakan jasa pembuatan website yang akan membantu bisnis Anda berkembang lebih baik. Seluruh tim desain ToffeeDev jelas berpengalaman dengan banyak testimoni pelanggan yang puas. 

Jangan ragu untuk bergabung merasakan kepuasan tersebut dengan menggunakan jasa layanan ToffeeDev agar website bisnis Anda lebih menarik dan terlihat profesional. Sudah saatnya mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih besar lagi bersama ToffeeDev! 

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top